Gol Tunggal Kenzo Nambu Bawa PSM Makassar Bekuk Persis Solo

Juku Eja akhirnya mampu memutus tren negatif

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akhirnya mampu memutus tren negatif. Mereka menang dengan skor 1-0 saat menjamu Persis Solo di laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin malamm (28/8/2023).

PSM langsung bermain menekan sejak menit pertama. Tanpa Wiljan Pluim yang dicadangkan, mereka tetap leluasa melancarkan serangan lewat kedua sisi sayap. Kombinasi Dzaki Asraf dan Yakob Sayuri bisa berkali-kali merepotkan bek lawan.

Setelah beberapa kali mengancam, PSM akhirnya mampu membuka keunggulan di menit ke-25. Tendangan bebas Yuran Fernandes bisa ditepis oleh kiper Persis, Pancar Widiastono. Meski begitu, bola liar langsung dieksekusi oleh Kenzo Nambu yang lolos dari kawalan. Ia bisa menyarangkan bola dengan leluasa dengan tembakan jarak dekat.

Memimpin 1-0, Juku Eja tak mengendurkan serangan. Adilson da Silva nyaris gandakan keunggulan pada menit ke-30. Sayang, tembakan jarak jauhnya bisa ditepis oleh Pancar dan hanya membentur mistar gawang.

Di akhir babak pertama, Persis coba mengintensifkan serangan. Arkhan Kaka serta Sutanto Tan bisa menciptakan peluang jarak dekat tapi masih jauh dari sasaran. Skor 1-0 tak berubah hingga masa turun minum.

Masuk babak kedua, Laskar Sambernyawa mengubah gaya permainan untuk mengejar ketinggalan. Alih-alih tetap andalkan operan dari kaki ke kaki, serangan kini dikirim melalui umpan jarak jauh dan bola-bola daerah.

Perubahan taktikal dari Leonardo Medina langsung terasa. Pada menit ke-57, Fernando Rogridues mendapat peluang emas dari umpan jauh terukur ke kotak penalti PSM. Tapi, tembakan first time setengah volinya masih mampu ditangkap kiper Reza Arya.

Juku Eja sendiri masih mampu mengirim ancaman lewat serangan balik yang diotaki Sayuri Bersaudara. Umpan tarik Everton Nascimento di menit ke-59 bisa disambut oleh juluran kaki Kenzo Nambu. Meski begitu, upayanya belum berhasil lantaran bola masih melebar dari sasaran.

Serangan terus menerus Persis kembali berbahaya di menit ke-68. Manfaatkan crossing dari sayap, winger muda Arkhan Kaka mampu menyambut bola dengan kepalanya. Reza Arya sendiri masih bisa menangkap percobaan penyerang 15 tahun tersebut lewat aksi akrobatik di udara.

Tempo permainan menurun masuk menit ke-70. Tapi, masing-masing tim tetap mencari celah dan memanfaatkan kesalahan. Salah satunya terjadi di menit ke-76, di mana Adilson mampu memanfaatkan panjang kakinya untuk menjangkau bola yang harusnya bisa diamankan Pancar Widiastono. Tapi upayanya belum menemui sasaran.

Tak ada gol tambahan tercipta hingga wasit Zetman Pangaribuan meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Kemenangan 1-0 ini membawa PSM Makassar ke peringkat 10 dengan koleksi poin 14. Sedangkan Persis Solo bergeming di posisi 14 dengan 12 angka.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Dzaki Asraf (Rizky Eka Pratama. 80'), Ananda Raehan Alief, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu (Rizky Pellu, 90+4'), Yakob Sayuri (Victor Dethan, 90'); Adilson da Silva (Adilson da Silva, 80'), Everton Nascimento (Andy Hardjito, 90+4')

Persis Solo (3-4-3)

Pancar Nur Widiastono (GK); Eky Taufik (Althaf Indie Alrizky, 89'), Diego Bardanca, Rian Miziar (Arapenta Poerba, 78'), Muhammad Faqih Maulana (Samuel Chistianson, 89'); Taufiq Febriyanto (Jaimerson Xavier, 65'), Sutanto Tan, Alexis Messidoro; Arkhan Kaka (David Gonzalez Gomes, 78'), Fernando Rodriguez, Moussa Sidibe

Baca Juga: PSM Makassar Vs Persis Solo, Wajib Menang di Kandang!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya