PSM Makassar Resmi Berpisah dengan Kiper Senior Rivky Mokodompit 

Rivky tak mendapat menit bermain pada musim lalu

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengumumkan nama kelima yang mereka lepas di bursa transfer awal musim 2023-24 pada Sabtu malam (13/5/2023). Pemain tersebut adalah kiper senior Rivky Mokodompit.

"Terima kasih atas kerja kerasnya, Rivky! Semoga sukses untuk karir kedepannya," demikian keterangan unggahan video kolase berisi aksi-aksi kiper 34 tahun tersebut di akun Instagram @psm_makassar. Sama seperti empat pemain sebelumnya, kontraknya tidak diperpanjang oleh manajemen.

1. Harus rela menjadi opsi keempat karena kalah bersaing dengan kiper-kiper muda

PSM Makassar Resmi Berpisah dengan Kiper Senior Rivky Mokodompit Kiper Rivky Mokodompit dalam sesi latihan PSM Makassar di Yogyakarta pada Desember 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Rivky direkrut PSM jelang musim 2022-23 setelah dilepas Dewa United. Bersama Tangsel Warriors, sosok asal Kotamobagu tersebut tampil di 9 pertandingan Liga 2 2021. Ia pun turut andil dalam keberhasilan tim tersebut meraih tiket promosi sebagai juara tiga.

Saat kembali ke klub yang ia bela dari tahun 2017 hingga 2019 itu, Rivky harus rela menjadi opsi keempat. Pelatih kepala Bernardo Tavares lebih memilih kiper-kiper muda seperti Reza Arya Pratama, Harlan Suardi dan Muhammad Ardiansyah untuk masuk dalam daftar susunan pemain.

2. Bisa menyandingkan medali juara Liga 1 2022-23 dengan Piala Indonesia 2018-19

PSM Makassar Resmi Berpisah dengan Kiper Senior Rivky Mokodompit Rivky Mokodompit (kiri) dan Darije Kalezic (kanan) dalan sesi jumpa pers pra-pertandingan di Liga 1 2019. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Hanya berstatus sebagai kiper keempat, praktis Rivky tidak pernah dimainkan. Namanya sempat masuk sebagai pemain cadangan sebanyak 7 kali di AFC Cup 2022 dan putaran pertama Liga 1. Ia kemudian benar-benar "menghilang" sepanjang putaran kedua.

Meski tak mendapat menit bermain hingga dilepas, perolehan medali juara Rivky dari ajang mayor kembali bertambah yakni Liga 1 2022-23. Sebelumnya pemilik postur 188 sentimeter itu menjadi bagian sentral dari keberhasilan menyabet trofi Piala Indonesia 2018-19 juga bersama Juku Eja.

3. Jadi pemain kelima yang resmi dilepas Juku Eja di bursa transfer awal musim

PSM Makassar Resmi Berpisah dengan Kiper Senior Rivky Mokodompit Kiper Rivky Mokodompit dalam sesi latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa Pallangga pada Desember 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, manajemen PSM tidak memperpanjang masa bakti empat penggawa. Mereka adalah bek kanan Dallen Doke, gelandang bertahan Bryan Cesar, bek tengah jebolan akademi yakni Ibnul Mubarak, serta bek kiri Samuel Christianson. Termasuk Rivky, kelima pemain tersebut sejatinya sangat jarang diturunkan pada musim 2022-23.

Pasukan Ramang sedang bergerak cepat dalam melakukan bongkar-pasang skuat. Terlebih agenda terdekat mereka, yakni play off jatah Liga Champions Asia melawan Bali United, berlangsung sekitar tiga pekan lagi.

Baca Juga: Warna Merah PSM di Staf Kepelatihan Timnas Indonesia U-22

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya