Hasim Kipuw dan Ilham Udin Berpisah dengan PSM, Segera ke Arema FC?

Eksodus besar-besaran terjadi dalam tim Juku Eja?

Makassar, IDN Times - Setelah kiper Hilman Syah, PSM Makassar juga berpisah dengan dua pemain lainnya. Mereka yakni fullback Hasim Kipuw dan winger Ilham Udin Armaiyn. Ini diumumkan langsung lewat unggahan di akun Instagram resmi klub, @psm_makassar, pada Sabtu malam (9/4/2022).

Di saat yang sama, Hasim Kipuw pun mengucapkan kata-kata perpisahan lewat akun pribadinya.

"Terima kasih untuk 4 tahun kebersamaan ini. Saya, Hasim Kipuw, izin turun dari kapal pinisi. Sampai jumpa di pelayaran selanjutnya," tulis bek 33 tahun tersebut.

1. Hasim Kipuw sudah berseragam PSM sejak musim 2018

Hasim Kipuw dan Ilham Udin Berpisah dengan PSM, Segera ke Arema FC?Pemain PSM Makassar Hasyim Kipuw dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Senin 31 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Hasim Kipuw sudah berseragam merah marun sejak Liga 1 2018. Saat itu ia direkrut oleh pelatih kepala PSM saat itu, Robert Rene Alberts. Sebelumnya, pemain kelahiran Tulehu tersebut memperkuat Bali United di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 dan Liga 1 2017.

Empat tahun berseragam Juku Eja, eks pemain Timnas U-23 itu catatkan 77 penampilan dan sepasang asis. Hasim juga ikut serta dalam keberhasilan PSM finis sebagai runner-up Liga 1 2018, juara Piala Indonesia, serta tampil dua kali di AFC Cup, masing-masing yakni edisi 2019 dan 2020.

2. Ilham Udin catatkan 28 penampilan dan 3 gol di musim lalu

Hasim Kipuw dan Ilham Udin Berpisah dengan PSM, Segera ke Arema FC?Pemain PSM Makassar Ilham Udin Armaiyn merayakan gol saat melawan Persik Kediri pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ilham Udin Armaiyn sendiri direkrut pada bursa transfer jelang Liga 1 2021/22. Ia bergabung dengan pemusatan latihan yang berlangsung di Bosowa Sport Center (BSC) pada 4 Juni, sebelum meneken kesepakatan kontrak satu tahun dengan manajemen PSM. Di musim 2020, Ilham berseragam Barito Putera.

Winger 25 tahun kelahiran Ternate tersebut catatkan 28 penampilan sepanjang musim lalu. Ilham sempat tampil moncer dengan mencetak tiga gol dari empat laga awal. Nasibnya berubah di putaran kedua, sebab lebih sering turun sebagai pemain pengganti dan jadi penghangat bangku cadangan.

3. Beberapa penggawa Juku Eja kini jadi buruan tim-tim Liga 1

Hasim Kipuw dan Ilham Udin Berpisah dengan PSM, Segera ke Arema FC?Para pemain PSM Makassar berpose sebelum laga pekan 14 BRI Liga 1 2021/22 melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung Bantul, 27 November 2021. (LigaIndonesiaBaru.com)

Berdasarkan rumor yang berkembang, Ilham Udin Armaiyn dan Hasim Kipuw segera menyeberang ke Arema FC. Hilman Syah sendiri disebut-sebut sudah meneken kesepakatan dengan tim promosi RANS Cilegon FC.

Eksodus besar-besaran agaknya bisa terjadi dalam Pasukan Ramang. Beberapa pemain diisukan gencar diburu oleh klub-klub lain. Seperti Persija yang sedang mendekati winger Yakob Sayuri, kemudian gelandang Muhammad Arfan dilirik Bhayangkara FC dan Persib.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya