Comscore Tracker

Becamex Binh Duong vs PSM Makassar: Ujian Pertama Keperkasaan Juku Eja

Leg pertama yang krusial bagi anak asuh Darije Kalezic

Rabu 18 Juni 2019, Stadion Go Dau - Thu Dau Mot, 18:00 WITA

Makassar, IDN Times - Pasca torehan gemilang di babak penyisihan grup, PSM Makassar bakal mendapat tantangan serius dalam semi final Zona Asia Tenggara AFC Cup 2019. Becamex Binh Duong, jawara Piala Vietnam 2018, siap menjegal ambisi Juku Eja di ranah kontinental. Leg pertama yang digelar pada Rabu (18/6) hari ini pun dipastikan berjalan sulit lantaran PSM harus melawat ke Negeri Paman Ho.

Binh Duong sendiri bukanlah lawan yang bisa dipandang enteng. Merekalah pesaing serius Ceres Negros di Grup G. Si raksasa Filipina konsisten ditempel ketat hingga matchday pamungkas. Persija, yang digadang-gadang bisa berbicara banyak usai torehan positif di AFC Cup tahun kemarin, malah dilibas tanpa ampun. Dengan kata lain, siapa pun pemenang di Stadion Go Dau, langkah mereka akan sedikit lebih ringan.

1. Pelatih PSM siap terapkan permainan menyerang di kandang Binh Duong

Becamex Binh Duong vs PSM Makassar: Ujian Pertama Keperkasaan Juku EjaInstagram.com/psm_makassar

Baca Juga: Adu Kekuatan Antar Lini PSM Makassar dan Becamex Binh Duong

Dalam sesi jumpa pers pada hari Selasa (18/6) kemarin, pelatih kepala PSM Darije Kalezic berjanji akan mengerahkan segala tenaga demi menggapai target menembus partai puncak Zona ASEAN. Terlebih berulang kali ia sampaikan bahwa perjuangan Wiljan Pluim cs tak hanya memikul nama Makassar, melainkan gengsi kompetisi sepak bola Indonesia di kancah Asia.

Di sisi lain, Kalezic mengakui ada beban besar di pundak anak asuhnya. Namun ia menegaskan enggan tertekan serta berancang-ancang meladeni permainan terbuka yang diperagakan tuan rumah. "Kenapa juga harus tertekan? Kami takkan mengendurkan permainan di hadapan mereka. Tentu saja laga ini akan sulit karena Becamex tak mau gagal di kandang sendiri," tandasnya.

Pasukan Ramang siap menurunkan para pilar andalannya. Mulai dari duet palang pintu Abdul Rahman Sulaeman dan Aaron Evans, trio gelandang Rizky Pellu - Marc Klok - Wiljan Pluim serta Eero Markkanen yang sudah pulih dari cedera punggung.

2. Meski mengakui kapasitas para legiun asingnya, gelandang Binh Duong yakni Le Tan Tai masih melihat kelemahan di sektor belakang PSM

Becamex Binh Duong vs PSM Makassar: Ujian Pertama Keperkasaan Juku Ejathe-afc.com

Sementara itu dari kubu Becamex Binh Duong, gelandang Le Tan Tai mengaku berfokus pada satu nama yakni Wiljan Pluim. Sang kapten dan playmaker PSM itu disebutnya sebagai salah satu kekuatan inti sang lawan lantaran kemampuan olah bolanya. Selain itu, sang Dutchman sempat berseragam biru khas Binh Duong pada musim 2015 sebelum berlabuh ke Kota Daeng.

"PSM amat kuat di liga domestik karena mengandalkan beberapa pemain asing berkualitas mumpuni. Gelandang serang Wiljan Pluim adalah pemain yang amat kreatif. Saya tahu banyak tentangnya lantaran bermain di sini Binh Duong meski waktunya singkat," pungkasnya seperti dikutip dari laman resmi AFC.

Meski agresif dalam urusan lini serang, gelandang veteran 34 tahun tersebut masih melihat celah di sektor belakang. PSM jelas harus mewaspadai barisan penyerang yang dimiliki Binh Duong seperti winger muda jebolan Seattle Sounders yakni Victor Mansaray, juru gedor Timnas Vietnam Nguyen Anh Duc serta si Brazileiro haus gol Wander Luiz.

3. Siapakah yang bakal tumbang di Stadion Go Dau? Sang tuan rumah atau si tamu yang berkapal phinisi?

Becamex Binh Duong vs PSM Makassar: Ujian Pertama Keperkasaan Juku Ejathe-afc.com

Prakiraan susunan pemain masing-masing kesebelasan :

Becamex Binh Duong (4-4-2) ;

Tran Duc Cuong; Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Anh Tai; To Van Vu, Le Tan Tai, Maxwell Eyerakpo, Victor Mansaray; Nguyen Anh Duc, Wander Luiz

PSM Makassar (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Abdul Rahman Sulaeman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, M Rahmat; Eero Markkanen

Catatan : Kedua tim belum pernah bertemu, baik dalam laga uji coba atau kompetisi internasional.

Baca Juga: AFC Cup: Bertolak ke Vietnam, PSM Boyong Seluruh Pilar Penting

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You