Comscore Tracker

Arema vs PSM, Skuad Timpang Ayam Jantan Tak Jadi Soal

Singo Edan gagal taklukkan Juku Eja dalam dua musim terakhir

Rabu 2 Oktober 2019, Stadion Kanjuruhan - Kab. Malang, 19.30 WITA

Makassar, IDN Times - PSM melawat ke Kota Apel dengan skuad yang semakin  compang-camping. Bukan main, pilar inti mereka di sektor belakang dan tengah harus absen jelang laga ini. Palang pintu Abdul Rahman Sulaeman didera cedera engkel, sementara Wiljan Pluim jalani sanksi akumulasi kartu kuning. Sedangkan Asnawi Mangkualam dan Firza Andika dipanggil memperkuat Timnas U-23.

Nasib serupa juga menimpa Arema. Tiga pemain kunci si biru juga absen. Mereka antara lain bek tengah Arthur Cunha da Rocha (cedera) serta duo Hanif Sjahbandi - Dendi Santoso yang akan berseragam Merah-Putih untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Artinya, semuanya memang kompak tak komplit. Akan tetapi, kondisi tim yang timpang tak halangi misi memetik poin.

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic, menatap misi mendulang poin meski sejumlah pemain harus absen

Arema vs PSM, Skuad Timpang Ayam Jantan Tak Jadi SoalANTARA FOTO/Umarul Faruq

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Selasa (1/10) kemarin, Darije Kalezic selaku pelatih kepala PSM masih bertekad menghentikan catatan negatif partai tandang. Kalah dua kali secara beruntun menurutnya sudah cukup. Poin penuh tak bisa ditawar-tawar lagi.

Kendati demikian, ia menilai tim-tim Liga 1 memang sulit ditundukkan di rumah sendiri. "Teknik pun tidak cukup untuk meraih kemenangan. Tetapi harus ada kerja keras. Kami harus menunjukkan besok bahwa kami memang wajib mendulang tiga poin," pungkas pelatih berpaspor Swiss tersebut.

Menyoal absennya sejumlah pemain kunci Juku Eja, coach Kalezic mengaku telah menyiapkan rotasi. Hasim Kipuw dan Munhar kemungkinan besar akan dipasang sebagai bek kanan dan tengah. Sementara pos gelandang yang bisa ditempati Pluim akan diperebutkan oleh Rasyid Bakri atau Muhammad Arfan.

2. Bernasib sama, Arema FC siapkan rotasi di lini depan dan tengah

Arema vs PSM, Skuad Timpang Ayam Jantan Tak Jadi SoalIDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, juru taktik Arema yakni Milomir Seslija rupanya lebih banyak berbicara perihal kans comeback Dedik Setiawan. Penyerang berusia 25 tahun tersebut tak memperkuat tim Singo Edan sejak akhir Juli silam lantaran mengalami cedera lutut.

Namun, coach Milo --sapaan Milomir Seslija-- masih memantau kondisi terkini Dedik. "Saya harap besok dia bisa bermain dalam 50 atau 60 menit. Sesuai dengan kemampuannya. Saya tidak bisa katakan berapa lama, itu sangat tergantung pada tempo permainan," pungkas pelatih asal Bosnia-Herzergovina itu.

Lebih jauh, absennya tiga pemain kunci rupanya dipandang positif. Pemain Arema lain dengan jam terbang minim bakal diberi waktu unjuk gigi. "Ini kesempatan untuk memberikan peluang pemain yang lain bermain. Arema akan menyiapkan formula permainan yang tepat. kuncinya lari dan bertarung lebih dari lawan," imbuh Milo.

Baca Juga: Fix! Partai Liga 1 2019 PSM Makassar Kontra Arema FC Resmi Ditunda

3. Juku Eja belum sekalipun ditundukkan Singo Edan dalam empat pertemuan terakhir

Arema vs PSM, Skuad Timpang Ayam Jantan Tak Jadi SoalLiga-Indonesia.id

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Arema (4-3-3)

Kurniawan Kartika Ajie (GK); Alfin Tuasalamony, Rachmat Latief, Hamka Hamzah, Agil Munawar; Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi, Makan Konate; Ridwan Tawainella, Sylvano Comvalius, Dedik Setiawan

PSM (4-3-3)

Hilmansyah; Hasim Kipuw, Munhar, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Muhammad Arfan, Marc Klok, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

Catatan lima pertemuan terakhir :

14/10/2018 PSM 2-1 Arema (Liga 1)

13/05/2018 Arema 1-1 PSM (Liga 1)

30/08/2017 Arema 3-3 PSM (Liga 1)

10/05/2017 PSM 1-0 Arema (Liga 1)

14/19/2016 Arema 2-0 PSM (ISC)

Baca Juga: Semen Padang vs PSM Makassar, Demi Torehan Tiga Poin Berharga

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You