Gagal Penalti Lawan Bhayangkara, Yuran Minta Maaf ke Suporter PSM

Pertama kalinya Yuran gagal cetak gol dari titik putih

Makassar, IDN Times - Bek PSM Makassar, Yuran Fernandes, meminta maaf kepada suporter karena gagal mengeksekusi penalti saat melawan Bhayangkara FC, Jumat malam (8/12/2023). Pertandingan itu berakhir imbang dengan skor 1-1.

"Saya membuat kesalahan dengan tidak mencetak gol lewat penalti. Saya berada di hadapan kalian dan mengakui kesalahan tersebut. Seorang pemain juga bisa melakukan kesalahan," kata Yuran pada sesi jumpa pers usai pertandingan.

Baca Juga: Tavares Frustasi PSM Cuma Bisa Imbang Lawan Bhayangkara

1. Hadiah penalti PSM pada menit ke-66 bisa digagalkan kiper Bhayangkara FC Aqil Savik

Gagal Penalti Lawan Bhayangkara, Yuran Minta Maaf ke Suporter PSMPemain PSM Makassar, Yuran Fernandes, dalam sesi latihan di Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor pada Februari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pada menit ke-65, wasit Candra menunjuk titik putih setelah bek tim tamu yakni Marcelo Herrera dianggap menjegal laju striker PSM yakni Adilson da Silva. Kendati demikian, tayangan ulang menunjukkan bahwa jegalan terjadi di luar kotak penalti.

Yuran lantas dipercaya sebagai eksekutor tendangan duabelas pas. Meski begitu, arah sepakan ala Bruno Fernandes yang menjadi ciri khasnya justru bisa dimentahkan oleh kiper Aqil Savik. Gol Adilson da Silva usai manfaatkan bola rebound ternyata dianulir lantaran lebih dulu lakukan pelanggaran.

2. Yuran meminta maaf kepada suporter dan ingin menebus kegagalan tersebut

Gagal Penalti Lawan Bhayangkara, Yuran Minta Maaf ke Suporter PSMPemain PSM Makassar, Yuran Fernandes, merayakan gol penalti ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022-23 di Indomilk Arena Tangerang, Kamis 15 September 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Penalti gagal membuat PSM tak bisa gandakan keunggulan menjadi 2-0. Situasi semakin rumit karena kesalahan tersebut dibayar mahal pada menit ke-79, saat The Guardians bisa menyamakan keadaan menjadi 1-1. Berangkat dari kesalahan itu, Yuran mengaku bertanggung jawab dan ingin menebusnya.

"Saya meminta maaf kepada para suporter. Untuk kesempatan penalti selanjutnya, saya akan mencoba lebih baik dan mencetak gol. Itupun kalau pelatih kembali memberi kepercayaan untuk itu kepada saya," tutur bek asal Cape Verde tersebut.

3. Selama ini, bek asal Cape Verde itu tidak pernah gagal mencetak gol dari titik penalti

Gagal Penalti Lawan Bhayangkara, Yuran Minta Maaf ke Suporter PSMDua pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes (kiri) dan Safrudin Tahar (kanan), merayakan gol ke gawang tim asal Singapura Hougang United dalam matchday ketiga AFC Cup 2023-24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 25 Oktober 2023. (Dok. Johannes P. Christo/Asian Football Confederation (AFC))

Ini jadi kali pertama Yuran gagal mengonversi sepakan duabelas pas menjadi penalti selama memperkuat PSM. Sebelum rekornya patah di laga semalam, persentase konversi penalti menjadi gol mencapai 100 persen alias selalu sukses.

Dari total 9 gol yang ia cetak di seluruh ajang resmi, ada 5 yang merupakan eksekusi penalti. Pemilik postur 1,93 meter tersebut memang tidak pernah kandas mengonversi peluang titik putih. Terlebih Yuran memang didapuk oleh pelatih kepala Bernardo Tavares sebagai opsi pertama eksekutor sejak musim kemarin.

Baca Juga: PSM dan Bhayangkara Berbagi Angka usai Imbang 1-1 di Parepare

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya