Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim Depan

Kontrak mereka diperpanjang selama satu musim

Makassar, IDN Times - Setelah memastikan para kiper dan kapten tim aman, PSM Makassar mengumumkan status sebagian pemain belakang pada Senin malam (15/5/2023). Dua pemain kunci di musim lalu, Erwin Gutawa serta Safrudin Tahar, dikonfirmasi tetap jadi bagian Juku Eja hingga tahun 2024.

"Duet lini pertahanan Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar. Keduanya memperpanjang kontrak bersama Pasukan Ramang hingga musim depan," demikian petikan pernyataan tertulis di laman resmi klub.

Baca Juga: PSM Amankan Kontrak 3 Kiper, Komposisi Pengawal Gawang Sudah Lengkap

1. Erwin Gutawa jadi pilar penting PSM selama dua musim terakhir

Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim DepanPemain PSM Makassar, Erwin Gutawa, saat mengawal pemain Bhayangkata FC Matias Mier dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BI Habibie Parepare, 17 Maret 2023. (Instagram.com/bhayangkarafc)

Erwin sudah berseragam PSM Makassar sejak Maret 2021. Saat itu, bek tangguh asal Kabupaten Bone tersebut direkrut jelang Piala Menpora. Ia turut andil dalam keberhasilan Juku Eja melaju ke semifinal turnamen pramusim tersebut.

Pada musim 2022-23, Erwin sempat lebih sering dicadangkan lantaran tekelnya masih berbahaya dan kerap berujung kartu. Tapi, berkat latihan keras, pemilik nomor punggung 5 itu bisa tampil lebih taktis. Ia pun kembali dipercaya oleh Bernardo Tavares pada putaran kedua. Erwin bermain di 24 pertandingan (1.447 menit) dan menyumbang satu asis.

2. Sempat diragukan, Safrudin Tahar ternyata langsung nyetel dengan tim

Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim DepanPesepak bola Barito Putera Ferdiyansyah (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Safrudin Tahar (kiri) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (10/1/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.

Rekan Erwin di lini belakang, Safrudin Tahar, didaratkan pada bursa transfer awal musim lalu. Sempat diragukan, bek kelahiran Ternate itu ternyata bisa nyetel bersama Yuran Fernandes. Total 22 penampilan (1.601 menit) ia bukukan di musim pertamanya.

"Mereka berperan penting mengantarkan PSM Makassar juara Liga 1 2022/2023. Ketangguhan sektor pertahanan PSM Makassar terbukti dengan menjadi salah satu tim dengan jumlah kebobolan yang sedikit," demikian alasan manajemen PSM menyodorkan tambahan kontrak untuk Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar.

3. Kontrak Ahmad Rusadi (kiri) dan Dhanu Syahputra (kanan) tidak diperpanjang

Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim DepanAhmad Rusadi (kiri) dan Dhanu Syahputra (kanan) dalam sesi latihan bersama PSM Makassar. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, ada dua bek dilepas yakni Ahmad Rusadi dan Dhanu Syahputra. Mereka datang pada Januari 2023 dengan durasi kontrak setengah musim. Meski begitu, mereka tak pernah dimainkan sepanjang putaran kedua Liga 1 2022-23. Rusadi sempat masuk ke daftar pemain cadangan sebanyak empat kali, sedang Dhanu cuma sekali.

Lini belakang jadi sektor paling banyak dirombak. Sebelum Rusadi serta Dhanu, sudah ada tiga bek yang kontraknya tak diperpanjang. Mereka adalah bek kanan Dallen Doke, bek tengah Ibnul Mubarak, serta bek kiri Samuel Christianson.

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Berpisah dengan Kiper Senior Rivky Mokodompit 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya