AFC Cup: Buktikan Mental Asia! PSM Comeback Bekuk Hougang United

Sempat tertinggal, Juku Eja akhirnya menang dengan skor 1-3

Makassar, IDN Times - PSM Makassar membawa pulang poin penuh dari lawatan ke Singapura. Mereka menekuk Hougang United dengan skor 1-3 dalam laga matchday keempat Grup H AFC Cup 2023-24 yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Kamis malam (9/11/2023).

PSM bermain penuh hati-hati sepanjang 15 menit awal babak pertama lantaran lebih banyak tertekan. Para pemain Hougang United langsung mengepung pertahanan tim tamu lewat skema serangan dari kaki ke kaki. 

Meski begitu, PSM akhirnya bisa mendapat peluang on target pada menit ke-18. Manfaatkan kesalahan Kazuma Takayama, Adilson da Silva bisa merebut bola dan langsung melepas tendangan. Tapi bola mampu dihalau oleh kiper Hougang yakni Zaiful Nizam.

Empat menit berselang, giliran Dzaky Asraf yang mengancam. Kali ini lewat tembakan dari luar kotak penalti. Tapi percobaannya masih menyamping tipis dari sasaran.

Hougang bukannya tanpa peluang. Hazzuwan Halim melepas tembakan jarak dekat pada menit ke-23, manfaatkan blunder Yuran ketika berusaha membuang bola. Beruntung bek PSM yakni Safrudin berdiri tepat di jalur tembakan,

Menit ke-39, Hougang mencoba peruntungan lewat situasi bola mati. Bek Kazuma Takayama melepas tendangan bebas dari jarak yang cukup ideal. Sayangnya tidak berbuah gol.

PSM kembali mendapat peluang emas pada menit ke-43. Manfaatkan bola pantul Adilson, Muhammad Arfan melepas tembakan keras di dalam kotak penalti. Tapi kiper Zaiful bisa menepis bola.

Beberapa detik kemudian, sundulan Yuran yang menyambut sepak pojok Muhammad Arfan membentur mistar gawang. Upaya Adilson manfaatkan bola rebound malah terlalu tinggi dari sasaran.

Tembakan gelandang Hougang United, Shahdan Sulaiman, dari sudut sempit pada masa injury time jadi peluang terakhir di babak pertama. Skor imbang iringi kedua kubu masuk masa turun minum.

The Cheetahs langsung tancap gas saat babak kedua dimulai. Sepasang ancaman langsung mereka hadirkan ke gawang PSM yang dijaga Muhammad Ardiansyah. Masing-masing lewat Djordje Maksimovic dan Nazrul Nazari.

Tim tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-48. Umpan silang akurat kiriman Kazuma Takayama disambut dengan sundulan striker Djordje Maksimovic yang tak terkawal. Ini jadi gol ketiganya di fase penyisihan grup AFC Cup musim ini.

Namun, keunggulan Hougang United tak bertahan lama. PSM bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Diawali aksi solo run, Adilson da Silva mengirim umpan tarik ke Everton Nascimento. Tapi, bola malah membentur bek lawan yakni Abdil Qaiyyim dan berbelok ke gawang sendiri.

Skor 1-1 membuat Juku Eja seolah mendapt momentum. Menit ke-60, tendangan bebas kiriman Dzaky Asraf bisa disambut oleh Safrudin Tahar dengan kepalanya. Tapi bola sundulan tetap melebar.

Hougang pun masih mampu mengirim serangan, salah satunya pada menit ke-63. Sundulan jarak dekat Naoki Kuriyama yang merangsek maju bisa dihalau kiper Ardiansyah dengan kakinya.

Kiper Hougang, Zaiful Nizam, melakukan dua penyelamatan krusial. Menit ke-67, ia mengantisipasi tembakan spekulasi Kenzo Nambu dengan mudah. Empat menit kemudian, giliran sepakan jarak jauh Ricky Pratama yang ditepisnya.

Pasukan Ramang akhirnya membalikkan keadaan pada menit ke-72. Tak mendapat kawalan, Safrudin Tahar merangsek maju untuk menyambut sepak pojok Muhammad Arfan. Upayanya berhasil, bola bersarang telak ke gawang Hougang United.

Tertinggal 1-2, Hougang United enggan mengibar bendera putih. Mereka masih berusaha mengancam lewat skema serangan dari kedua sisi sayap. Tapi bek-bek PSM masih sigap dalam menjaga lini belakang.

PSM Makassar mengunci kemenangan tepat di menit terakhir waktu normal. Everton Nascimento melakukan solo run dengan melewati tiga pemain Hougang. Aksi individu tersebut kemudian ditutupnya dengan tendangan ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau kiper Zaiful Nizam.

Skor 1-3 terpampang saat wasit Pranjal meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Poin penuh membuat PSM kini mengoleksi poin yang sama dengan Sabah FC dan Hai Phong FC yakni 6 poin. Peluang mereka lolos ke fase gugur masih belum tertutup.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Hougang United (4-1-4-1)

Zaiful Nizam (GK); Kazuma Takayama, Naoki Kuriyama, Abdil Qaiyyim Mutalib, Jordan Vestering (Louka Tan-Vassiere, 85'); Amy Recha (Sahil Suhaimi, 68'); Shahdan Sulaiman, Hazzuwan Halim, Irwan Shah, Nazrul Nazari; Djordje Maksimovic

PSM Makassar (3-5-2)

Muhammad Ardiansyah (GK); Yuran Fernandes, Akbar Tanjung (Ananda Raehan Alief, 53'), Safrudin Tahar; Dzaky Asraf (Yance Sayuri, 80'), Daffa Salman, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu (Ricky Pratama, 68'), Rizky Eka Pratama (Yakob Sayuri, 53'); Adilson da Silva (Joao Pedro, 80'), Everton Nascimento

Baca Juga: AFC Cup: Hougang United Vs PSM, Jaga Kans Lolos dari Grup

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya