Comscore Tracker

Cerita Rasyid Bakri saat Pemain PSM Selamatkan Diri dari Gempa Malang

Para pemain berlarian keluar hotel Ascent saat gempa terjadi

Makassar, IDN Times - Sepasang gempa berkekuatan M 6,7 dan M 5,5 terjadi di Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, (10/4/2021) siang serta Minggu (11/4/2021) pagi. Guncangan hebat pun turut dirasakan para pemain PSM Makassar yang tengah berada di Hotel Ascent Premiere Malang.

Dalam video Instagram story unggahan salah satu ofisial PSM, dr. Hardiansyah Muslimin, terlihat para pemain Pasukan Ramang keluar dari Hotel Ascent tempat mereka menginap saat gempa tejadi Sabtu siang kemarin.

Zulkifli Syukur dkk memilih separator pemisah jalan sebagai titik kumpul sembari menunggu keadaan kondusif. Turut terlihat dua pemain Barito Putera, Rizky Pora dan Bagas Kaffa, berada di tengah-tengah mereka.

1. Para pemain PSM menunggu di luar hotel selama satu jam hingga situasi kondusif

Cerita Rasyid Bakri saat Pemain PSM Selamatkan Diri dari Gempa MalangSejumlah pesepak bola PSM Makassar dan Barito Putera menyelamatkan diri di pembatas jalan saat terjadi gempa bumi di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Kepada IDN Times, gelandang PSM Rasyid Bakri bercerita bahwa suasana santai pada Sabtu siang yang dalam sekejap berubah jadi kepanikan. Tak cuma dialami rekan-rekan setimnya, tapi juga seluruh tamu dan staf hotel.

"Kemarin siang gempa terjadi pas kita pemain sedang istirahat di hotel. Kemarin itu terjadi dua kali gempa," ungkapnya saat dihubungi pada Minggu (11/4/2021) siang.

"Gempa yang kedua agak keras jadi langsung semua keluar hotel. Kami sekitar 1 jam di luar menunggu. Dan alhamdulillah semua aman," lanjut pria 30 tahun tersebut.

Sedangkan gempa M 5,5 pada Minggu pagi terjadi saat pemain-pemain PSM sedang bersiap berangkat latihan. "Sama seperti kemarin, kita juga keluar hotel dan menunggu sekitar lima menit. Alhamdulillah aman," kata Rasyid.

2. Pascagempa pertama, para penggawa Pasukan Ramang diminta tetap siaga sembari melanjutkan istirahat

Cerita Rasyid Bakri saat Pemain PSM Selamatkan Diri dari Gempa MalangPara pemain PSM Makassar dan Barito Putera yang menginap di Hotel Ascent Premiere Malang keluar untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Gempa pertama memang mengejutkan penggawa Juku Eja. Apalagi saat itu mereka sedang beristirahat pascamenekuk PSIS Semarang di laga perempat final Piala Menpora, Jumat malam.

Guncangan kuat pada dua hari berturut-turut membuat seluruh pemain meningkatkan kesiagaan, bahkan ketika sedang melanjutkan istirahat di kamar masing-masing. Sejumlah langkah antisipasi dasar langsung diambil.

"Kita tenang, tapi tetap waspada. Seperti selalu membuka pintu kamar agar mudah antisipasi kalau ada gempa susulan lagi. Kemudian kita sudah hapal juga jalur evakuasi," papar Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim melalui pesan singkat, Minggu pagi.

Baca Juga: Man of the Match Laga PSIS vs PSM: Hilman Syah

3. Zulkifli Syukur cs dijadwalkan berangkat ke Sleman pada Minggu siang

Cerita Rasyid Bakri saat Pemain PSM Selamatkan Diri dari Gempa MalangPesepak bola PSM Makassar melakukan selebrasi usai mengalahkan PSIS Semarang dalam pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Seluruh pemain, staf pelatih dan ofisial PSM Makassar saat ini tetap dalam kondisi aman tanpa cedera sedikitpun.

Anak asuh Syamsuddin Batolla dijadwalkan berangkat ke Sleman, DI Yogyakarta, pada Minggu (11/4/2021) siang. Stadion Maguwoharjo, markas PS Sleman, dipilih sebagai tempat menghelat leg pertama semifinal Piala Menpora yang pertemukan kembali Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Ulangan final Piala Indonesia 2018/19 tersebut dijadwalkan berlangsung pada Kamis (15/4/2021) malam. Adapun leg kedua dihelat di Stadion Manahan Solo, Minggu 18 April mendatang.

Baca Juga: Melaju ke Semifinal, PSM Makassar Wujudkan Mission Impossible   

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya