Final Piala Indonesia: Persija vs PSM, Aroma Revans di Ibu Kota

Kondisi terkini kedua tim ibarat bumi dan langit

Makassar, IDN Times - Pentas Piala Indonesia 2018/19 yang sudah berlangsung selama 14 bulan kini tiba di babak pamungkas. Dua klub tim dari belahan barat dan timur Indonesia, Persija Jakarta dan PSM Makassar, siap memperebutkan gelar kejuaraan yang pertama kali diputar pada 2005 tersebut. Aroma rivalitas hingga pembalasan sontak menguar, apalagi publik belum lepas sepenuhnya dari memori persaingan di Liga 1 musim kemarin.

Namun jika menilik kondisi dua tim terkini di papan klasemen liga, ibarat bumi dan langit,. Grafik permainan PSM yang menanjak berbanding lurus dengan capaian mereka. Juku Eja melejit jauh dari peringkat 12 ke posisi 6. Sementara Persija dirundung problem inkonsistensi. Baru mengecap 6 poin dari 9 laga, tim kebanggaan publik ibu kota mendapati diri terjebak di zona degradasi.

Namun sudah jelas, Piala Indonesia adalah ajang yang lain. Capaian di liga tak bisa menjadi tolak ukur sepadan. Apalagi ini adalah final, semua bisa terjadi.

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic, menyebut jika hanya gelar juara yang sanggup memuaskan para penggawa Juku Eja

Final Piala Indonesia: Persija vs PSM, Aroma Revans di Ibu KotaInstagram.com/psm_makassar

Baca Juga: FOTO: Jibaku Terakhir PSM Makassar di AFC Cup 2019

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu (20/7) kemarin, Darije Kalezic selaku juru taktik PSM berujar bahwa hanya trofi yang sanggup memuaskan para pemainnya. Hadapi skedul padat sejak Januari --diselingi AFC Cup-- serta jadwal Liga 1 2019, meraih gelar kejuaraan yang sempat vakum selama empat tahun itu akan menjadi momen pelepas dahaga rindu akan juara.

Eks juru taktik Roda JC Kerkrade itu dalam kesempatan yang sama turut mengomentari situasi terkini Persija. "Melihat situasi di papan klasemen, mereka berada di tempat yang tidak seharusnya. Peluang mempertahankan gelar juga terancam habis. Persija sedang dalam tekanan untuk menang Piala Indonesia. Apalagi secara realistis, hanya ini gelar yang mereka bisa rengkuh musim ini," tandasnya.

Tanpa Wiljan Pluim dan Rivky Mokodompit yang absen akibat cedera, coach Kalezic tetap menempuh cara rotasi seperti dua pertandingan liga sebelumnya. Saat Hilmansyah siap kembali dipercaya sebagai kiper utama, masalah kini berada di lini tengah. Namun masih ada Rasyid Bakri yang bisa diplot sebagai playmaker.

2. Selaku tuan rumah, Persija enggan kembali terjebak dalam tren negatif

Final Piala Indonesia: Persija vs PSM, Aroma Revans di Ibu KotaInstagram.com/persijajkt

Sementara itu dari kubu Persija, Julio Banuelos selaku pelatih kepala menegaskan Ismed Sofyan dan kawan-kawan sudah dalam kondisi terbaik. Persiapan yang dilakukan meski dalam waktu singkat dirasa sudah maksimal. Apalagi partai final dan bermain di kandang sendiri membuat Macan Kemayoran enggan tampil setengah-setengah. Kemenangan pun tanpa ragu dibidik.

Lebih jauh, dia enggan menengok tren negatif di Liga 1 sepanjang dua pekan terakhir. "Hasil dua partai terakhir memang tidak sesuai dengan apa yang kami inginkan (1-1 vs Persib, 5-3 vs PS TIRA-Persikabo). Namun kami harus bangkit dan fokus untuk laga esok, tak boleh larut dalam kesedihan. Kami harus melupakan hasil yang sudah-sudah. Semoga besok kami bisa menang," terang pendamping Luis Milla di Timnas Indonesia itu sembari diterjemahkan Antonio 'Toyo' Claudio selaku asisten pelatih Persija.

Menyoal kondisi tim terkini, Banuelos menyebut para pemainnya siap memberi yang terbaik. Kendati tanpa beberapa pemain yang cedera seperti kiper Adritany Ardhiyasa, pria 48 tahun itu tetap yakin dengan materi starting eleven pilihannya.

3. Sanggupkah Marc Klok cs memetik hasil memuaskan di ibu kota?

Final Piala Indonesia: Persija vs PSM, Aroma Revans di Ibu KotaInstagram.com/psm_makassar

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Persija (4-3-3)

Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa; Tony Sucipto, Rohit Chand, Sandi Sute; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Heri Susanto

PSM (4-3-3)

Hilmansyah; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri; Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M Rahmat

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (Bagian ke-4)

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You