Comscore Tracker

Jelang RANS Nusantara Vs PSM, Jadwal Latihan Resmi Juku Eja Diganggu

PSM hanya bisa coba lapangan 12 jam sebelum kick-off, aneh!

Makassar, IDN Times - Persiapan PSM Makassar jelang melawan RANS Nusantara FC di pekan keempat BRI Liga 1 2022-23, Senin malam besok (15/8/2022), rupanya sedikit terganggu. Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Minggu pagi (14/8/2022), Bernardo Tavares selaku pelatih kepala PSM menyebut bahwa mereka tak bisa menjajal lapangan Stadion Pakansari Cibinong sehari sebelum laga.

Wiljan Pluim dkk baru mendapat giliran pada Senin pagi, atau hanya berjarak kurang dari 12 jam dari jam kick off. Di hadapan awak media, coach Tavares mengaku ini jadi ganjalan yang mengkhawatirkan.

"Ini pertama kalinya di Liga 1 kita bertandang dan kita tidak bisa melakukan official training di waktu yang kita inginkan. Jelas ini tidak normal bagi kita," ujarnya.

"Kita tidak diberi keleluasaan untuk memilih waktu. Tapi inilah yang harus kita jalani. Setidaknya, mudah-mudahan wasit akan memimpin laga dengan adil. Untuk persiapan tentu saja kita merasa terganggu dengan masalah ini," sambung Tavares.

1. RANS Nusantara FC disebut sebagai tim dengan materi berkualitas

Jelang RANS Nusantara Vs PSM, Jadwal Latihan Resmi Juku Eja DigangguPara pemain RANS Nusantara FC berpose jelang laga pekan kedua BRI Liga 1 2022-23 kontra PSS Sleman yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, 29 Juli 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Lebih jauh, Tavares mengaku sedang mencari formula yang tepat untuk menundukkan tuan rumah selama beberapa hari terakhir. Tim berstatus promosi tersebut sudah dua kali bemain imbang, dan ditekuk Bali United 3-2 di pekan lalu. 

Belum pernah menang sejak pekan pertama Liga 1, RANS FC duduk di peringkat 16 klasemen sementara Liga 1. PSM sendiri belum tergeser dari zona tiga besar. Tapi, jomplangnya jarak bukan berarti Juku Eja langsung memandang remeh sang lawan.

"Kita tidak boleh lupa fakta bahwa mereka mengalahkan Persija dengan skor 5-1. Mereka jelas punya kualitas," papar pelatih berpaspor Portugal itu.

"Saya sudah melihat seluruh pertandingan mereka dan menganalisanya. Saya mengambil kesimpulan bahwa mereka adalah tim yang kuat. Pemain lokal dan asing mereka sama bagusnya. Ini akan menjadi laga yang sengit," sambung Tavares.

2. Tavares sedikit khawatir dengan potensi timnya dibayangi masalah kelelahan

Jelang RANS Nusantara Vs PSM, Jadwal Latihan Resmi Juku Eja DigangguPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Lapangan Gelora Samudra Kuta Denpasar, 11 Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, pelatih 42 tahun tersebut juga khawatir dengan masalah lain. Jadwal padat Wiljan Pluim dkk membuat mereka dibayangi masalah kelelahan. Waktu istirahat yang lebih lama menjadi keuntungan tersendiri untuk tim tuan rumah.

"Terakhir kali RANS FC bermain adalah pada 4 Agustus (vs Bali United), sedangkan kita adalah 9 Agustus (vs Kedah Darul Aman). Tapi oke lah, ini tetap sebuah permainan 11 lawan 11. Semoga kami bisa tampil maksimal dalam laga besok," papar Tavares.

Jika khawatir dengan masalah kelelahan, PSM bisa jadi akan kembali lakukan rotasi di beberapa pos. Sejumlah pemain muda sudah siap kembali unjuk gigi. Sebut saja Muhammad Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alif, Victor Dethan, Rafli Asrul, Edgard Amping hingga Ramadhan Sananta.

Sedangkan Ganjar Mukti dan Safrudin Tahar, dua bek yang sempat cedera, kemungkinan besar sudah bisa diturunkan dalam laga ini.

Baca Juga: Tavares dan Pluim Bangga Bawa PSM ke Final AFC Cup Zona ASEAN

3. Yakob Sayuri (kanan) siap tampil maksimal demi memetik poin di laga tandang

Jelang RANS Nusantara Vs PSM, Jadwal Latihan Resmi Juku Eja DigangguPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri) dan Everton Nascimento (kanan), merayakan gol ke gawang Kedah Darul Aman FC dalam laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Dalam kesempatan yang sama, winger Yakob Sayuri berjanji akan tampil maksimal demi menjaga tren positif. Meski begitu, ia sepakat bahwa duel melawan The Prestige Phoenix akan berlangsung ketat selama 90 menit.

"Kami tahu tidak mudah untuk menang atas RANS, sebab mereka juga punya kualitas. Tapi apa yang sudah dipraktikkan di latihan, kita akan melakukannya dalam laga besok," kata pemilik nomor punggung 22 tersebut.

Sejauh ini, Yakob sudah catatkan 6 penampilan di Liga 1 dan AFC Cup. Anak muda kelahiran Yapen tersebut juga sudah menyumbang sepasang gol.

Sanggupkah Yakob membantu timnya memetik poin penuh dalam lawatan ke Pakansari? Saksikan pertandingan RANS Nusantara FC versus PSM Makassar pada Senin besok (15/8/2022), pukul 19.15 WITA.

Baca Juga: 2 Kartu Merah PSM di AFC Cup, Tavares Sebut karena Dampak Wasit Liga 1

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya