Akbar Tanjung Perpanjang Kontrak Satu Tahun dengan PSM Makassar

Durasi masa baktinya ditambah satu musim lagi

Makassar, IDN Times - Akbar Tanjung, salah satu pilar sentral PSM Makassar, tetap berseragam merah marun untuk musim 2023-24. Penambahan masa kontraknya dikonfirmasi oleh situs resmi klub pada Rabu siang (16/5/2023), bertepatan dengan ulang tahun Akbar ke-30.

"Pemilik jersey bernomor punggung 45 ini menambah masa bakti di PSM Makassar selama semusim," demikian petikan pernyataan resmi dari manajemen terkait status jebolan tim PON DKI Jakarta tersebut.

1. Jadi salah satu pemain PSM tersibuk alias paling jarang absen musim lalu

Akbar Tanjung Perpanjang Kontrak Satu Tahun dengan PSM MakassarGelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung, selepas pertandingan BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. (Instagram.com/psm_makassar)

Akbar sendiri jadi salah satu pemain tersibuk dalam tim besutan Bernardo Tavares musim lalu. Mengawal pos gelandang bertahan, eks penggawa PSIM Yogyakarta itu tampil di 36 pertandingan ajang resmi. Waktu bermainnya mencapai 3.281 menit, atau terbanyak setelah kiper Reza Arya Pratama.

Pemilik postur 1,73 meter itu cuma mencetak satu gol musim lalu, sekaligus jadi torehan ketiga sepanjang kariernya. Tapi yang istimewa, gol semata wayang itu lahir di final Zona ASEAN AFC Cup 2022 ke gawang Kuala Lumpur City FC, yang menjadi pengalaman perdananya tampil di kompetisi antarklub internasional.

2. Menjadi breaker tangguh di lapangan tengah andalan Bernardo Tavares

Akbar Tanjung Perpanjang Kontrak Satu Tahun dengan PSM MakassarPesepak bola Persita Tangerang Fergonzi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makasar Akbar Tanjung (kanan) pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Senin (13/3/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Determinasi Akbar di atas lapangan menjadi kepingan pelengkap kedigdayaan PSM di Liga 1 2022-23. Bertugas sebagai gelandang pengangkut air, ia bisa membuat suporter benar-benar move on dari Marc Klok. Padahal, Akbar sempat mengundang keraguan banyak suporter kala baru diumumkan sebagai rekrutan baru.

Namun, ia bisa justru bisa menjelma jadi breaker tangguh tanpa kompromi. Lini tengah yang biasa ditempatinya bersama Muhamamd Arfan dan Ananda Raehan Alief jadi "penyaring" serangan lawan yang. Statistik Akbar pun mentereng yakni 32 tekel sukses, 59 intersep dan 24 clearances.

Baca Juga: PSM Amankan Kontrak 3 Kiper, Komposisi Pengawal Gawang Sudah Lengkap

3. PSM sejauh ini sudah mempertahankan 10 pemain dari musim lalu

Akbar Tanjung Perpanjang Kontrak Satu Tahun dengan PSM MakassarPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 versus PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

"Peran Akbar Tanjung nyaris tak tergantikan di jajaran Starting XI Pasukan Ramang. Mulai dari turnamen pramusim, AFC Cup dan Liga 1 2022/2023. Kontribusi besar Akbar Tanjung berujung pada gelar juara Liga 1 musim lalu," tutup pihak manajemen dalam pernyataannya.

Dengan ini, sejauh ini ada total 10 pemain dipastikan tetap membela Pasukan Ramang musim depan. Sembilan pemain lainnya adalah Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Reza Arya Pratama dan Harlan Suardi. Turut pula Muhammad Ardiansyah, Raka Octa Bernanda, Erwin Gutawa, serta Safrudin Tahar.

Baca Juga: Erwin Gutawa dan Safrudin Tahar Tetap di PSM Musim Depan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya