Comscore Tracker

Gagal di AFC 2019, Ranking PSM di Asia Naik

Jadi ranking berapa ya~

Makassar, IDN Times - Sendirian mewakili Indonesia di babak gugur AFC Cup 2019, PSM langsung mengobar ambisi melaju lebih jauh. Selain demi prestasi, mereka hendak mengerek di peringkat kompetisi AFC (AFC Club Competitions Ranking).

Jika ranking Asia bisa dikerek, maka jatah wakil Indonesia untuk kompetisi antar klub kontinental bisa ditambah, tak lagi sekadar meramaikan kualifikasi. Artinya, di kompetisi bergengsi AFC Champions League, juara Liga 1 tak lagi harus melalui dua partai kualifikasi dan langsung diberi jatah satu tempat di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. Ambisi melaju lebih jauh harus kandas di semi final Zona ASEAN

Gagal di AFC 2019, Ranking PSM di Asia NaikANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sayang, misi yang diusung anak asuh Darije Kalezic ternyata kandas penuh anti-klimaks. Tak terbendung sepanjang fase penyisihan grup --finis di puncak klasemen Grup H tanpa satupun kekalahan--, pelayaran Juku Eja harus terhenti di babak semi final.

Dua laga kontra juara Piala Vietnam 2018 dan runner-up Grup G, Becamex Binh Duong, berakhir dengan agregat imbang 2-2. Kendati menang tipis dengan skor akhir 2-1 atas Nguyen Anh Duc cs pada leg penentuan (Rabu 26/6), aturan gol tandang membuat Wiljan Pluim cs harus gigit jari. PSM pun harus menunggu terjun ke helatan benua setidaknya satu musim lagi.

2. Peringkat terbaru PSM di tingkat Asia versi Footy Rankings

Gagal di AFC 2019, Ranking PSM di Asia NaikFootyRankings.com

Meski langkah mereka tak berakhir di partai puncak tingkat regional, tak semua ambisi Pasukan Ramang buyar. Menurut perhitungan situs kalkulator klub sepak bola seluruh dunia, Footy Rankings, PSM saat ini bertengger di posisi 103 ranking AFC per Juli 2019 diapit sepasang klub India yakni Aizawl (104) dan Minerva Punjab (102).

Sebelum terjun ke AFC Cup 2019, PSM berdiam di peringkat 126. Namun poin demi poin yang dipetik --total 17 angka dari delapan pertandingan-- mengantar mereka naik setapak demi setapak sejak bulan Maret silam. Sebanyak 23 anak tangga pun berhasil dilalui sebelum akhirnya duduki peringkat 103.

3. Lakoni delapan laga AFC Cup, Juku Eja mendaki 23 anak tangga peringkat

Gagal di AFC 2019, Ranking PSM di Asia NaikInstagram.com/psm_makassar

Menilik lebih jauh, masih ada dua klub Indonesia lain yang berada di ranking klub Asia. Bali United, wakil Indonesia untuk AFC Cup 2018 silam, belum bergeming dari peringkat 118. Adapun Persija selaku juara bertahan Liga 1 masih bertahan di posisi 86, berdiri di antara jawara Piala Filipina 2018, yakni Kaya FC-Iloilo (85) dan Al Shabab asal Uni Emirat Arab (87).

Footy Rankings, yang bermarkas di Indonesia, mendasarkan peringkat klub AFC pada total poin yang dikantongi klub bersangkutan selama 4 tahun terakhir ditambah 20 persen dari poin kompetisi negara versi AFC. Namun sistem penilaian ini tak digunakan dalam proses drawing pembagian grup AFC Champions League atau AFC Cup.

Baca Juga: PSM Lolos ke Final Liga Indonesia, Kalezic Ucapkan Terima Kasih

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You