Dibekuk Persebaya 1-0, PSM Telan Kekalahan Kedua Secara Beruntun

Juku Eja takluk lewat gol semata wayang Song Ui-yong

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali menelan kekalahan untuk kali kedua secara beruntun. Mereka dibekuk 1-0 oleh Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-9 BR Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat sore (18/8/2023).

Menilik susunan tim utama, tak ada nama Wiljan Pluim yang diistirahatkan. Tugas sebagai pendamping Everton Nascimento diserahkan kepada Adilson da Silva. Rizky Eka Pratama dan Dzaky Asraf kembali dipasang sebagai starter.

Sementara itu, Andhika Ramadhani dipercaya mengawal gawang Persebaya setelah Ernando Ari harus memperkuat Timnas U-23. Sementara itu, Wildan Ramdhani diplot sebagai pengganti Paulo Victor yang harus menepi.

Persebaya langsung memimpin hanya delapan menit setelah sepak mula. Tendangan keras Song Ui-yong dari luar kotak penalti bersarang di pojok kiri atas gawang PSM, tak mampu dijangkau oleh kiper Reza Arya Pratama.

Tertinggal satu gol, PSM tak tinggal diam. Pada menit ke-15, tendangan bebas sudut sempit dari Yance Sayuri mengarah ke gawang Persebaya. Tapi kiper tim tuan rumah yakni Andhika Ramadhani masih sigap menepis bola keluar.

Absennya Wiljan Pluim sangat terasa. Tidak ada umpan terobosan akurat atau memindahkan bola yang dialirkan menuju pemain PSM yang lebih bebas. Alhasil, serangan hanya bisa dibangun dari sisi sayap dan counter attack.

Pada menit ke-26, Rizky Eka Pratama tak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera usai bertabrakan dengan Bruno Moreira. Ia pun diganti oleh gelandang muda Ananda Raehan Alief. Ini jadi penampilan pertama Ananda setelah absen di lima laga untuk menjalani pendidikan Bintara Polri.

Masuk pertengahan babak pertama, PSM mengintensifkan serangan lewat skema pressing dan menguasai aliran bola. Adilson da Silva nyaris membahayakan gawang Persebaya di menit ke-36. Ia berhasil mencuri bola dari kaki Song Ui-yong, tapi gagal menembak bola lantaran sudah lebih dulu dihadang oleh bek Kasim Botan.

PSM berkali-kali membongkar pertahanan Persebaya di pengujung babak pertama lewat aksi individu Adilson da Silva. Tapi, penyelesaian akhir jadi penghalang PSM untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 tak berubah hingga masuk masa turun minum.

Masuk babak kedua, gaya bermain Juku Eja tak berubah. Peluang emas kembali datang pada menit ke-56. Diawali umpan cutback Yakob Sayuri, bola langsung dikonversi menjadi ancaman oleh Ananda Raehan Alief. Tapi, tembakan first time gelandang jebolan Akademi PSM tersebut masih meninggi dari sasaran.

Pertandingan baru berjalan seru pada pertengahan babak kedua. Menit ke-61, umpan Sho Yamamoto bisa didapatkan oleh Kasim Botan yang lolos dari perangkap offside. Meski bisa mengecoh Yance Sayuri, tembakannya dari sudut sempit membentur tiang gawang.

Tiga menit berselang, giliran PSM yang mengirim ancaman. Kombinasi umpan satu-dua antara Everton Nascimento dan Yance Sayuri diakhiri dengan tembakan jarak dekat. Tapi lagi-lagi kans tersebut melebar tipis dari sasaran.

Masuknya Donald Bissa dan Andy Harjito di pengujung babak kedua membuat lini depan Pasukan Ramang bisa lebih hidup. Kendati demikian, Bajol Ijo tetap merepotkan sektor belakang tim tamu dengan serangan yang dibangun dari kaki ke kaki.

PSM kembali memperoleh peluang emas pada menit ke-90. Sepak pojok Yance Sayuri bisa disambut oleh Yuran Fernandes menggunakan kepalanya. Meski bisa menyundul bola tanpa pengawalan ketat, sundulan Yuran masih belum akurat.

Meski anak asuh Bernardo Tavares terus menekan, skor 1-0 untuk tuan rumah tak berubah hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Ryan Nanda Saputra. Kekalahan ini membuat PSM melorot ke peringkat 12 klasemen sementara. Sedangkan Persebaya melesat menuju posisi 6.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Andhika Ramadhani (GK); Arief Catur Pamungkas, Dusan Stefanovic, Kadek Raditya Maheswara, Reva Adi Utama; Song Ui-yong, Andre Oktaviansyah (Ze Valente, 67'), Sho Yamamoto; Kasim Botan (Riswan Lauhim, 82'), Wildan Ramdhani (Ripal Wahyudi, 67'), Bruno Moreira

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa (Donald Bissa, 73'), Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama (Ananda Raehan Alief, 26'), Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Ricky Pratama, 88'), Yakob Sayuri; Everton Nascimento (Victor Dethan, 88'), Adilson da Silva (Andy Harjito, 73')

Baca Juga: Persebaya Vs PSM: Duel Sengit Penghuni Papan Tengah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya