Ini Calon Lawan PSM di Babak Kualifikasi AFC Cup

Klub Myanmar, Laos atau Kamboja akan jadi lawan Juku Eja

Makassar, IDN Times - Kekalahan adu penalti dari Bali United, Sabtu pekan lalu (10/6/2023), memupus impian PSM Makassar kembali mentas di panggung tertinggi antar klub Asia. Terakhir kali mereka tampil di Liga Champions Asia yakni pada musim 2005, atau 18 tahun yang lalu.

Meski begitu, anak asuh Bernardo Tavares langsung ditempatkan di babak kualifikasi AFC Cup 2023-24. Ini jadi keikutsertaan keempat PSM di ajang tersebut. Pada edisi 2022, mereka bisa melaju hingga fase final Zona ASEAN sebelum ditekuk Kuala Lumpur City FC.

Baca Juga: Kalah Adu Penalti, PSM Gagal Mentas di Liga Champions Asia

1. PSM akan berjumpa dengan tim-tim dari negara ASEAN dengan peringkat kompetisi lebih rendah

Ini Calon Lawan PSM di Babak Kualifikasi AFC CupPara pemain Yangon United berpose sebelum pertandingan Myanmar National League 2023. (Facebook.com/Yangon United Football Club)

Meski tidak ada proses pengundian, sejumlah tim akan menjadi calon lawan PSM di fase kualifikasi AFC Cup 2023-24. Berdasarkan peraturan, PSM adalah wakil Indonesia yang kompetisinya saat ini menempati peringkat 12 wilayah barat.

Ini membuat mereka langsung mendapat tempat otomatis di play-off round (babak kualifikasi terakhir) penentu satu tiket ke fase grup. Tapi, Juku Eja harus menunggu calon lawan dari babak preliminary round yakni tim-tim yang peringkat kompetisinya di bawah Indonesia. Seperti Myanmar (13), Kamboja (14) atau Laos (17).

2. Salah satu calon lawan PSM adalah klub papan atas Kamboja, yakni Phnom Penh Crown

Ini Calon Lawan PSM di Babak Kualifikasi AFC CupPara pemain Phnom Penh Crown berpose bersama trofi Cambodian League Cup 2023 yang mereka menangkan. (Facebook.com/Phnom Penh Crown FC)

Yangon United jadi wakil Myanmar pada babak kualifikasi AFC Cup 2023-24. Berstatus sebagai runner-up Myanmar National League 2022, mereka sudah pernah berjumpa wakil Indonesia lainnya yakni Bali United pada AFC Cup 2018. Saat itu, Serdadu Tridatu bisa dilibas 1-3 kala melawat ke Gianyar dan 3-2 kala bersua di Yangon.

Dari negeri Kamboja, terdapat Phnom Penh Crown sebagai juara Cambodian Premier League 2022. Tim yang diasuh oleh Oleg Starynski tersebut baru dua kali berpartisipasi di AFC Cup, termasuk edisi 2023-24. Tim berjuluk Red Singha tersebut belum pernah sekalipun bertemu tim asal Indonesia.

3. Turut pula wakil asal Myanmar, yakni Yangon United, yang belum pernah bertemu klub Indonesia

Ini Calon Lawan PSM di Babak Kualifikasi AFC CupPara pemain tim Young Elephants asal Laos saat berlatih pada Maret 2023. (Facebook.com/Young Elephants FC)

Terakhir adalah Young Elephants, juara Lao League 1 2022. Mereka juga baru dua kali berpartisipasi di AFC Cup, termasuk edisi musim depan. Sama seperti Phnom Penh Crown, tim yang berbasis di Vientiane tersebut juga belum sekalipun bertemu tim Indonesia.

Babak kualifikasi AFC Cup 2023-24 berlangsung dalam format kandang-tandang. Fase play-off yang diikuti PSM dipentaskan pada 15-16 Agustus 2023 (leg pertama) dan 22-23 Agustus 2023 (leg kedua).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Beri Bonus Rp1 M buat PSM usai Juara Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya