Eks Pelatih PSM Milomir Seslija Kini Tangani Klub Liga Maladewa

Didapuk sebagai juru latih Maziya Sports sejak 6 Juli lalu

Makassar, IDN Times - Mantan pelatih kepala PSM Makassar di putaran pertama musim 2021-22, Milomir Seslija, melanjutkan karier kepelatihannya ke Maladewa. Ia diumumkan menjadi juru taktik Maziya Sports juara bertahan Dhivehi Premier League, pada 6 Juli lalu.

Dalam pernyataan resmi klub, coach Milo dipercaya menangani Maziya untuk sisa musim 2023. Pengalamannya melatih selama dua dekade di Eropa dan Asia Tenggara jadi alasan utama The Green Boys, julukan Maziya Sports, merekrut sosok asal Bosnia-Herzegovina itu.

1. Milomir Seslija dikontrak oleh Maziya Sports untuk sisa musim 2023

Eks Pelatih PSM Milomir Seslija Kini Tangani Klub Liga MaladewaMilomir Seslija saat memimpin sesi latihan para pemain Maziya Sports pada 8 Juli 2023. (Facebook.com/Maziya Sports & RC)

Milo sendiri mengaku semringah menyambut tantangan baru dalam karier kepelatihannya. "Waktu untuk awal yang baru dimulai dari sekarang. Saya merasa terhormat bisa bergabung dengan Maziya," tulis legenda hidup Sabah FA tersebut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @coach_milo.

Sosok 58 tahun tersebut menandai debutnya sebagai pelatih Maziya dengan poin penuh. DItantang TC Sports Club pada pekan keempat Dhivehi Premier League 2023, Jumat lalu (14/7/2023), anak asuh Milo menang dengan skor meyakinkan yakni 6-0. Mereka pun duduk di puncak klasemen sementara dengan nilai 12.

2. Milo mengganti Ivan Kolev yang mundur pada akhir Juni lalu

Eks Pelatih PSM Milomir Seslija Kini Tangani Klub Liga MaladewaIvan Kolev saat masih melatih klub Liga Maladewa, Maziya Sport, pada Mei 2023. (Facebook.com/Maziya Sports & RC)

Milo didapuk sebagai pengganti juru taktik yang juga akrab dengan sepak bola Indonesia yakni Ivan Kolev. Pelatih berpaspor Bulgaria tersebut menangani Maziya dari Januari hingga akhir Juni 2023. Dua trofi dipersembahkan Kolev selama lima bulan masa baktinya, yakni President's Cup dan Charity Shield.

Yang unik, Milo akan kembali merasakan atmosfer kejuaraan tingkat benua setelah menunggu selama 16 tahun. Status juara Liga Maladewa membuat Maziya langsung masuk ke Grup D AFC Cup 2023-24 yang berisi tim-tim Asia Selatan. Terakhir kali Milo tampil di AFC Cup yakni di musim 2007 bersama tim asal Oman yakni Dhofar Club.

Baca Juga: Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan Perdana

3. Musim lalu, Milo menangani dua tim yakni Borneo FC dan FK Famos Vojkovići

Eks Pelatih PSM Milomir Seslija Kini Tangani Klub Liga MaladewaPelatih kepala PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin sesi latihan timnya di Bosowa Sport Center pada 9 Agustus 2021. (LigaIndonesiaBaru.com)

Pada musim 2022-23 lalu, ia sempat menangani Borneo FC di putaran pertama dan mengantar Pesut Etam ke final ajang pramusim Piala Presiden. Sayang, kisah Milo di Kota Tepian tak berlangsung lama. Ia mengakhiri kerja sama dengan tim asal Samarinda tersebut selepas pekan ke-10 Liga 1.

Sempat menganggur, Milo kemudian dipercaya menjadi pelatih klub divisi dua Liga Bosnia-Herzegovina (Prva Liga) yakni FK Famos Vojkovići pada April hingga Juni 2023. Ia sukses membawa FK Famos menjauh dari zona degradasi kompetisi wilayah Republika Srpska berkat raihan 13 poin dari 8 laga.

Baca Juga: Mantan Pelatih PSM Ditunjuk Melatih ADO Den Haag di Liga Belanda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya