AFC Cup: Lao Toyota vs PSM, Saatnya Sempurnakan Langkah

Sanggupkah Juku Eja mencuri poin di Vientiane?

Selasa 14 Mei 2019, Vientiane - New Lao National Stadium, 20:30 WITA (Live Fox Sports)

Makassar, IDN Times - Di matchday terakhir babak penyisihan grup AFC Cup 2019, PSM bertamu ke markas Lao Toyota. Partai ini sebenarnya tak terlalu berpengaruh terhadap posisi masing-masing di papan klasemen sementara.

PSM yang kokoh di puncak Grup H sebetulnya sudah mengenggam satu tiket ke babak semifinal Zona ASEAN. Bahkan jika kalah di Vientiane--sementara Kaya FC-Iloilo berhasil menang di kandang Home United--mereka tetap tak goyah sebab unggul untuk urusan head-to-head.

Sementara itu, Lao Toyota terjerembap di posisi buncit. Mereka hanya sanggup mengumpulkan sebiji poin dari lima laga di helatan Asia. Namun, menatap laga ini, kedua kesebelasan rupanya menyimpan misi tersembunyi.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. PSM membidik kemenangan demi mengerek peringkat di rangking AFC

Darije Kalezic, pelatih PSM Makassar, berambisi kembali meraup poin penuh di Vientiane. Kemenangan disebut bakal mengerek posisi Pasukan Ramang di daftar ranking klub AFC. Sosok pelatih kelahiran Swiss tersebut rupanya ingin membantu reputasi bal-balan nasional. Jika PSM sanggup melaju jauh, jatah tiket Liga 1 untuk Liga Champions Asia dan AFC Cup batal dikurangi.

"Kemenanganlah yang bisa membantu tim ini mendapat poin AFC. Kita juga bisa membantu citra sepak bola Indonesia," ungkap Kalezic dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada hari Senin (13/5/2019) kemarin.

PSM sendiri bertandang tanpa sejumlah pilar andalan, yakni Wiljan Pluim, Eero Markkanen, Zulham Zamrun, M Rahmat dan Rizky Pellu. Rotasi besar-besaran tampaknya bakal terjadi di lini depan dan tengah. Sementara itu di sektor belakang, Taufik Hidayat absen akibat akumulasi kartu. Namun bek tengah Abdul Rahman sudah kembali sanksi kartu merah dan siap kembali diturunkan.

2. Jun Fukuda, pelatih Lao Toyota: Kami sudah belajar banyak dari pertemuan pertama

Sementara itu, sang tuan rumah mengaku tak gentar dengan PSM. Kendati berstatus sebagai juru kunci klasemen, itu tak menghalangi mereka membidik kemenangan demi menutup kampanye AFC Cup mereka dengan gemilang.

"Kami sudah berlatih keras sebelum pertandingan ini. Kami semua sudah bertekad untuk meraih kemenangan. Kami sudah belajar banyak dari kesalahan pertemuan pertama, memperbaiki dan meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan," tandas pelatih Lao Toyota, Jun Fukuda, juga dalam kesempatan yang sama.

Setelah dicukur 7-3 pada pertemuan pertama, Kazuo Honma cs disebut sudah mengevaluasi penampilan mereka. Kekalahan telak 5-1 dari Kaya FC-Iloilo di matchday kelima AFC Cup turut gandakan motivasi. Lebih jauh, juru taktik asal Jepan tersebut mengharapkan dukungan langsun dari para suporter demi mendongkrak rasa percaya diri.

Baca Juga: Abdul Rahman, Si Perantau yang Kembali ke Kampung Halaman

3. PSM bertandang tanpa sejumlah pilar utama, termasuk sang ujung tombak andalan Eero Markkanen

AFC Cup: Lao Toyota vs PSM, Saatnya Sempurnakan Langkahthe-afc.com

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Lao Toyota (4-3-3) :

Outthilath Nammakhoth; Saison Khounsamnan, Victor Amaro, Ketsada Saouksavanh, Bounphithak Chanthalangsy; Soma Otani, Manolom Phetphakdy, Phoutdavy Phommasane; Somsavanth Sophabmixay, Kazuo Honma, Rafael de Sa Rodrigues

PSM (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman Sulaeman, Aaron Evans, Reva Adi Utama; Marc Klok, Asnawi Mangkualam Bahar; Rasyid Bakrie, Bayu Gatra, Saldy Amiruddin; Guy Junior

4. Lao Toyota belum sekalipun merasakan kemenangan di Grup H AFC Cup 2019

AFC Cup: Lao Toyota vs PSM, Saatnya Sempurnakan Langkahthe-afc.com

Catatan pertemuan terakhir :

13/3/2019 PSM 7-3 Lao Toyota (AFC Cup)

Empat pertandingan terakhir Lao Toyota :

30/4/2019 Kaya FC-Iloilo 5-1 Lao Toyota (AFC Cup)

17/4/2019 Lao Toyota 2-3 Home United (AFC Cup)

7/4/2019 Master 7 2-4 Lao Toyota (Laos Premier League)

2/4/2019 Home United 1-0 Lao Toyota (AFC Cup)

Empat pertandingan terakhir PSM :

3/5/2019 PSM 2-0 Bhayangkara FC (Piala Indonesia)

30/4/2019 PSM 3-2 Home United (AFC Cup)

27/4/2019 Bhayangkara FC 4-2 PSM (Piala Indonesia)

17/4/2019 Kaya FC-Iloilo 1-2 PSM (AFC Cup)

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya