Comscore Tracker

Bernardo Tavares Tak Bisa Dampingi PSM saat Lawan Persita

Imbas dari kartu kuning yang ia dapat pada laga sebelumnya

Makassar, IDN Times - PSM Makassar takkan didampingi pelatih kepala Bernardo Tavares saat menjajal Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis besok (8/12/2022). Ia menerima kartu kuning di laga sebelumnya kontra Persikabo 1973, sekaligus jadi yang kedua sejak pekan pertama. Hukuman sanksi akumulasi pun dijatuhkan.

Mengganti peran Tavares, sang asisten pelatih yakni Paulo Duarte mengaku sampai mengerutkan dahi karena kartu kuning tersebut.

"Pelatih kami tidak menunjukkan sikap atau berkata tidak pantas selama pertandingan. Dia hanya menunjukkan passion-nya sebagai pelatih. Sama sekali tidak ada kata-kata menyinggung," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Rabu siang (7/12/2022).

1. PSM masih bingung dengan penyebab Tavares dihadiahi kartu kuning

Bernardo Tavares Tak Bisa Dampingi PSM saat Lawan PersitaPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Di sisi lain, Paulo juga menyoroti keputusan wasit yang dianggap berat sebelah. Contohnya beberapa kali pemain Laskar Padjajaran melanggar penggawa PSM tapi tak mendapat teguran. Sedangkan Muhammad Arfan dkk justru langsung kantongi kartu kuning meski pelanggarannya tergolong ringan.

"Coach Bernardo hanya berekspresi, saat Tahar melakukan simple foul tapi justru dapat kartu kuning. Ia menyampaikan bahwa jika pelanggaran itu dapat kartu kuning, bagaimana jika dapat pelanggaran berat?" katanya.

"Ia hanya ingin memastikan bahwa para pemain tidak mengalami kejadian yang merugikan dirinya dan tim. Jadinya, kita masih tidak mengerti atas kartu kuning tersebut," imbuh Paulo.

2. Wiljan Pluim masih absen di laga kontra Pendekar Cisadane

Bernardo Tavares Tak Bisa Dampingi PSM saat Lawan PersitaGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 melawan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin 29 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Tanpa Bernardo Tavares di bench, kini para asisten pelatih akan bahu membahu memberi pengarahan para Muhammad Arfan dkk di lapangan. Tapi Paulo Duarte tak sendiri. Ia bakal dibantu oleh Ahmad Amiruddin serta pelatih kiper Alan Haviluddin.

Selain itu, Wiljan Pluim masih belum bisa merumput lantaran belum selesai jalani sanksi dari Komdis PSSI. Tapi, laga kontra Persita jadi pertandingan kelima sekaligus yang terakhir di masa hukuman. Playmaker asal Belanda tersebut baru bisa kembali merumput pada laga kontra Bhayangkara FC, Senin pekan depan (12/12/2022).

Baca Juga: Bekuk Persikabo, Pelatih PSM Sebut Timnya Sempat Kewalahan

3. Kiper Reza Arya cukup vokal untuk polemik kartu kuning sang pelatih kepala

Bernardo Tavares Tak Bisa Dampingi PSM saat Lawan PersitaKiper Reza Arya Pratama jelang laga uji coba antara PSIS Semarang kontra PSM Makassar di Stadion Jatidiri Semarang, 28 Mei 2022. (Instagram.com/rezaaryapratama20)

Berbicara di kesempatan yang sama, Reza Arya Pratama juga sepakat bahwa kartu kuning ke Tavares tak bisa diterima. Upayanya meminta penjelasan ke wasit justru berujung pada hasil kurang memuaskan.

"Kartu kuning pelatih kami kemarin justru mendapat kartu kuning yang tidak jelas. Wasit tidak memberi alasan, dan sampai sampai saat ini kami terus bertanya-tanya," kata kiper muda asal Parepare tersebut.

Lantas, apakah akan ada "drama kartu" yang kembali dialami Reza Arya dan kawan-kawan? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Persita Tangerang, Kamis sore besok (7/12/2022).

Baca Juga: Erik Saputra, Pemoles Bakat Pemain Muda di Akademi PSM Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya