Disurati Suporter PSM, Tavares: Saya Bukan Pesulap

Pelatih PSM berjanji bekerja keras untuk hasil lebih baik

Makassar, IDN Times - Jelang berangkat ke Semarang untuk jalani laga uji coba kontra PSIS, pelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares mengunggah sebuah foto di akun Instagram pribadinya. Yang ia bagikan lewat @bernardotavares80 pada Kamis malam (27/5/2022) adalah sebuah surat terbuka dari suporter.

Dalam bahasa Inggris, si pengirim yakni Ashadi menulis enam harapan. Yakni mempertahankan karakter permainan PSM, memprioritaskan pemain muda, perbaikan fisik, selalu ingat slogan Siri' na Pacce, sorotan di sektor belakang dan harapan bisa bersaing dengan tim papan atas.

Baca Juga: Uji Coba Lawan PSIS, Pelatih PSM Tak Pasang Target Tinggi

1. Bernardo Tavares merespons surat terbuka dari suporter PSM

Disurati Suporter PSM, Tavares: Saya Bukan PesulapSurat terbuka dari suporter PSM Makassar untuk pelatih kepala Bernardo Tavares yang ia terima pada Kamis 26 Mei 2022. (Instagram.com/bernardotavares80)

Dalam keterangan unggahan, Tavares mengapresiasi surat terbuka dari suporter. Tapi, ia menegaskan bahwa PSM musim ini butuh kerja keras.

"Saya bukan penjual mimpi atau pesulap," tulis juru taktik asal Portugal tersebut.

"Saya menjanjikan kerja keras dan akan melakukan apa saja untuk menolong tim ini (finis di posisi) lebih baik di musim ini ketimbang musim kemarin," lanjut Tavares.

Pada Liga 1 2021/22, PSM finis di peringkat 14, hanya terpaut dua anak tangga dari zona degradasi. Mereka harus berjuang hingga pekan ke-33 untuk lepas dari potensi turun kasta.

2. Membangun tim dari awal jadi pekerjaan utama

Disurati Suporter PSM, Tavares: Saya Bukan PesulapSuasana pertandingan uji coba PSM Makassar melawan OTP37 Mamuju di Bosowa Sport Center, Selasa 24 Mei 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Dalam beberapa kesempatan, Tavares menegaskan bahwa fokusnya selama training center adalah membangun tim dari awal. Mulai dari kebugaran hingga pemahaman taktik. Sehingga Piala Presiden dan AFC Cup jadi ajang untuk melihat sudah sejauh mana progresnya.

"Tim-tim lain sudah punya pemain incaran mereka. Ada juga tim yang tak banyak mengubah susunan pemain mereka. Agak terlambat, jadi kita bekerja keras untuk membangun tim," ujarnya dalam sesi latihan pada Rabu lalu (25/5/2022).

3. Juku Eja jadwalkan dua laga uji coba dalam waktu dekat

Disurati Suporter PSM, Tavares: Saya Bukan PesulapPesepak bola PSM Makassar Zulkifli Syukur (kiri) berusaha menghalau bola dari pesepak bola PSIS Semarang Pratama Arhan (kanan) dalam pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Rasyid Bakri dkk akan jalani uji tanding melawan Laskar Mahesa Jenar di Stadion Jatidiri, Sabtu sore besok (28/5/2022). Sebelumnya mereka sudah menjajal klub Liga 3 yakni Persim Maros dan OTP37 Mamuju. Masing-masing laga berakhir dengan skor 4-0 dan 1-1.

Setelah menantang PSIS, Pasukan Ramang berencana melawat ke Indomilk Arena Tangerang untuk melawan Persita. Tapi, belum ada informasi tanggal pasti duel Pendekar Cisadane melawan Pasukan Ramang.

Baca Juga: Pelatih PSM Kurang Puas Timnya Imbang dengan Tim Liga 3

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya