Borneo FC Vs PSM: Laga Sulit Lawan Kandidat Juara

Pesut Etam selalu tampil bagus di kandang sendiri

Makassar, IDN Times - Pulang dari lawatan di Vietnam, PSM Makassar kembali menjalani misi sulit pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2023-24. Mereka akan menantang tim yang sedang duduk di peringkat dua klasemen sementara, Borneo FC, di Stadion Segiri Samarinda pada Senin malam (25/9/2023).

Setelah dibekuk Hai Phong FC, Juku Eja mengusung kebangkitan di kandang Pesut Etam. Meski begitu, anak asuh Bernardo Tavares akan berjuang mati-matian, bahkan untuk sekadar mencuri hasil imbang. Dari enam laga kandang Borneo FC sejauh ini, mereka bisa menang lima kali dan hanya sekali imbang.

Di sisi lain, PSM yang masih menderita performa inkonsisten dan masih bertengger di posisi 8. Kendati begitu, tim tamu bisa merasa sedikit lega setelah Yuran Fernandes sudah kembali bergabung. Memang belum ada Wiljan Pluim, tapi setidaknya lini belakang bisa mendapat tenaga baru.

Baca Juga: AFC Cup: Digilas Hai Phong, Pelatih PSM Tak Mau Mencari-cari Alasan

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, memuji Borneo FC sebagai salah satu kandidat juara

Borneo FC Vs PSM: Laga Sulit Lawan Kandidat JuaraPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mengakui laga ini akan berjalan sengit. Bahkan ketika kubu tuan rumah menurunkan pemain pelapis, ujian berat tetap akan dijalani anak asuhnya. Belum lagi rekor kandang Borneo FC yang sama sekali belum ternoda.

"Mereka punya lebih banyak waktu persiapan, mereka juga selalu sangat kuat jika bermain di kandang. Kalau tidak salah mereka hanya sekali imbang saat melawan RANS (Nusantara FC), itu menunjukkan kekuatan mereka. Saya rasa mereka (Borneo FC) salah satu kandidat juara," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu kemarin (24/9/2023).

Kembalinya Yuran Fernandes membuat Akbar Tanjung bisa digeser kembali ke depan sebagai gelandang bertahan. Di sisi lain, sisi sayap masih belum maksimal sebab Yakob Sayuri masih dalam fase pemulihan cedera.

2. Borneo FC mewaspadai materi tim tamu yang banyak berubah sejak musim lalu

Borneo FC Vs PSM: Laga Sulit Lawan Kandidat JuaraPara pemain Borneo FC Samarinda merayakan gol ke gawang Persikabo 1973 pada laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, 13 Agustus 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, Peter Huistra selaku juru taktik Borneo FC menganggap jadwal padat sang tamu tak akan banyak berpengaruh. Waktu persiapan tiga hari disebut sudah cukup untuk memulihkan kebugaran pemain-pemain PSM. Di sisi lain, materi pemain yang minim perubahan Pasukan Ramang patut diwaspadai.

"(Materi pemain) mereka tak banyak berubah dari musim lalu, mungkin mereka memainkan beberapa pemain baru. Tapi, mereka tetaplah tim yang bagus di Liga 1. Mereka banyak mengambil poin di beberapa pertandingan terakhir. Jadi, kami harus siap dan memperlihatkan permainan bagus untuk semua orang," ungkap sosok asal Belanda tersebut.

Pesut Etam kemungkinan besar akan menurunkan seluruh pemain andalan. Mulai dari duo Silverio Silva dan Leo Lelis di sektor belakang, Kei Hirose di lini tengah, ditambah Stefano Lilipaly dan Felipa Cadenazzi sebagai para penggedor.

3. Juku Eja baru sekali menang dalam lima pertemuan terakhir dengan Pesut Etam

Borneo FC Vs PSM: Laga Sulit Lawan Kandidat JuaraPesepak bola PSM Makassar Erwin Gutawa (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Abdul Rahman (kanan) pada laga BRI Liga 1 di Stadion BJ Habibie, Kabupaten Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2023). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Borneo FC Samarinda (4-2-3-1)

Nadeo Argawinata (GK); Fajar Fathur Rahman, Silverio Silva, Leo Lelis, Leo Guntara; Kei Hirose, Adam Alis; Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Win Naing Tun; Felipe Cadenazzi

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Rizky Eka Pratama, Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

16/04/2023 PSM 3-0 Borneo FC (Liga 1)

23/12/2022 Borneo FC 1-1 PSM (Liga 1)

03/07/2022 Borneo FC 2-1 PSM (Piala Presiden)

11/02/2022 PSM 0-1 Borneo FC (Liga 1)

22/10/2021 Borneo FC 2-1 PSM (Liga 1)

Sanggupkah anak asuh Bernardo Tavares mencuri poin di Samarinda? Saksikan pertandingan Borneo FC Samarinda versus PSM Makassar pada Senin malam ini (25/9/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Jadwal PSM Makassar Diubah PT LIB, Sesuaikan dengan Agenda AFC Cup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya