Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM, Andalkan Talenta Lokal

Siapa bisa mengantar timnya raih poin penuh di Pakansari?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar membawa misi perlebar jarak dengan para pesaing saat melawat ke markas Persikabo 1973 di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis petang (9/3/2023).

Anak asuh Bernardo Tavares akan berusaha memanfaatkan kekalahan Persib Bandung dan Persija Jakarta. Meski begitu, mereka masih harus dihadapkan pada krisis lini belakang dan jadwal padat yang menguras energi.

Tim tuan rumah sendiri berambisi perpanjang rekor positif selama tiga laga terakhir. Laskar Padjajaran tetap ingin percaya diri meski menantang sang pemuncak klasemen sementara. Bahkan, poin penuh pun diincar.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para pemain kunci dari masing-masing kubu. Mereka akan menjadi penentu hasil akhir laga ini.

Catatan: Statistik berdasarkan penampilan di Liga 1.

1. Kiper: Syahrul Trisna Fadil - Reza Arya Pratama

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM, Andalkan Talenta LokalKiper Persikabo 1973, Syahrul Trisna - Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama (Kolase Berbagai Sumber)

Syahrul Trisna Fadil: 13 kali main, 24 kebobolan

Meski pelatih kepala berganti dari Djadjang Nurdjaman ke Aidil Sharin Sahak, Syahrul Trisna tetap rutin mengawal gawang Persikabo. Kiper 27 tahun tersebut bahkan selalu menjadi starter dalam empat laga terakhir, menandakan Syahrul masih menjadi pilihan utama. Tapi, duel ini jelas akan menjadi ujian berat baginya.

Reza Arya Pratama: 28 kali main, 22 kali kebobolan

Meski pekan lalu kemasukan dua angka, Reza Arya masih catatkan diri sebagai kiper dengan catatan kebobolan paling sedikit. Dan itu dicapainya dengan total penyelamatan hanya 69 (2,46 per laga) dari 28 penampilan. Meski begitu, kiper 22 tahun tersebut akan "bekerja sendiri" lantaran Yuran Fernandes serta Erwin Gutawa harus absen.

2. Bek: Didik Wahyu - Agung Mannan

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM, Andalkan Talenta LokalBek Persikabo 1973, Didik Wahyu - Bek PSM Makassar, Agung Mannan (Kolase Berbagai Sumber)

Didik Wahyu: 20 kali main

Salah satu pemain andalan Persikabo di sektor belakang. Pemilik nomor punggung 13 tersebut memang terbilang "underrated" alias jarang dibicarakan. Padahal, penampilan Didik selalu konsisten. Ia sudah melakukan 23 tekel, 66 intersep, 47 clearances, sudah melakukan 21 pelanggaran dengan 6 kartu kuning.

Agung Mannan: 23 kali main

Minus Erwin dan Yuran yang absen akibat akumulasi kartu kuning, praktis tumpuan lini belakang PSM hanya pada Agung Mannan. Dengan grafik penampilan yang semakin menanjak, bek asal Pangkep tersebut bisa lebih percaya diri saat berduel. Ada 32 tekel, 56 intersep dan 39 clearances sudah ia lakukan sejauh ini.

3. Tengah: Manahati Lestusen - Akbar Tanjung

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM, Andalkan Talenta LokalGelandang Persikabo 1973, Manahati Lestusen - Gelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung (Kolase Berbagai Sumber)

Manahati Lestusen: 9 kali main

Sempat absen lama akibat cedera, Manahati sudah kembali mendapat satu tempat di daftar starter Persikabo. Ia masih seorang gelandang bertahan pekerja keras tak kenal kompromi. Ini bisa dilihat dari catatannya: 262 operan, 10 tekel, 24 intersep dan 12 clearances. Manahati bisa menjadi batu sandungan untuk agresivitas PSM.

Akbar Tanjung: 26 kali main, 3 asis

Ini dia salah satu pemain andalan Tavares di sektor tengah. Akbar ternyata bisa bermain taktis dan ngotot, mengejutkan banyak pihak yang sempat ragu pada kemampuannya. Pemain jebolan Villa 2000 ini sudah melepas 401 operan sukses (keenam terbanyak di PSM), 27 tekel, 44 intersep ditambah 20 clearances.

4. Depan: Dimas Drajad - Ramadhan Sananta

Antarlini Persikabo 1973 Vs PSM, Andalkan Talenta LokalStriker Persikabo 1973, Dimas Drajad - Striker PSM Makassar, Ramadhan Sananta (Kolase Berbagai Sumber)

Dimas Drajad: 16 kali main, 6 gol, 2 asis

Setelah menepi selama dua bulan akibat cedera lutut, Dimas akhirnya bisa mencetak gol kembali dalam kemenangan 1-2 atas PSS Sleman, 26 Februari silam. Pemilik nomor punggung 97 tersebut mulai menemukan ritme permainan ala Aidil Sharin. Jika tak dikawal dengan ketat, ia bisa merepotkan lini belakang PSM.

Ramadhan Sananta: 18 kali main, 9 gol, 2 asis

Meski tak ikut mencetak gol saat PSM menundukkan Persis, Sananta tetap bisa berkontribusi. Ia menciptakan asis terukur yang berbuah gol sundulan pembalik keadaan oleh Everton Nascimento. Bahkan ketika anak muda 20 tahun ini memulai laga sebagai pemain pengganti, dampaknya tetap terasa besar.

Siapa yang akan jadi penentu hasil akhir laga ini? Saksikan duel pekan ke-29 antara Persikabo 1973 versus PSM Makassar yang berlangsung pada Kamis petang ini (9/3/2023), pukul 18.00 WITA.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya