AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase Gugur

Masih ada dua pertandingan tersisa di penyisihan grup

Makassar, IDN Times - PSM Makassar masih menjaga asa untuk lolos ke semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2023-24. Ini berkat kemenangan 1-3 atas Hougang United pada partai matchday keempat yang berlangsung di Stadion Jalan Besar Singapura, Kamis lalu (9/11/2023).

Mengantongi dua kemenangan dan empat kali kalah, PSM kini bertengger di posisi tiga klasemen sementara Grup H dengan koleksi 6 poin. Perolehan poin tersebut sama dengan wakil Vietnam yakni Hai Phong FC yang sedang duduki peringkat kedua.

Baca Juga: AFC Cup: Buktikan Mental Asia! PSM Comeback Bekuk Hougang United

1. PSM Makassar masih harus menantang Hai Phong FC dan Sabah FC

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurPenyerang PSM Makassar Andy Harjito berusaha melindungi bola dari bek Hai Phong FC Dam Tien Dung dalam laga matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Lantas, bagaimana kans PSM untuk melaju ke fase gugur AFC Cup? Mereka masih harus melewati hadangan dua tim yang mengalahkan mereka pada awal kompetisi, yakni Sabah FC asal Malaysia serta tentu saja Hai Phong. Dan anak asuh Bernardo Tavares akan menghadapi mereka di sisa fase penyisigan grup.

Muhammad Arfan dan kawan-kawan akan menjamu Hai Phong FC di Bali pada 30 November mendatang. Lalu melawat ke Stadion Likas Kinabalu, markas Sabah FC, dalam duel pamungkas 14 Desember 2023.

2. Jika Sabah FC hanya satu kali menang, mereka tetap lolos sebagai juara grup

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurPara pemain Sabah FC berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSM Makassar saat pertandingan matchday kedua Grup H AFC Cup 2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (5/10/2023). (Dok. Johannes P. Christo/Asian Football Confederation (AFC))

Jika ingin lolos sebagai juara grup, PSM harus menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan. Skenario tersebut membuat total poin yang diperoleh menjadi 12 poin. Sedangkan para pesaing terdekat yakni Sabah FC atau Hai Phong FC maksimal cuma mengantongi 9 poin.

Lantas bagaimana jika ada satu laga yang berakhir imbang dan satu partai lainnya berhasil dimenangi? Langkah PSM akan semakin sulit sebab jumlah poin menjadi 10. Sedangkan Sabah FC tetap lolos dengan perolehan 12 angka dengan skenario cuma mengemas sekali menang dan sekali kalah dari dua laga tersisa.

3. Juku Eja harus menjadi juara grup, sebab peluang runner-up terbaik cukup sulit

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurDua pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes (kiri) dan Safrudin Tahar (kanan), merayakan gol ke gawang tim asal Singapura Hougang United dalam matchday ketiga AFC Cup 2023-24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 25 Oktober 2023. (Dok. Johannes P. Christo/Asian Football Confederation (AFC))

Sabah FC atau Hai Phong FC memang masih bisa terpeleset di akhir-akhir pacuan. Penampilan yang sedang menanjak jadi modal PSM untuk menjamu Hai Phong. Terlebih ada misi balas dendam yang diusung. Jika kalah di Bali dan menang saat menjamu Hougang United pada laga terakhir, jumlah poin The Red Tide adalah 9.

Kesimpulannya? Anak asuh Bernardo Tavares harus lolos dengan sebagai juara grup. Berharap status runner-up terbaik pun tidak menguntungkan. Ini lantaran Phnom Penh Crown FC (peringkat dua Grup F) dan Terengganu FC (peringkat dua Grup G) mengantongi koleksi poin lebih banyak.

Baca Juga: Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di Balikpapan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya