Comscore Tracker

Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa Jemawa

Juku Eja masih terbayang kekalahan 0-1 di Piala Presiden

Makassar, IDN Times - BRI Liga 1 2022-23 akhirnya kembali dilanjutkan mulai pekan ke-12. Salah satu partai yang berlangsung Senin besok (5/12/2022) adalah duel PSM Makassar versus Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Berbicara dalam sesi jumpa pers pada Minggu siang (4/12/2022), pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares mengaku senang akhirnya bisa kembali bertanding setelah menunggu dua bulan lamanya.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan bahwa semua yang ada di negeri ini bahagia liga bisa berjalan kembali," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

"Ke depannya, saya berharap suporter bisa kembali menyaksikan kita di stadion. Karena mereka adalah bagian penting bagi sepak bola," imbuhnya.

1. Persikabo disebut berpotensi menyulitkan PSM Makassar

Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa JemawaPersikabo vs Persebaya di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Lebih jauh, Tavares mengakui jika duel ini bisa berjalan sulit. Terlebih Laskar Padjajaran menorehkan catatan bagus sebelum Liga 1 terhenti untuk sementara waktu. Ia pun masih ingat kekalahan tipis 0-1 yang timnya rasakan di ajang Piala Presiden 2022. Pujian pun tak ragu dilontarkannya ke kubu lawan.

"Persikabo saat ini menurut saya lebih bagus ketimbang PSM menurur hasil beberapa pertandingan kompetitif terakhir. Mereka menang atas tim tangguh seperti Bali United dan Borneo FC," tuturnya.

"Sedangkan PSM imbang di laga terakhir (versus Persis Solo). Mereka juga mengalahkan kita di turnamen pramusim. Terakhir kali kita menang atas Persikabo itu tiga tahun lalu," sambung pelatih asal Portugal itu.

2. Bernardo Tavares sudah pelajari formasi sang lawan

Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa JemawaPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Selasa 2 Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Menyoal straregi, coach Tavares mencatat bahwa Manahati Lestusen dkk tak cuma terpaku pada satu formasi. Persikabo disebut bisa mengubahnya sesuai tipe tim yang akan mereka ladeni. Hasilnya? Ada 3 kemenangan dipetik dalam 5 partai terakhir. Ini jadi alarm untuk Wiljan Pluim dkk.

"Persikabo di lapangan menerapkan 3-5-2 belakangan ini. Tapi bisa juga memakai formasi alternatif 4-1-3-2 atau 4-2-3-1. Mereka mendapat hasil yang cukup baik di beberapa laga terakhir," jelasnya.

"Mereka juga diisi oleh pemain-pemain lokal dan asing yang sama bagusnya. Terlebih pelatih mereka (Djadjang Nurdjaman, red.) juga sudah pernah merasakan juara," sambung Tavares, merujuk pada keberhasilan Persib jadi jawara Liga Super 2014.

3. Akbar Tanjung berharap dukungan suporter dari jarak jauh

Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa JemawaGelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, gelandang Akbar Tanjung mengaku sudah tak sabar kembali bertanding. Meski bermain jauh dari kandang karena format bubble, ia berharap suporter tetap mendukung dari jarak jauh.

"Untuk laga besok, kita sudah siap. Tak lupa bekerja keras dan berdoa. Tak lupa juga saya meminta dukungan dari suporter kami di Makassar agar bisa meraih hasil terbaik," tutur pemilik nomor punggung 45 itu.

Saat ini, PSM Makassar sedang berada di peringkat tiga klasesemen sementara. Adapun Persikabo 1973 duduki posisi tujuh, cuma terpaut tiga poin dari Juku Eja.

Baca Juga: Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di Yogyakarta

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya