Comscore Tracker

Asnawi Mangkualam Resmi Pindah ke Klub Korea Selatan Ansan Greeners FC

Selamat berkarier di Negeri Ginseng!

Makassar, IDN Times - Sempat menyebutnya sebagai rumor, manajemen PSM Makassar mengumumkan secara resmi melepas Asnawi Mangkualam ke klub K League 2 (Divisi Dua Korsel) Ansan Greeners FC. Karier dan situasi bal-balan nasional yang masih abu-abu jadi alasan utama.

"Meski kontraknya masih tersisa semusim, PSM Makassar bersedia melepas demi pengembangan karier sang pemain. Apalagi di tengah situasi sepakbola dalam negeri yang tidak pasti," demikian keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat (29/1/2021) sore.

PSM turut mengapresiasi segala andil Asnawi dalam capaian klub selama beberapa tahun terakhir. Mulai dari runner-up Liga 1 2018, trofi juara Piala Indonesia 2018/19 serta dua kali keikutsertaan di ajang AFC Cup (2019 dan 2020).

Tak ada rincian perihal besaran kocek yang disepakati oleh kedua klub. Namun berdasarkan perkiraan Transfermarkt, harga semusim Asnawi mencapai Rp3,4 miliar.

1. Asnawi Mangkualam sampaikan salam perpisahan

Asnawi Mangkualam Resmi Pindah ke Klub Korea Selatan Ansan Greeners FCPesepak bola PSM Makassar Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Becamex Binh Duong asal Vietnam Wander Luiz Dias pada semi final leg kedua Piala AFC 2019 (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Pemuda 21 tahun tersebut juga menyampaikan salam perpisahan kepada klub yang sudah ia bela sejak musim 2017. 

"Dan terima kasih juga kepada pelatih, teman-teman pemain, ofisial dan seluruh suporter pecinta PSM Makassar yang selalu mendukung saya dalam keadaan apapun. Terima kasih semua," ujarnya dalam pernyataan yang diunggah di situs resmi klub.

Kendati demikian, bek kiri lincah itu tak menampik kemungkinan kembali berseragam merah marun khas Juku Eja. "Bismillah, izinkan saya pamit untuk pergi, menghadapi tantangan baru agar kelak saya bisa menjadi lebih baik untuk PSM Makassar," tukasnya.

Bersama Pasukan Ramang, ia tercatat tampil sebanyak 59 kali di seluruh ajang yang diikuti PSM. Sepasang gol dan tiga asis turut lahir dari kakinya. Di level Timnas U-23, Asnawi catatkan 23 penampilan, termasuk sebiji cap bersama Timnas Senior.

2. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya andil dalam proses transfer Asnawi ke Ansan Greeners FC

Asnawi Mangkualam Resmi Pindah ke Klub Korea Selatan Ansan Greeners FCPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Dilansir oleh KBS News pekan lalu, Asnawi telah meneken kontrak setahun, plus opsi perpanjangan satu tahun lagi dengan Ansan Greeners FC pada Selasa 19 Januari 2021. Alhasil, ia menjadi pesepakbola Indonesia pertama yang merumput di Korea Selatan.

Rekomendasi perekrutan Asnawi datang langsung dari pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. "Sebagai seorang bek, ia punya determinasi dan semangat. Itu sudah cukup untuk tampil bagus di Liga Korsel," ungkap Shin.

Wali Kota Ansan sekaligus pemilik Ansan Greeners FC, Yoon Hwa-seop, turut menyambut gembira perekrutan Asnawi.

"Jika Asnawi, yang berperan penting di Timnas Indonesia, bisa mengulang hal yang sama di Ansan FC, itu akan menjadi kebanggaan besar tak cuma bagi orang-orang Indonesia yang saat ini bermukim di Ansan, melainkan juga para pendatang lainnya. Saya menantikan aksinya," tutur Yoon.

Baca Juga: Konsisten dan Memikat, Ini Raihan Asnawi Bahar Sepanjang Musim 2019

3. Asnawi direncanakan sudah mengikuti latihan bersama pemain Ansan lainnya pada 14 Februari mendatang

Asnawi Mangkualam Resmi Pindah ke Klub Korea Selatan Ansan Greeners FCPemandangan tribun Ansan Wa~ Stadium saat tuan rumah Ansan Greeners FC menjamu Bucheon 1995 FC pada lanjutan K League 2020 di mana pertandingan tersebut dihelat tanpa penontn akibat pandemi COVID-19. (Facebook.com/안산 그리너스 FC - Ansan Greeners FC)

Beberapa dokumen trasnfer Asnawi Mangkualam ke Ansan seperti izin kerja telah rampung, sembari menunggu visa terbit. Begitu visa keluar, Asnawi langsung terbang menuju Korea Selatan. Dilansir oleh Chosun, Asnawi akan menjalani isolasi mandiri terlebih dulu sebelum bergabung latihan pada 14 Februari.

Ansan Greeners FC adalah tim yang bermarkas di Ansan Wa~ Stadium, arena berkapasitas 35 ribu penonton. Sejak didirikan pada 2016, Green Wolves (julukan mereka) belum sekalipun berhasil menembus papan atas K League 2. Jelang musim 2021, klub asuhan Kim Gil-sik itu sudah merekrut 13 pemain baru.

Terima kasih, Asnawi! Selamat berkarier di Negeri Ginseng!

Baca Juga: Profil Ansan Greeners Korea yang Dikabarkan Rekrut Asnawi Mangkualam

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya