AFC Cup: Sabah FC Vs PSM, Beri yang Terbaik di Laga Pemungkas

Kans Pasukan Ramang melaju ke fase gugur sudah tertutup

Makassar, IDN Times - PSM Makassar melawat ke markas Sabah FC di Kinabalu, Malaysia, untuk partai terakhir penyisihan Grup H AFC Cup 2023/24, Kamis malam (14/12/2023). Apa pun hasil partai ini tidak lagi berpengaruh, karena kans Juku Eja melaju ke fase gugur sudah tertutup.

Meski begitu, bukan berarti PSM boleh menyerah begitu saja. Di tengah banyaknya pemain cedera, anak asuh Bernardo Tavares mesti memberikan penampilan terbaik di kandang lawan yang menjadi pemuncak klasemen sementara.

Baca Juga: Soroti Masalah Gaji PSM, Erwin Aksa: Ada yang Tidak Benar di Pengelola

1. PSM kemungkinan merotasi susunan pemain

AFC Cup: Sabah FC Vs PSM, Beri yang Terbaik di Laga PemungkasPara pemain PSM Makassar berselebrasi usai mencetak gol ke gawang tim asal Myanmar Yangon United saat pertandingan babak playoff AFC Cup 2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (23/8/2023). (Dok. Johannes P. Christo/Asian Football Confederation (AFC))

Meski berangkat ke Malaysia dengan persiapan seadanya, Bernardo Tavares mewanti-wanti anak asuhnya tetap bermain maksimal. Kondisi tim compang-camping pun dianggap bukan halangan untuk mewujudkannya.

"Kami tahu bahwa peluang kami tidak terlalu tinggi, tapi kami harus berusaha melakukan yang terbaik dengan materi yang kami miliki. Kami tahu bahwa skuad kami belum dalam kondisi 100 persen Banyak pemain yang cedera, tak kunjung sembuh," ujarnya dalam sesi jumpa pers pada Rabu kemarin (13/12/2023).

"Banyak pemain yang kami bawa juga tidak berada dalam performa yang kami inginkan. Tapi mereka akan memberikan yang terbaik, dan inilah yang perlu kami lakukan," sambung Tavares.

Pasukan Ramang sendiri kemungkinan memilih opsi rotasi pemain. Beberapa penggawa lapis dua berpotensi dipasang sebagai starter. Mulai dari gelandang Rasyid Bakri, bek muda Sandy Ferizal hingga striker pinjaman Borneo FC yakni Andy Harjito.

2. Sabah FC ingin tetap tancap gas dan siap menurunkan semua pemain andalan

AFC Cup: Sabah FC Vs PSM, Beri yang Terbaik di Laga PemungkasPara pemain Sabah FC merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 melawan Hougang United yang berlangsung di Likas Stadium, Kinabalu, Malaysia, Kamis 21 September 2023. (L4/Asian Football Confederation (AFC))

Di sisi lain, Ong Kim Swee selaku juru taktik Sabah FC tak ingin berleha-leha. Mereka tetap menurunkan para pilar andalan yang sedang dalam performa terbaik. The Rhinos enggan menyia-nyiakan potensi memetik poin sembari mantapkan posisi mereka di puncak klasemen.

"Meski sudah lolos ke babak selanjutnya, kami ingin melanjutkan momentum. Jadi penting bagi siapa pun yang dipilih untuk bermain untuk memberikan performa terbaiknya. Penting bagi kami untuk mempertahankan performa bagus ini dan kami tidak ingin kehilangan poin," paparnya dalam kesempatan terpisah.

Sabah sendiri kehilangan dua pemain yakni bek Gabriel Peres serta gelandang Gary Steven Robbat. Kendati demikian, mereka punya banyak opsi untuk mengisi pos yang kosong. Sebut saja Rawilson Batuil, Jafri Firdaus Chew, Hanafie Tokyo, Rizal Ghazali, ataupun gelandang asal Brasil yakni Telmo Castanheira.

3. Juku Eja dilibas lima gol tanpa balas oleh The Rhinos saat saling jajal pada Oktober 2023 lalu

AFC Cup: Sabah FC Vs PSM, Beri yang Terbaik di Laga PemungkasPesepak bola PSM Makassar Muhammad Rizky Pratama (bawah) menghadang pesepak bola Sabah FC Saddil Ramdani (atas) saat pertandingan Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (5/10/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt.

Berikut ini perkiraan pemain kedua tim :

Sabah FC (3-4-3)

Khairul Fahmi Che Mat (GK); Dominic Tan, Park Tae-soo, Rawilson Batuil; Rizal Ghazali, Stuart Wilkin, Miguel Angel Cifuentes, Daniel Ting; Saddil Ramdani, Darren Lok, Ramon Machado

PSM Makassar (3-5-2)

Muhammad Ardiansyah (GK); Sandy Ferizal, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Victor Dethan, Adil Nur Bangsawan, Akbar Tanjung, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama; Andy Harjito, Everton Nascimento

Catatan pertemuan terakhir :

05/10/2023 PSM 0-5 Sabah FC (AFC Cup)

Apakah Juku Eja berhasil menutup AFC Cup 2023-24 dengan memuaskan? Saksikan pertandingan Sabah FC kontra PSM Makassar pada Kamis malam ini (14/12/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Lawan Bhayangkara, Pelatih PSM: Pemain Belum Digaji Tiga Bulan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya