Comscore Tracker

Dipanggil ke Timnas U-20, Ini Statistik Duo PSM Dzaky dan Ricky

Dua pemain muda PSM kembali dilirik oleh Shin Tae-yong

Makassar, IDN Times - Nasib BRI Liga 1 2022-23 boleh saja masih tidak jelas, tapi aktivitas Timnas U-20 tetap jalan. Pada Selasa lalu (11/10/2022), Shin Tae-yong sudah mengumumkan nama 34 pemain Garuda Nusantara yang dipanggil untuk pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Ini sebagai persiapan untuk Piala AFC U-20 dan Piala Dunia U-20 yang dihelat tahun depan.

PSM Makassar masih menyumbang pemainnya, tapi bukan Edgard Amping dan Muhammad Rafli Asrul. Kali ini, giliran kolega mereka di U-18 yakni Muhammad Dzaky Asraf dan Ricky Pratama. Agaknya, menit bermain jadi alasan utama coach Shin.

Seperti apa catatan Dzaky dan Ricky bersama tim senior Juku Eja sejauh ini? Berikut IDN Times menghimpunnya untuk pembaca.

Baca Juga: Profil Ronald Fagundez, Asisten Pelatih Anyar PSM Makassar

1. Dzaky Asraf mulai mendapat tempat di tim utama PSM

Dipanggil ke Timnas U-20, Ini Statistik Duo PSM Dzaky dan RickyMuhammad Dzaky Asraf (kiri) dan Rizky Eka Pratama (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Baru promosi ke tim senior jelang musim 2022-23, Dzaky Asraf langsung menjadi buah bibir suporter PSM. Dengan kemampuan olah bola dan kelincahannya, pemuda kelahiran 3 Februari 2003 tersebut membuat Bernardo Tavares kepincut. Dalam situasi jadwal padat dan keperluan rotasi, Dzaky selalu dipercaya mengisi pos sayap kiri atau kanan.

Debutnya di kompetisi resmi terjadi pada pertandingan fase penyisihan grup AFC Cup 2022, saat PSM menahan imbang Kuala Lumpur City FC, 24 Juni 2022. Dzaky masuk sebagai pemain pengganti di injury time babak kedua. Pentas interkontinental itu juga menjadi ajang debutnya sebagai starter, tepatnya kala Juku Eja melibas Tampines Rovers pada 27 Juni 2022.

Saat ini, Dzaky sudah mengoleksi 14 penampilan bersama PSM, atau mencapai 633 menit. Di Liga 1 ia sudah menciptakan sebiji peluang, 99 umpan sukses, 7 tekel, 9 intersep ditambah 2 clearances.

2. Moncer di EPA U-18 tahun lalu, Ricky Pratama langsung jadi "langganan" Timnas U-20

Dipanggil ke Timnas U-20, Ini Statistik Duo PSM Dzaky dan RickyStriker Timnas Indonesia U-18 dan PSM Makassar U-18 Ricky Pratama saat merayakan gol ke gawang Alanyaspor U-18 dalam laga uji coba di Limak Sport Complex Antalya, Turki, Rabu 24 November 2021. (Dok. PSSI)

Ricky Pratama jadi pemain yang mencolok pada EPA U-18 2021 sebab menjadi top skorer. Torehan tersebut membuatnya langsung dipanggil Shin Tae-yong dalam TC di Turki pada November 2021. Masuk April 2022, anak muda kelahiran Sidoarjo itu kembali terpilih untuk pemusatan latihan di Korea Selatan. Yang terbaru, Ricky ikut menjajal Toulon Tournament di Prancis, Juni silam.

Bisa dibilang, striker muda itu sudah jadi "langganan" di Timnas U-20. Tapi bagaimana dengan PSM? Baru promosi ke tim senior di awal musim, Ricky jalani debut profesionalnya di AFC Cup 2022, saat PSM menekuk Tampines Rovers. Ia turun sebagai starter, sebelum diganti oleh Yakob Sayuri pada menit ke-37.

Sejauh ini, Ricky sudah tampil selama 135 menit (4 pertandingan) di semua ajang resmi. Pemilik nomor punggung 15 tersebut sudah melepas 3 shots on target, 10 operan dan 3 intersep dalam pentas Liga 1 sejauh ini.

3. Dzaky dan Ricky diharap bisa mendapat ilmu dalam TC di Turki dan Jepang

Dipanggil ke Timnas U-20, Ini Statistik Duo PSM Dzaky dan RickySkuat PSM Makassar berpose jelang laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Meski sempat menyatakan enggan melepas Dzaky dan Ricky, situasi terbaru Liga 1 membuat Bernardo Tavares rela anak asuhnya jalani TC Timnas U-20. Manajemen sendiri berharap ada ilmu yang bisa mereka petik di Turki dan Spanyol.

"Semoga Dzaky dan Ricky bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan ini," ungkap Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Jumat malam (14/10/2022).

"Yang tidak kalah penting, saat kembali ke klub mereka dalam kondisi sehat dan semakin berkembang," imbuhnya.

Dzaky-Ricky dan 32 penggawa Garuda Nusantara lain saat ini sedang berlatih di Jakarta sembari menunggu visa rampung.

Baca Juga: Liga 1 Terhenti, PSM Liburkan Pemain hingga Awal November

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya