Comscore Tracker

Catat Nih, Susunan Tim Pelatih PSM Makassar untuk Musim 2020

Turut diperkenalkan sejumlah wajah baru pendamping Hodak

Makassar, IDN Times - PSM Makassar resmi memperkenalkan komposisi tim pelatih yang akan mendampingi Wiljan Pluim dkk mengarungi tahun 2020. Bertempat di Hotel Aryaduta pada Senin (6/1) siang, Bojan Hodak menyapa publik Makassar dalam sesi jumpa media bersama CEO PT PSM, yakni Munafri Arifuddin.

Tak tanggung-tanggung, PSM turut merombak nyaris seluruh tim kepelatihan yang sudah bekerja sejak musim 2016. 

"Pelatih kepala dijabat oleh Bojan Hodak, didampingi Hendro Kartiko (pelatih kiper), Herrie Setiawan (asisten pelatih), Syafril Usman (asisten pelatih), dan Bahar Muharram (asisten pelatih)," ujarnya, seperti dikutip dari laman kantor berita Antara.

1. CEO PT PSM, Munafri Arifuddin (ketiga dari kanan), menyebut perubahan di tim pelatih adalah hal yang lumrah

Catat Nih, Susunan Tim Pelatih PSM Makassar untuk Musim 2020CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin (ketiga kanan) memperkenalkan pelatih baru PSM Makassar Bojan Hodak (tengah) saat konferensi pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/1/2020). Pelatih asal Kroasia tersebut menggantikan pelatih sebelumnya Darije Kalezic. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dengan masuknya trio Hendro Kartiko - Herrie Setiawan - Syafril Usman, otomatis yang dilepas adalah pelatih kiper Herman Kadiaman serta duo asisten pelatih Imran Amirullah - Syamsuddin Batola. Sementara yang masih bertahan adalah Bahar Muharram.

Appi', sapaan akrab Munafri Arifuddin, menyebut merombakan susunan tim pelatih adalah hal lumrah dalam sebuah tim. Dengan wajah-wajah baru, pihak manajemen Juku Eja muncul komitmen kuat agar tim kebanggaan publik Kota Daeng kembali berprestasi, atau bahkan menyabet trofi, mengulang sukses 2019 silam.

"Kita berharap tim pelatih ini bisa meracik (strategi) dengan baik saat PSM mengikuti berbagai kompetisi musim ini," ujarnya.

2. Pelatih baru PSM Makassar mengaku sudah hafal dengan suasana sepak bola Asia Tenggara, termasuk Indonesia

Catat Nih, Susunan Tim Pelatih PSM Makassar untuk Musim 2020Pesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) melepas tendangan dibayangi oleh dua pemain PSM Makasar Rasyid Bakri (kiri) dan Hasim Kipuw (tengah) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). Pertandingan tersebut dimenangkan Persib Bandung dengan skor 5-2. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Juru taktik baru PSM, Bojan Hodak, rupanya sudah hafal betul dengan suasana sepak bola Asia Tenggara, di mana fanatisme suporter jadi salah satu unsur menarik. Ia mengaku banyak melihatnya dengan mata kepala sendiri saat masih menukangi Kelantan FA, Johor Darul Ta'zim serta Timnas Malaysia U-19.

"Suasana Liga Indonesia dan Liga Super Malaysia cukup unik. Ada kecintaan cukup kuat dan saya turut rasakan ketika menangani timnas Malaysia U-19. Atmosfer dalam setiap laga begitu tinggi di mana suporter sangat antusias datang dan itu merupakan hal yang menarik," papar pelatih berpaspor Kroasia tersebut dalam kesempatan yang sama.

Ternyata, coach Bojan punya syarat khusus yang ditujukan untuk para pendampingnya di tim kepelatihan. "Mereka harus bisa bermain bola dan itu harus ditunjukkan kepada saya," ungkap sosok 48 tahun tersebut.

Herrie Setiawan --biasa dipanggil Jose-- pernah bermain untuk Bandung Raya, Pelita Jaya dan Persib Bandung. Syafril Usman adalah eks striker klub BPD Jateng dan PSIS Semarang. Hendro Kartiko lekat dengan label legenda Timnas. Sementara Bahar Muharram jadi bagian dari PSM sepanjang dekade 1990-an.

3. Eks penggawa Juku Eja, Hendro Kartiko (paling kanan), kembali ke Mattoanging sebagai pelatih kiper

Catat Nih, Susunan Tim Pelatih PSM Makassar untuk Musim 2020Dok. Istimewa/MO PSM Makassar

Hendro Kartiko turut menyedot atensi. Sosok asal Banyuwangi tersebut kembali ke Mattoanging sebagai pelatih kiper. Pernah ambil bagian dalam kesuksesan PSM di Ligina 1999/2000, Hendro mengaku bangga dan antusias dengan peran barunya di tim yang sempat diperkuatnya selama tiga musim tersebut.

"Ada rasa bangga bisa datang lagi ke sini meski dengan status berbeda. Tentu saya ingin memberi PSM hasil lebih baik dari apa yang saya berikan sebelumnya (ketika masih berstatus pemain)," ungkap Hendro. Ia bakal mengisi jabatan yang pada empat tahun belakangan diisi oleh mantan kiper PSM lain, Herman Kadiaman.

Hendro Kartiko tercatat pernah menjadi pelatih kiper untuk Sriwijaya FC (2017), Madura United (2018) dan Timnas U-22 Indonesia (2019). Saat ini ia memegang lisensi AFC C.

Baca Juga: Kembali ke PSM sebagai Pelatih Kiper, Ini Rekam Jejak Hendro Kartiko

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya