Comscore Tracker

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Waspadai Semangat Revans

Pasukan Ramang siap bermain agresif sejak menit pertama

Makassar, IDN Times - Pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 menyajikan dua big match, salah satunya adalah Bali United versus PSM Makassar pada Jumat sore (20/1/2023). Meski berstatus sebagai laga kandang, Serdadu Tridatu harus menerima kenyataan bahwa mereka bermain jauh dari rumah.

Lantaran Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar sedang direnovasi untuk Piala Dunia U-20, Bali United harus "mengungsi" ke Stadion Sultan Agung Bantul. Kian apes lantaran pihak kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta tak mengizinkan seluruh laga mereka dihadiri oleh penonton.

Laga tandang rasa netral ini memang bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk PSM. Tapi mereka tetap melihat sang lawan sebagai sebuah tim yang tetap berbahaya meski tanpa dukungan dari suporter.

Baca Juga: Dear Suporter PSM, Laga Tandang Vs Bali United Tanpa Penonton

1. Pemain PSM diminta bermain menyerang demi mendapat hasil maksimal

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Waspadai Semangat RevansSalah satu momen laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus PSS Sleman di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu 14 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berbicara dalam sesi jumpa pers pada Kamis malam (19/1/2023), pelatih kepala PSM Makassar yakni Bernardo Tavares mengaku tetap meminta anak asuhnya bermain agresif. Ia tak peduli dengan hasil pertandingan Bali United pekan lalu, di mana mereka kalah dengan skor 3-2 secara dramatis.

"Terkait pertandingan kita akan berusaha menerapkan hal yang sama seperti pertandingan sebelumnya, yakni usaha, fokus dan lebih agresif lagi. Dan kita berusaha untuk mendapat hasil yang bagus," ungkap Tavares.

Menyoal materi pemain, dua pilar penting yakni Wiljan Pluim dan Yuran Fernandes turut diboyong ke Bantul. Keduanya sudah terlihat dalam sesi latihan resmi setelah sempat dibekap cedera. Tapi, Tavares enggan memastikan apakah mereka bisa bermain sejak menit pertama.

2. Pelatih Bali United, Teco Cugurra, yakin bisa memetik poin penuh

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Waspadai Semangat RevansPelatih Bali United, Stefano Cugurra, dalam sesi latihan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Rabu 18 Januari 2023. (Dok. Ofisial Bali United)

Sementara itu, Stefano "Teco" Cugurra selaku juru taktik Bali United mengusung misi bangkit dan revans di laga ini. Setelah takluk pekan lalu, Eber Bessa dkk ingin memetik poin penuh demi tetap bersaing di papan atas. Mereka juga ingin membalas kekalahan 2-0 di putaran pertama.

"PSM tim kuat di Liga 1 dan saya respek dengan mereka. Saya pikir ingin lebih fokus pada tim sendiri dulu (Bali United) untuk memperbaiki hasil pertandingan terakhir. Jadi fokus utama lebih ke tim sendiri daripada menilai kekuatan dari PSM yang jadi lawan besok sore," jelasnya.

Ia meminta anak asuhnya tetap percaya diri meski waktu recovery antar pertandingan sangat singkat, dan hanya sekali latihan pematangan taktik.

"Mudah-mudahan pemain bisa konsentrasi dan kerja keras untuk bisa bermain bagus serta dapat hasil maksimal," sambung Teco.

3. Pasukan Ramang mendominasi hasil lima pertemuan terakhir dengan Serdadu Tridatu

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Waspadai Semangat RevansSalah satu momen pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, 23 Juli 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Bali United (4-3-3)

Muhammad Ridho (GK); Novri Setiawan, Haudi Abdillah, Jajang Mulyana, Ricky Fajrin; Hariono, Brwa Nouri, Eber Bessa; M Rahmat, Ilija Spasojevic, Privat Mbarga

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Agung Mannan, Yance Sayuri; Yakob Sayuri, Ananda Raehan Alif, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu; Ramadhan Sananta, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

23/07/2022 PSM 2-0 Bali United (Liga 1)

07/02/2022 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

17/10/2021 PSM 2-1 Bali United (Liga 1)

23/11/2019 PSM 1-0 Bali United (Liga 1)

01/08/2019 Bali United 1-0 PSM (Liga 1)

Siapa yang sanggup mendulang poin penuh di Bantul? Saksikan duel Bali United versus PSM Makassar pada Jumat sore ini (20/1/2023), pukul 17.00 WITA.

Baca Juga: Bali United Vs PSM, Juku Eja akan Lebih Agresif Gempur Serdadu Tridatu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya