Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di Balikpapan

Stadion Gelora B.J. Habibie akan direnovasi mulai Desember

Makassar, IDN Times - PSM Makassar bakal kembali menjadi musafir sepanjang sisa musim 2023-24. Ini lantaran kandang mereka sejak musim lalu, Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, termasuk dalam 22 stadion yang akan direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Proses tendernya pun sudah dibuka sejak 27 Oktober 2023 lalu dan diumumkan melalui situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Anggaran yang disediakan sendiri mencapai Rp129 miliar dan berasal dari APBN 2023. Rencananya, pengerjaan arena berkapasitas 8 ribu penonton itu dimulai pada Desember mendatang.

1. Juku Eja harus berkandang di luar Sulsel lantaran Stadion GBJH segera jalani renovasi

Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di BalikpapanSuasana proses pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 2 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Lantaran satu-satunya stadion representatif di Sulsel segera jalani renovasi, PSM Makassar tengah menimbang-nimbang opsi kandang kedua. Nama Stadion Batakan Balikpapan pun kembali menguat. Ini terungkap dari sepucuk surat manajemen kepada Wali Kota Balikpapan yakni Rahmad Mas'ud.

Pada Selasa kemarin (8/11/2023), Sadikin Aksa selaku Direktur Utama PT. PSM resmi mengajukan permohonan penggunaan kandang Persiba Balikpapan tersebut. "Terhitung mulai bulan Februari 2024 hingga musim kompetisi berakhir pada April 2024," demikian petikan isi dalam salinan surat yang diterima IDN Times.

Meski demikian, manajemen masih menunggu lampu hijau dari Pemkot Balikpapan selaku pengelola Batakan. Terlebih Persiba juga masih menggunakan stadion tersebut pada babak penyisihan grup Liga 2 2023-24.

2. Opsi PSM berkandang di Balikpapan sempat mengemuka sebelum Liga 1 musim 2022-23 diputar

Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di BalikpapanDua pemain PSM Makassar, Muhammad Arfan (kiri) dan Rizky Eka Pratama (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Batakan Balikpapan pada 23 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Jika menilik ke belakang, Juku Eja pun sempat tertarik untuk menjadikan Batakan kandang kedua sejak nasib Mattoanging masih abu-abu. Salah satunya diutarakan oleh Munafri Arifuddin, yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT. PSM, dalam forum silaturahmi suporter pada April 2022.

"Saya pikir kalau di Kalimantan, ada keuntungannya karena pencinta PSM sangat banyak di wilayah itu, sehingga bisa menjadi rumah kedua," kata Munafri yang saat itu masih duduki posisi Direktur Utama.

Dalam kesempatan yang sama, Appi menyebut beberapa kota selain Balikpapan. Antara lain Samarinda, Tenggarong dan Bontang. Jika ditotal, ada 8 stadion yang tersedia di seluruh kota tersebut, dari Batakan sampai Mulawarman.

Baca Juga: Pelatih Bali United Soroti Rumput di Stadion BJ Habibie

3. Selain PSM Makassar, Borneo FC juga memilih Batakan sebagai kandang sementara hingga musim rampung

Jadi Musafir di Sisa Musim, PSM Siapkan Opsi Berkandang di BalikpapanTurnamen Liga Santri memperebutkan Piala Kasad Tahun 2022 zona Kalimantan resmi digelar di Stadion Batakan Balikpapan, Senin (20/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Di sisi lain, tak cuma PSM yang meraba kemungkinan akan berkandang di Batakan sepanjang sisa musim. Borneo FC Samarinda pun memlilih opsi yang sama lantaran kandang mereka, Stadion Segiri, juga akan segera jalani rehabilitasi. Meski begitu, masih ada Stadion Aji Imbut Tenggarong yang lebih dekat dari homebase kubu Pesut Etam.

Stadion Batakan yang terletak di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan, Kota Balikpapan, diresmikan pada September 2017. Arena berkapasitas 40 ribu penonton tersebut adalah salah satu dari sedikit stadion di Indonesia yang tidak memiliki trek lari.

Baca Juga: Melihat dari Dekat Jersey Khusus PSM Makassar untuk HUT ke-108, Keren!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya