Antarlini PSM Vs Madura United, Sengit di Belakang dan Tengah

Siapa yang jadi penentu hasil akhir duel sengit di Parepare?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan berjumpa tim papan atas Madura United pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2023-24, Minggu sore ini (8/10/2023). Juku Eja mengusung misi bangkit sekaligus memutus tren buruk dalam empat laga terakhir. Terlebih mereka kini berjarak tak jauh dari zona degradasi.

Sementara itu, Madura United bertandang dengan misi membawa pulang poin. Berada di peringkat dua klasemen sementara, Laskar Sapeh Kerrab tak ingin tergusur begitu saja dari zona Championship Series.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para pemain penting milik kedua kubu. Mereka bisa menjadi penentu hasil akhir duel yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare tersebut.

Catatan : Statistik pemain berasal dari penampilan di ajang Liga 1.

1. Kiper : Reza Arya Pratama - Wawan Hendrawan

Antarlini PSM Vs Madura United, Sengit di Belakang dan TengahKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama - Kiper Madura United, Wawan Hendrawan (Kolase Berbagai Sumber)

Reza Arya Pratama : 13 penampilan, 13 kebobolan

Meski catatkan rata-rata kebobolan satu gol setiap 90 menit, Reza Arya tetap dipercaya sebagai kiper utama PSM. Bernardo Tavares memang sulit menggeser kiper 23 tahun tersebut lantan punya jam terbang lebih banyak. Meski lini belakang sedang rapuh, Reza masih bisa catatkan 35 saves sejauh ini, atau rata-rata mencapai 2,69 per laga.

Wawan Hendrawan : 10 penampilan, 8 kebobolan

Meski sudah berusia 40 tahun, Wawan rupanya masih moncer di bawah mistar gawang. Kiper asal Brebes ini bahkan bisa menggeser juniornya yakni Satria Tama. Hanya kebobolan 8 kali dan melakukan 37 penyelamatan, Mauricio Souza jelas paham kapasitas yang dimiliki Wawan. Belum lagi jika ia memperlihatkan skill utamanya : aksi akrobatik.

2. Belakang : Erwin Gutawa - Cleberson

Antarlini PSM Vs Madura United, Sengit di Belakang dan TengahBek PSM Makassar, Erwin Gutawa - Bek Madura United, Cleberson (Kolase Berbagai Sumber)

Erwin Gutawa : 10 penampilan

Gaya bermain Erwin yang tanpa basa-basi menjadi salah satu nilai tambah di lini belakang. Tapi, laga terakhir melawan Sabah FC di AFC Cup memperlihatkan bahwa ia tetap perlu dukungan rekan setim kala coba menjinakkan penyerang lawan. Bek asal Bone tersebut sudah mencatatkan 32 tekel sukses, 36 intersep dan 26 sapuan di Liga 1.

Cleberson : 14 penampilan

Tak tergantikan di lini belakang, Cleberson adalah bagian penting dari moncernya Madura United. Tangguh saat duel bola udara dan tangkas saat memotong aliran bola tim lawan. Bek 31 tahun asal Brasil tersebut sudah melakukan 22 tekel sukses, 75 intersep dan 56 sapuan. Bukan tidak mungkin Cleberson akan menyulitkan barisan depan PSM di laga ini.

3. Tengah : Kenzo Nambu - Jacob Mahler

Antarlini PSM Vs Madura United, Sengit di Belakang dan TengahGelandang PSM Makassar, Kenzo Nambu - Gelandang Madura United, Jacob Mahler (Kolase Berbagai Sumber)

Kenzo Nambu : 13 penampilan, 7 gol

Ini dia sang top skorer PSM di Liga 1. Dengan 7 golnya sejauh ini, Kenzo membuktikan dirinya adalah seorang clinical finisher. Statistik bahkan mencatat bahwa ia baru membukukan 10 shot on target. Dengan peran barunya sebagai mesin gol, gelandang serang asal Jepang tersebut siap menjadi pemecah kebuntuan saat diperlukan.

Jacob Mahler : 12 penampilan, 1 gol

Baru berusia 23 tahun, Jacob menunjukkan kematangan di atas pemain-pemain seusianya. Penggawa Timnas Singapura tersebut bahkan langsung nyetel dalam skema racikan coach Mauricio, yakni pernyaring pertama serangan lawan. Catatan Jacob sejauh ini tak main-main yakni 40 tekel sukses, 43 intersep, 20 sapuan dan 375 operan.

Baca Juga: PSM Makassar Optimistis Hadirkan Kejutan saat Jumpa Madura United

4. Depan : Donald Bissa - Junior Brandao

Antarlini PSM Vs Madura United, Sengit di Belakang dan TengahStriker PSM Makassar, Donald Bissa - Striker Madura United, Junior Brandao (Kolase Berbagai Sumber)

Donald Bissa : 6 penampilan, 1 asis

Sesuatu yang unik terjadi dalam tiga laga terakhir PSM. Donald Bissa dipasang sebagai starter sebagai tandem Adilson da Silva. Sosok kelahiran Pantai Gading tersebut ternyata membuktikan diri sebagai penyerang oportunis yang kerap lolos dari kawalan bek-bek lawan. Bukan tidak mungkin Donald akan segera mencetak gol perdananya musim ini.

Junior Brandao : 14 penampilan, 7 gol, 1 asis

Lini depan Madura United semakin berbahaya berkat hadirnya Junior Brandao. Juru gedor asal Brasil ini bertipe fox in the box, sebab mampu mencari ruang kosong dan memanfaatkan lengahnya barisan bek lawan. Striker 28 tahun tersebut bukan tak mungkin menjadi ujian bagi sektor belakang PSM yang belum tampil konsisten.

Siapa yang akan menjadi penentu hasil akhir pertandingan ini? Saksikan duel pekan ke-15 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Madura United pada Minggu sore ini (8/10/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: PSM Makassar Vs Madura United, Juku Eja Tak Mau Semakin Terpuruk

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya