6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah Telur

Bek Timnas Filipina Kike Linares juga akhirnya jalani debut

Makassar, IDN Times - Para pemain dan suporter PSM Makassar kembali tersenyum lebar di pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24. Pasalnya, Juku Eja bisa kembali berpesta. Mereka menekuk Arema FC dengan skor telak 3-0 saat saling jajal di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat pekan lalu (20/10/2023).

Ada beberapa catatan istimewa dari duel tersebut. Mulai dari dua striker yang akhirnya bisa membuka keran gol, hingga debut para bek yang direkrut pada bursa transfer awal musim. Berikut IDN Times menyajikannya untuk pembaca.

Baca Juga: Menang 3-0, Pelatih PSM Sebut Timnya Bisa Cetak Lebih Banyak Gol

1. Kemenangan pertama Pasukan Ramang dalam lima laga terakhir

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurStriker PSM Makassar, Adilson da Silva, merayakan gol yang ia cetak ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Kemenangan tiga gol tanpa balas atas Singo Edan ini memutus catatan buruk PSM yang tak pernah menang selama tiga laga beruntun di Liga 1. Terakhir kali mereka meraih poin penuh yakni pada 15 September 2023, saat Barito Putera dibekuk 2-0.

Tak cuma itu, puasa kemenangan sepanjang lima partai di semua kompetisi turut berakhir. Pada ajang AFC Cup, PSM belum memetik poin satupun. Mereka dihajar Hai Phong FC dengan skor 3-0 (matchday pertama, 21 September 2023), lalu dicukur Sabah FC lima gol tanpa balas (matchday kedua, 5 Oktober 2023).

2. Kiper Reza Arya Pratama akhirnya kembali catatkan clean sheet

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurAksi kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam pertandingan lawan Arema FC di pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Kiper Reza Arya Pratama juga kembali catatkan clean sheet alias nirbobol pada laga tersebut. Sepanjang pertandingan, ia juga melakukan enam kali penyelamatan krusial. Mayoritas ancaman tersebut berasal dari skema bola mati Arema FC.

Terakhir kali Reza Arya catatkan clean sheet yakni di laga pekan ke-12 kontra Barito Putera, saat PSM menang 2-0. Pemilik nomor punggung 20 tersebut memang "babak belur" dalam lima laga terakhir di semua ajang. Gawangnya kebobolan sebanyak 13 kali, atau rata-rata mencapai 2,6 gol per laga.

3. Gol pertama dan kedua striker Adilson da Silva di pentas Liga 1

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurMomen saat striker PSM Makassar, Adilson da Silva, mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Setelah menanti selama 15 pertandingan, penyerang asal Portugal tersebut membuka keran golnya di Liga 1 dengan mencetak dua gol dalam partai melawan Arema FC. Masing-masing pada menit ke-42 dan ke-84, dan semuanya tercipta melalui skema umpan terobosan kiriman Ananda Raehan Alief dan Ricky Pratama.

Meski begitu, brace tersebut bukan yang pertama bagi Adilson untuk Juku Eja musim ini. Eks penyerang Real Sport Clube itu sebelumnya sudah menyarangkan sepasang gol ke gawang Yangon United pada kualifikasi AFC Cup 2023-24.

4. Gol perdana dalam karier profesional Ricky Pratama

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurStriker PSM Makassar, Ricky Pratama (tengah), merayakan gol yang ia cetak ke gawang Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Striker muda Ricky Pratama menutup pesta kemenangan PSM atas Arema FC pada masa injury time. Melalui skema serangan balik, ia bisa mengelabui empat pemain lawan sebelum menutup aksi individunya dengan gol cantik dari luar kotak penalti.

Gol tersebut jadi yang pertama dalam karier profesional Ricky sejak promosi ke tim senior musim lalu. Jika ditotal, pemuda asal Kabupaten Sidoarjo butuh 21 pertandingan dan 643 menit untuk menjebol gawang lawan. Selain itu, striker 20 tahun jebolan PSM U-19 tersebut ternyata tetap fasih jalani peran sebagai penyerang tunggal.

5. Debut bek tengah Kike Linares bersama PSM di Liga 1

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurBek PSM Makassar, Kike Linares, setelah pertandingan Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Kike Linares akhirnya mencicipi atmosfer Liga 1 alias jalani debut. Dalam laga kontra Arema FC, ia turun pada menit ke-87 mengganti Adilson da Silva yang mengalami cedera usai mencetak gol kedua. Bek Timnas Filipina tersebut langsung mendapat sambutan tepuk tangan yang riuh dari suporter yang hadir.

Meski begitu, ini bukan penampilan pertama Kike bersama PSM Makassar. Pemilik postur 1,87 meter tersebut sudah pernah dimainkan dalam dua pertandingan babak penentuan wakil Indonesia di kualifikasi AFC Champions League 2023-24 melawan Bali United.

6. Debut full back Sandy Ferizal bersama PSM Makassar

6 Catatan Istimewa PSM usai Bekuk Arema, Dua Striker Pecah TelurBek PSM Makassar, Sandy Ferizal, setelah pertandingan Arema FC pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Tak cuma Kike, Sandy Ferizal juga akhirnya diberi kesempatan merumput oleh pelatih kepala Bernardo Tavares. Ia turun sebagai pengganti winger Dzaky Asraf pada menit ke-90+2, untuk menambah kekuatan di lini belakang.

Full back jebolan Barito Putera U-19 tersebut direkrut pada akhir masa bursa transfer tengah musim. Sebelum pertandingan ini, Sandy hanya tiga kali masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP). Debut tersebut kian istimewa sebab ia berhadapan dengan Arema FC, tim asal kota kelahirannya.

Dua pemain bisa pecah telur, dan dua pemain mendapat debut. Akankah ada kejutan lainnya jelang putaran pertama berakhir?

Baca Juga: Pelatih PSM Singgung Kompetisi Sepak Bola di Indonesia Sedikit

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya