Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM: Duel Dua Gelandang Licin Pencari Gol

Siapa yang bisa membantu timnya memetik poin penuh?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menghadapi ujian berat pada pekan ketiga BRI Liga 1 2023-24. Mereka dituntut menang saat melawat ke markas Persikabo 1973, yakni Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, Jumat sore ini (14/7/2023). Usai menelan kekalahan pekan lalu, misi kebangkitan diusung demi mengerek Juku Eja naik dari papan bawah.

Persikabo 1973 pun tak ingin takluk begitu saja. Sedang duduk di peringkat 16 klasemen sementara, motivasi Laskar Padjajaran sedang meninggi usai imbang kontra Persija. Tampil di rumah sendiri, Andy Setyo dkk punya modal tambahan yakni dukungan para suporter.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para sosok penting dari masing-masing tim. Mereka berpotensi menjadi penentu hasil akhir duel ini.

Catatan: Statistik dan catatan penampilan berasal dari laga atau ajang resmi yang dimainkan.

Baca Juga: Persikabo 1973 Vs PSM, Juku Eja Usung Misi Putus Tren Negatif

1. Kiper: Syahrul Trisna - Reza Arya Pratama

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM: Duel Dua Gelandang Licin Pencari GolKiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna Fadhillah - Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama (Kolase Berbagai Sumber)

Syahrul Trisna: 2 kali main, 2 kebobolan

Kiper Timnas Indonesia ini tampil cukup kokoh di bawah mistar gawang Persikabo sejak laga pertama. Total ia membukukan 6 saves dan 3 clearances. Syahrul tampil solid pada pekan lalu saat imbang melawan Persija, meski sedkit terbantu dengan finising lawan yang belum tajam. Melawan PSM, kiper 27 tahun tersebut harus waspada dengan crossing dari sisi sayap.

Reza Arya Pratama: 4 kali main, 4 kebobolan

Catatan sekali kebobolan tiap 90 menit milik Reza Arya sejauh ini menjadi alarm bahaya. Ada gelagat bahwa lini belakang PSM masih belum padu, termasuk komunikasi mereka di lapangan. Kendati demikian, ia sudah catatkan 5 penyelamatan dan sekali intersep. Reza masih memiliki peran penting di lini belakang, tapi harus tetap bekerja keras untuk membuat tembok pertahanan kembali solid.

2. Belakang: Andy Setyo - Yuran Fernandes

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM: Duel Dua Gelandang Licin Pencari GolBek Persikabo 1973, Andy Setyo - Bek PSM Makassar, Yuran Fernandes (Kolase Berbagai Sumber)

Andy Setyo: 1 kali main

Absen pekan lalu karena skorsing kartu merah, Andy Setyo akan kembali dipercaya mengawal lini belakang Persikabo. Pada pekan pembuka, pemilik postur 1,8 meter tersebut tampil cukup apik dengan melakukan 2 clearances, 2 intersep dan 3 kali tekel. Berhadapan dengan para penyerang PSM, Andy dituntut menjaga fokus untuk meredam agresivitas mereka.

Yuran Fernandes: 4 kali main

Bek asal Cape Verde ini tetap konsisten dengan ketenangan serta positioning yang ciamik. Catatannya di Liga 1 pun cukup baik: 5 clearances, 7 kali intersep, 4 tekel sukses dan 32 kali operan. Tapi, tekanan jelang laga kontra Persikabo cukup besar lantaran PSM belum sekalipun menang. Yuran akan diminta berkonsentrasi sepanjang 90 menit, demi meminimalisir kesalahan yang dilakukan pekan lalu.

3. Gelandang: Nikola Kovacevic - Kenzo Nambu

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM: Duel Dua Gelandang Licin Pencari GolGelandang Persikabo 1973, Nikola Kovacevic - Gelandang PSM Makassar, Kenzo Nambu (Kolase Berbagai Sumber)

Nikola Kovacevic: 2 kali main, 1 gol

Sudah dua pertandingan Liga 1, dan Kovacevic belum sekalipun absen. Gelandang bertahan asal Serbia ini langsung menjadi andalan coach Aidil Sharin Sahak. Statistiknya jadi bukti: 11 clearances, 15 intersep, 3 tekel dan 64 operan sukses. Tak lupa, Kovacvic bisa menjadi opsi pengirim ancaman berkat kemampuan memanfaatkan celah dan ruang. Ia bisa mempersulit PSM di laga ini.

Kenzo Nambu: 4 kali main, 2 gol

Konsisten dengan sepasang gol dari dua pertandingan membuat Kenzo kemungkinan tetap dipercaya untuk laga ini. Secara permainan, ia kurang menonjol. Gelandang asal Jepang tersebut hanya melepas total 18 operan sukses sejauh ini. Tapi kemampuan finishing membuatnya unggul ketimbang pemain lain. Kerap menyelinap di tengah kawalan, Kenzo siap membawa teror ke kotak penalti Persikabo.

4. Penyerang: Jose Varela - Everton Nascimento

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM: Duel Dua Gelandang Licin Pencari GolPenyerang Persikabo 1973, Jose Varela - Penyerang PSM Makassar, Everton Nascimento (Kolase Berbagai Sumber)

Jose Varela: 2 kali main

Jose Varela sudah bermain di dua pertandingan, dan belum ada gol atau asis yang ia ciptakan. Tapi, penyerang sayap asal Cape Verde ini mulai nyetel dengan barisan depan Laskar Padjajaran. Ia kerap mengancam dari sisi kanan lapangan lewat kecepatan dan aksi menusuk ke dalam kotak penalti.

Everton Nascimento: 4 kali main

Belum ada gol dilesakkan Everton dari seluruh pertandingan resmi yang ia mainkan sejauh ini. Lebih jauh, ia bahkan baru menciptakan satu peluang dari 171 menit penampilan. Agresivitas barisan depan Pasukan Ramang tak pelak jadi sorotan. Terlebih seluruh gol PSM sendiri bahkan datang dari gelandang!

Siapakah penentu hasil akhir duel di Pakansari? Saksikan pertandingan Persikabo 1973 versus PSM Makassar pada Jumat sore (14/7/2023), 16.00 WITA.

Baca Juga: 3 Pemain Baru PSM Makassar di Liga 1 Indonesia 2023-2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya