Comscore Tracker

Fix! Partai Liga 1 2019 PSM Makassar Kontra Arema FC Resmi Ditunda

Bentuk dukungan PT LIB dan PSSI terhadap kiprah Juku Eja

Makassar, IDN Times - Sempat menyurat ke PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi, permintaan PSM Makassar untuk memindahkan laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 akhirnya dikabulkan. Partai kandang kontra Arema FC, yang sedianya dihelat pada Minggu 22 Juni mendatang, resmi dipindahkan ke hari lain.

Surat yang diterbitkan oleh PT. LIB pada hari Sabtu (15/6) kemarin itu menjadi respon atas permintaan peninjauan ulang skedul dari manajemen Juku Eja. Jika menengok kalender, partai versus Singo Edan memang terselip di antara dua leg semi final AFC Cup Zona Asia Tenggara, di mana PSM bersua wakil Vietnam Becamex Binh Duong.

1. Jadwal baru partai PSM lawan Arema FC baru ditetapkan paling lambat sebelum akhir Juni

Fix! Partai Liga 1 2019 PSM Makassar Kontra Arema FC Resmi DitundaIDN Times/Tunggul Kumoro

"Sehubungan dengan pelaksanaan fase semifinal Zona ASEAN AFC CUP 2019 dan menindaklanjuti jadwal penandingan AFC Cup 2019 yang melibatkan klub PSM Makassar sebagai salah satu klub peserta, bersama ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan penundaan pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Arema FC yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2019."

"Hal tersebut diambil sebagai bentuk supoort kepada klub Liga 1 yang membawa nama bangsa Indonesa di level Asia. Oleh karena itu LIB akan menyampaikan penetapan jadwal baru selambat-lambatnya pada 30 Juni 2019," demikian isi surat bernomor 188/LIB/VI/2019 yang ditandatangani Dirk Soplanit selaku Direktur Utama interim PT LIB.

Baca Juga: Hadapi Jadwal Padat, Pelatih PSM Siapkan Rotasi di Tim Utama

2. Penundaan jadwal Liga 1 2019 memberi rasa lega bagi Pasukan Ramang

Fix! Partai Liga 1 2019 PSM Makassar Kontra Arema FC Resmi DitundaInstagram.com/psm_makassar

Dikabulkannya permintaan penundaan ini kontan disambut baik oleh CEO PSM, Munafri Arifuddin. Anak asuh Darije Kalezic tersebut akhirnya bisa mengesampingkan potensi terganggunya kebugaran lantaran harus terbang lebih dari 11 ribu kilometer selama satu minggu saja demi mengejar target di dua ajang berbeda.

"Tentu ini menguntungkan karena kita akhirnya memiliki waktu pemulihan lebih banyak. Bayangkan jika kita terbang ke Vietnam tanggal 19 lalu kembali ke Makassar tanggal 20 dan hanya istirahat sehari sebelum latihan dan kembali bermain (lawan Arema FC). Lanjut terbang ke Bogor pun pasti membuat waktu terasa sangat mepet," ucap Appi' pada Sabtu (15/6) kemarin.

3. Wiljan Pluim dkk dijadwalkan bertolak ke Vietnam pada hari Senin (17/6) besok

Fix! Partai Liga 1 2019 PSM Makassar Kontra Arema FC Resmi DitundaPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Baca Juga: Demi AFC Cup, PSM Kembali Minta Jadwal Liga 1 Diatur Ulang

Coach Kalezic pun menyambut baik penundaan ini. Selain memuji PSSI dan kebesaran hati Arema FC, pelatih 49 tahun asal Swiss tersebut akhirnya bisa berkonsentrasi penuh untuk menyiapkan matang-matang strategi sebelum menantang sang juara Piala Vietnam 2018. Ia memberi seberi sinyal tak ragu meladeni permainan keras saat tampil di hadapan publik Stadion Go Dau.

Setelah masa persiapan sejak Minggu (9/6) lalu, Wiljan Pluim cs sendiri dijadwalkan terbang ke Ho Chi Minh City pada Senin (17/6) besok. Begitu sampai di ibu kota Vietnam, Pasukan Ramang lanjut melakukan perjalanan darat ke kota Thu Dau Mot, markas Becamex Binh Duong, selama kurang lebih sejam dengan jarak tempuh 24 kilometer.

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You