Comscore Tracker

Hasil Pertandingan Liga 1: Persis Solo Vs PSM Berakhir Imbang 1-1

Rekor "unbeaten" Juku Eja belum patah hingga pekan ke-11

Makassar, IDN Times - Belum ada yang bisa menghentikan rekor unbeaten PSM Makassar hingga pekan ke-11 BRI Liga 1 2022-23. Anak asuh Bernardo Tavares tersebut bisa menahan imbang Persis Solo dengan skor 1-1 ketika saling jajal di Stadion Manahan pada Kamis sore (29/9/2022).

Persis tak banyak mengubah susunan tim dari pekan ke-10, saat mereka menekuk Bali United. Fabiano Beltrame, Alexis Messidoro, Irfan Jauhari dan Samsul Arif masih dipasang dalam starting eleven. Satu-satunya perubahan hanya ada di pos kiper. Gianluca Pandeynuwu turun mengganti Muhammad Riyandi yang dipanggil ke Timnas.

PSM sendiri tak diperkuat sejumlah pilar andalan. Sektor belakang jadi yang paling banyak diubah, dan diisi oleh trio Yance Sayuri - Yuran Fernandes - Safrudin Tahar. Sedang Ricky Pratama akhirnya dipasang sebagau starter.

Mengandalkan umpan-umpan pendek, PSM langsung menekan lini belakang Persis. Mereka langsung mendapat peluang di menit ke-12 lewat tembakan jarak jauh Kenzo Nambu. Tapi kiper tuan rumah, Gianluca Pandeynuwu, masih bisa membaca arah bola.

Persis sendiri memilih bersabar, menunggu pemain lawan lakukan kesalahan. PSM harus membayar mahal pada menit ke-23. Diawali serangan balik dari sisi kiri, Irfan Jauhari bisa mengecoh Yance dan Yuran sebelum menceploskan bola dengan tenang ke gawang yang dikawal Reza Arya.

Tertinggal satu gol, PSM coba mengejar lewat serangan balik dari dua sisi sayap. Percobaan Rizky Eka setelah lakukan cutting inside pada menit ke-31 bisa ditangkap oleh Gianluca. Begitu juga dengan sepakan Ricky empat menit berselang.

Sang tamu akhirnya bisa mencetak gol penyama kedudukan semenit jelang turun minum. Manfaatkan asis Everton Nascimento, tendangan Kenzo Nambu menjebol gawang Persis, sekaligus jadi gol keduanya bersama PSM musim ini. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Tensi pertandingan tetap tinggi sepanjang babak kedua. Jual beli serangan yang terjadi membuat laga semakin menarik. Peluang Samsul Arif di depan gawang PSM pada menit ke-56 justru gagal jadi gol. Tiga menit berselang, Gianluca direpotkan dengan shot on target PSM. Beruntung, kiper asal Sulawesi Utara itu masih sigap menjaga posnya.

Masuk menit ke-73, giliran Ryo yang mencoba peruntungan. Tapi, peluang winger asal Jepang itu masih aman dalam tangkapan kiper PSM yakni Reza Arya.

Babak kedua sendiri berjalan cukup keras dengan banyak pelanggaran. Ada tiga kartu kuning yang keluar dari saku wasit Choirudin. Puncaknya pada menit ke-88, saat bek Persis yakni Jaimerson Xavier langsung diusir keluar lapangan setelah melakukan gerakan tangan ke arah wajah Yuran Fernandes.

Meski unggul jumlah pemain, Juku Eja tak bisa memanfatakan situasi tersebut untuk balikkan keadaan. Bek-bek Laskar Sambernyawa justru tetap disiplin dalam bertahan dan lancarkan ofensif. Tapi, gol urung tercipta hingga peluit panjang ditiup. Skor imbang 1-1 tak berubah.

Sebiji poin dari Manahan membuat Muhammad Arfan dkk tetap bergeming di peringkat kedua. Mereka menempel ketat Madura United si pemuncak klasemen sementara dengan selisih hanya satu poin. Sedang Persis naik satu tingkat ke posisi 12, menyalip PSIS Semarang.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Persis Solo (4-3-3)

Gianluca Pandeynuwu (GK); Alfath Faathier (Irfan Bachdim, 65'), Fabiano Beltrame, Andri Ibo (Jaimerson Xavier, 74'), Abduh Lestaluhu; Alexis Messidoro, Shulton Fajar (Taufiq Febriyanto, 65'), Gavin Kwan Adsit; Irfan Jauhari (Ferdinand Sinaga, 74'), Samsul Arif (Althaf Alrizky, 82'), Ryo Matsumura

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Muhammad Dzaky Asraf (Victor Dethan, 89'), Akbar Tanjung, Muhammad Arfan (Bryan Cesar, 78'), Kenzo Nambu (Ananda Raehan Alif, 72'), Reza Arya Pratama; Everton Nascimento (Donald Bissa, 78'), Ricky Pratama (Ramadhan Sananta, 46')

Baca Juga: Persis Vs PSM, Juku Eja Menantang "The Giant Killer"

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya