Arema FC Resmi Gaet Dua Eks PSM, Hasim Kipuw dan Ilham Udin

Rupanya sudah lama dibidik pelatih Eduardo Almeida

Makassar, IDN Times - Hasim Kipuw dan Ilham Udin Armaiyn tak lama-lama berstatus tanpa klub setelah pamit dari PSM Makassar, Sabtu lalu (9/4/2022). Pada Senin siang (11/4/2022), keduanya diumumkan menjadi bagian dari Arema FC.

Melalui unggahan foto di akun Instagram resmi @aremafcofficial, keduanya terlihat sudah mengenakan jersey biru Singo Edan. Hasim mendapat nomor punggung 15 yang sebelumnya jadi milik Fabiano Beltrame. Sedangkan Ilham Udin masih setia dengan 30, nomor yang juga ia kenakan saat membela PSM musim lalu.

1. Hasim Kipuw dan Ilham Udin Armaiyn disebut sesuai dengan skema pelatih

Arema FC Resmi Gaet Dua Eks PSM, Hasim Kipuw dan Ilham UdinIlham Udin Armaiyn saat diperkenalkan sebagai pemain baru Arema FC oleh Manajer Ali Rifki dan Presidrn Gilang Widya Pramana, Senin 11 April 2022. (Instagram.com/aremafcofficial)

Hasim dan Ilham Udin diperkenalkan bersama rekrutan baru lainnya yakni Hanis Saghara, yang saat ini sedang jalani pemusatan latihan Timnas U-23. Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, menyebut ketiganya adalah tipikal pemain idaman pelatih kepala Eduardo Almeida.

"Kami komitmen bawa pemain terbaik dan menjadi yang terbaik pada musim ini. Kami hanya menyiapkan dan juga membeli pemain sesuai keinginan pelatih," ujar Gilang dalam pernyataan tertulis di situs resmi klub.

2. Hasim Kipuw kembali ke Malang untuk kali ketiga

Arema FC Resmi Gaet Dua Eks PSM, Hasim Kipuw dan Ilham UdinHasim Kipuw saat menandatangani kesepakatan kontrak sebagai pemain baru Arema FC di Kantor Arema FC, Senin 11 April 2022. (Instagram.com/aremafcofficial)

Sementara itu, manajer Arema FC yakni Ali Rifki menyebut proses negosiasi Hasim dan Ilham berjalan lancar tanpa hambatan.

"Kemarin, saya telpon langsung ditawari mau di Arema, mereka jawabnya mau," ungkapnya.

Bagi Ilham, ini adalah pengalaman keduanya merumput di Pulau Jawa setelah Bhayangkara FC pada tahun 2015-2017 dan Liga 1 2019. Sedangkan untuk Hasim Kipuw, ini bagaikan reuni dengan Kota Apel. Sebelumnya, fullback 33 tahun tersebut berseragam Arema di ajang ISL 2013, ISL 2015 yang dihentikan, Piala Presiden 2015 dan Piala Jenderal Sudirman 2015/16.

Baca Juga: Hilman Syah Pamit Tinggalkan PSM Makassar

3. Beberapa pemain PSM kini jadi buruan tim-tim Liga 1

Arema FC Resmi Gaet Dua Eks PSM, Hasim Kipuw dan Ilham UdinPara pemain PSM Makassar berpose sebelum jalani laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/22 kontra Madura United di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, 8 Januari 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Jelang musim 2022/23, Juku Eja memang akan lakukan perombakan tim besar-besaran. Menurut Direktur Utama PSM Munafri Arifuddin, perubahan ini menyasar lebih dari 80 persen jajaran pelatih dan pemain.

Tercatat sudah ada tiga pemain yang hengkang yakni Hilman Syah, Ilham Udin Armaiyn serta Hasim Kipuw. Saat Hilman santer diisukan segera merapat ke tim promosi RANS Cilegon FC, Muhammad Arfan dan Yakob Sayuri juga jadi buruan tim-tim top.

Baca Juga: Hasim Kipuw dan Ilham Udin Berpisah dengan PSM, Segera ke Arema FC?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya