PSM Makassar Vs Madura United, Juku Eja Tak Mau Semakin Terpuruk

Misi menang diusung demi menjauh dari zona degradasi

Makassar, IDN Times - Menelan empat kekalahan beruntun di semua kompetisi, PSM Makassar sudah muak dengan tren negatif. Kali ini mereka mengusung motivasi memutus catatan buruk saat menjamu Madura United di laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2023-24, yang berlangsung pada Minggu sore ini (8/10/2023).

Pasukan Ramang tak ingin kembali malu saat tampil di kandang sendiri. Duduki peringkat 12 klasemen sementara, mereka wajib memetik poin agar tidak melorot semakin jauh. Apalagi jarak PSM dengan zona degradasi hanya terpaut lima poin.

Madura United, sang runner-up, berambisi untuk terus berada di papan atas sekaligus zona Championship Series. Meski begitu, mereka sedang dirundung performa inkonsisten. Anak asuh Mauricio Souza tersebut gagal memetik kemenangan dalam dua laga terakhir.

1. PSM Makassar siap menurunkan sejumlah pemain kunci yang sebelumnya absen lama

PSM Makassar Vs Madura United, Juku Eja Tak Mau Semakin TerpurukPara pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare jelang bertemu Madura United, Sabtu 7 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, sadar bahwa timnya harus segera bangkit dari keterpurukan. Bermodal dukungan suporter di akhir pekan, ia percaya anak asuhnya mampu tampil maksimal.

"Besok kita bermain di kandang. Kadang-kadang saya melihat bahwa kita bisa memperlihatkan sesuatu di masa-masa sulit. Di masa-masa sulit kita bisa memberi kejutan," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Sabtu kemarin (7/10/2023).

"Hasilnya bisa menang, kalah atau imbang. Apapun itu, satu hal yang kita berikan adalah memberikan yang terbaik. Untuk itu, kita berharap agar suporter datang untuk membantu kita," tandas pelatih asal Portugal tersebut.

Pasukan Ramang kemungkinan besar sudah bisa menurunkan Yance Sayuri yang sempat menepi selama dua pekan usai cedera. Gelandang Akbar Tanjung juga siap kembali dipasang sebagai starter setelah masa skorsingnya selesai.

2. Skuat Madura United lebih bugar lantaran memiliki masa istirahat yang panjang

PSM Makassar Vs Madura United, Juku Eja Tak Mau Semakin TerpurukPara pemain Madura United dalam sesi official training di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare jelang bertemu PSM Makassar, Sabtu 7 Oktober 2023. (Instagram.com/maduraunited.fc)

Dari kubu Madura United, asisten pelatih Rakhmad Basuki, enggan memandang remeh tim tuan rumah meski sedang terdampar di papan bawah. PSM disebutnya masih menyimpan bahaya, sehingga Fachruddin Aryanto dkk tak boleh lengah.

"Kami melihat PSM tetap PSM, mereka adalah juara bertahan. Mereka bermain dengan efektivitas luar biasa. Memang tidak terlalu banyak menguasai bola, tapi mereka jelas sangat efektif," ungkapnya dalam kesempatan terpisah.

"Tapi, secara keseluruhan, kami tetap melihat PSM sebagai tim yang memang sangat sulit dikalahkan. Apalagi kalau bermain di kandang sendiri," tutup pria kelahiran Pamekasan tersebut.

Meski begitu, Laskar Sapeh Kerrab punya modal lain untuk membawa pulang poin, yakni kondisi tim yang lebih bugar. Ini lantaran masa recovery mereka jauh lebih panjang. Alhasil, mereka siap menurunkan seluruh pemain kunci.

3. Dari lima pertemuan dengan Laskar Sapeh Kerrab, Juku Eja menang sebanyak lima kali

PSM Makassar Vs Madura United, Juku Eja Tak Mau Semakin TerpurukSalah satu momen pertandingan pekan ke-32 BRI Liga 1 2022-23 antara Madura United versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat 31 Maret 2023. (Instagram.com/maduraunited.fc)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf,  Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Rizky Eka Pratama; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Madura United (4-3-3)

Wawan Hendrawan (GK); Koko Ari Araya, Fachruddin Aryanto, Cleberson, Novan Sety Sasongko; Jacob Mahler, Francisco Rivera, Muhammad Tahir; Salim Akbar Tuharea, Junior Brandao, Lulinha

Catatan lima pertemuan terakhir :

31/03/2023 Madura United 1-3 PSM (Liga 1)

15/12/2022 PSM 0-1 Madura United (Liga 1)

08/01/2022 PSM 1-0 Madura United (Liga 1)

12/09/2021 Madura United 1-1 PSM (Liga 1)

24/10/2019 PSM 1-0 Madura United (Liga 1)

Sanggupkah Pasukan Ramang memutus rekor buruk di Parepare? Saksikan duel pekan ke-15 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Madura United pada Minggu sore ini (8/10/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: PSM Makassar Optimistis Hadirkan Kejutan saat Jumpa Madura United

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya