Alasan Wiljan Pluim Absen Lawan Persebaya, Bukan karena Cedera

Bernardo Tavares tak mau menjawab hal tersebut lebih rinci

Makassar, IDN Times - Tanda tanya besar muncul dari PSM Makassar. Dalam pertandingan pekan ke-9 BRI Liga 1 2023-24 kontra Persebaya Surabaya, Jumat kemarin (18/8/2023), Wiljan Pluim ternyata tidak diturunkan sejak menit pertama. Sangat berbeda dengan laga-laga sebelumnya.

Tanpa Pluim yang menyusun serangan sekaligus finisher mumpuni, sektor depan Juku Eja tampil kurang menggigit. Berbagai peluang memang bisa diciptakan, tapi bola masih melebar dari sasaran atau bisa dibaca oleh kiper Bajol Ijo yakni Andhika Ramadhani.

Baca Juga: Jalani Duel Alot, Persebaya Kalahkan PSM

1. Bernardo Tavares menyebut alasan absennya Pluim hanya bisa dijawab oleh manajemen PSM

Alasan Wiljan Pluim Absen Lawan Persebaya, Bukan karena CederaPemain Persebaya Song Ui-young melepaskan umpan dalam kawalan ketat pemain PSM Makassar pada laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat 18 Agustus 2023. (Dok. Ofisial Persebaya Surabaya)

Dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan berakhir, pelatih kepala PSM Makassar yakni Bernardo Tavares malah mengatakan hal mengejutkan. Pluim disebut bahkan tidak berlatih selama masa persiapan jelang duel klasik kontra Persebaya. Tapi, ia memilih tidak berbicara secara rinci alasannya.

"Ya, itu betul. Dia tidak bermain di pertandingan dan juga berlatih. Tapi ini pertanyaan yang harusnya diajukan ke pihak manajemen klub, kepada Pak Sadikin. Saya tidak punya jawabannya," ujar Tavares di hadapan awak media.

2. Pluim terakhir tampil dalam duel pekan ke-8 kontra Bali United, Jumat silam (11/8/2023)

Alasan Wiljan Pluim Absen Lawan Persebaya, Bukan karena CederaPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Mohammed Rashid (kiri) dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (11/8/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

Sang kapten tim Juku Eja tersebut terakhir bermain dalam laga pekan ke-8 versus Bali United yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat silam (11/8/2023). Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pluim memilih tinggal di Bali bersama keluarganya dan tidak ikut kembali ke Makassar.

Pluim juga sudah mangkir dari sesi latihan tim di Stadion Kalegowa Pallangga sejak hari Senin lalu (14/8/2023). Pemilik nomor punggung 80 tersebut jadi satu-satunya pemain asing yang tidak hadir untuk persiapan duel versus Persebaya.

3. Tanpa Pluim, Juku Eja kemungkinan kembali kurang menggigit dalam laga play-off AFC Cup

Alasan Wiljan Pluim Absen Lawan Persebaya, Bukan karena CederaDua pemain PSM Makassar, Kike Linares (kiri) dan Wiljan Pluim (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Selasa 27 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, spekulasi sempat muncul jika Pluim memang sengaja diparkir untuk menjaga mental bertanding dan kebugarannya. Ini tak lepas dari jadwal padat yang sempat ia dan rekan-rekan setim jalani. Tapi, pertanyaan terbaru Tavares menyiratkan alasannya sama sekali bukan itu.

Tanpa sang otak serangan, Pasukan Ramang berpotensi kewalahan dalam laga play off AFC Cup 2023-24 kontra Yangon United pada Rabu pekan depan (23/8/2023). Duel tersebut sangat krusial untuk menentukan langkah PSM untuk tampil lagi di ajang tingkat benua.

Baca Juga: Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Tambahan ke Pemain dan Pelatih Kiper PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya