Comscore Tracker

AFC Cup: PSM Makassar Boyong 25 Pemain ke Kuala Lumpur

Grup H berlangsung pada 24 hingga 30 Juni mendatang

Makassar, IDN Times - Selepas memastikan diri lolos ke 8 besar Piala Presiden 2022, PSM Makassar kini mengalihkan fokus ke AFC Cup 2022. Mereka sudah berangkat ke Kuala Lumpur pada Senin pagi (20/6/2022) untuk menggeber persiapan.

Dalam rilis yang diterima IDN Times, pelatih kepala Bernardo Tavares memilih 25 pemain untuk skuat ajang tingkat benua. Di antaranya adalah seluruh pemain asing, plus lima jebolan akademi.

Selain itu, mereka cuma memboyong tiga kiper saja. Mereka yakni Reza Arya Pratama yang kini "naik pangkat" sebagai penjaga gawang utama, rekrutan anyar Harlan Suardi, serta Rivky Mokodompit.

Baca Juga: Lolos 8 Besar Pelatih PSM Puas dengan Intensitas Timnya

1. Bernardo Tavares meminta semua pihak memandang AFC Cup dengan realistis

AFC Cup: PSM Makassar Boyong 25 Pemain ke Kuala LumpurPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Berbicara tentang kans dan materi timnya, coach Tavares meminta seluruh pihak untuk lebih realitis. Dengan kondisi tim yang ditinggal banyak pemain inti, ia mengaku harus memaksimalkan potensi yang ada. Terlebih dua pesaing di Grup H disebut punya anggaran belanja lebih besar dari Juku Eja.

"Apa yang bisa saya katakan adalah saya senang dengan materi yang saya miliki sekarang. Tapi jika ada pemain-pemain berkualitas yang bisa kita datangkan, berikan saja pada saya," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga Piala Presiden lawan Persik, Minggu malam (19/6/2022).

"Kita memainkan pemain-pemain dengan menit bermain sangat sedikit di Liga 1. Atau bahkan belum ada, seperti pemain akademi dan rekrutan Liga 2. Lihat saja Kuala Lumpur City FC dan Tampines Rovers yang mungkin punya bujet sepuluh kali lipat dari kita," imbuh Tavares.

2. Dua pesaing disebut memiliki materi tim yang lebih matang

AFC Cup: PSM Makassar Boyong 25 Pemain ke Kuala LumpurSuasana latihan tim Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada 24 Februari 2022. (Instagram.com/klcityfootball)

Namun, Piala Presiden dan AFC Cup adalah dua ajang dengan intensitas berbeda. KL City FC dan Tampines sudah memanaskan mesin lebih dulu. Malaysia Super League serta Singapore Premier League dihelat sejak Maret lalu, sehingga materi tim mereka sudah terbangun matang. Terlebih dalam bursa transfer tengah musim, kedua tim itu tak banyak lakukan belanja pemain.

"Ibaratnya, jika saya mendapat telur dengan kualitas seperti itu (anggaran belanja lebih besar, red.), saya bisa membuat omelet yang bagus. Tapi yang bisa kita lakukan sekarang adalah lebih disiplin, mengorganisasikan permainan dengan baik, dan mencoba untuk mendapat hasil terbaik," kata Tavares.

Meski demikian, juru taktik 42 tahun itu tak mau Wiljan Pluim dkk langsung mengobar bendera putih tanpa perlawanan. "Akan selalu ada kejutan dalam sepak bola. Kita bisa bermimpi sampai ke sana," tandasnya.

3. Seluruh pemain asing dan lima jebolan akademi masuk dalam rombongan

AFC Cup: PSM Makassar Boyong 25 Pemain ke Kuala LumpurSkuat PSM Makassar berpose jelang laga kedua Grup D Piala Presiden 2023 melawan Persikabo 1973 di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, Rabu 15 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Pasukan Ramang akan menantang KL City FC pada Jumat pekan ini (24/6/2022), lalu ladeni perlawanan Tampines Rovers pada Senin depan (27/6/2022). Seluruh pertandingan Grup H berlangsung di Kuala Lumpur Stadium.

Berikut daftar pemain PSM Makassar untuk AFC Cup 2022.

Kiper : Reza Arya Pratama, Suardi Harlan, Rivky Mokodompit

Belakang : Dallen Doke, Yance Sayuri, Edgard Amping, Agung Mannan, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Ibnul Mubarak

Tengah : Muhammad Arfan, Bryan Cesar, Ananda Raehan Alif, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim, Akbar Tanjung, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri, Kenzo Nambu, Muhammad Dzaky Asraf, M. Rafly Asrul

Depan : Everton Nascimento, Ramadhan Sananta, Ricky Pratama

Baca Juga: PSM Makassar Gaet Kiper Muda Harlan Suardi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya