Menang 3-0, Pelatih PSM Sebut Timnya Bisa Cetak Lebih Banyak Gol

PSM melepaskan 11 tembakan dan enam shots on target

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, semringah lantaran timnya bisa mengakhiri tren buruk dalam lima laga terakhir. Juku Eja mengalahkan Arema FC tiga gol tanpa balas, di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat malam (20/10/2023).

Adilson da Silva menjadi sorotan di partai tersebut. Tak cuma mampu membuka keran golnya di Liga 1, tapi juga menjebol gawang Singo Edan sebanyak dua kali. Meski begitu, Tavares menyebut anak asuhnya masih bisa mencetak lebih banyak gol.

"Seharusnya kita bisa menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Tapi seperti yang sudah kalian lihat, kita hanya bisa mencetak satu gol," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga rampung.

Baca Juga: Dibantai PSM, Pelatih Arema FC Keluhkan Kualitas Pemain Cadangan

1. Meski jumlah peluang kedua tim berimbang, PSM mampu mengonversi peluang emas

Menang 3-0, Pelatih PSM Sebut Timnya Bisa Cetak Lebih Banyak GolAksi striker PSM Makassar, Adilson da Silva, dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 melawan Arema FC di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Jumat 20 Oktober 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Juku Eja kembali memperlihatkan permainan efektif yang menjadi ciri khas mereka sejak musim lalu. Tim tuan rumah hanya kebagian 28 persen penguasaan bola, di saat Arema mencapai 72 persen sebab kembali menerapkan taktik possession ball.

Jumlah peluang kedua kubu sendiri ternyata berimbang. PSM melepas 11 tembakan, di mana enam mengarah ke gawang yang dikawal kiper Julian Schwarzer. Arema juga catatkan 6 shot on target dari total 12 percobaan.

Kredit juga layak disematkan pada bek-bek PSM. Trio Daffa Salman - Yuran Fernandes - Safrudin Tahar tampil solid dalam memotong aliran bola winger Arema yang ditujukan pada duo striker Dedik Setiawan - Gustavo Almeida. Kiper Reza Arya juga moncer dengan lakukan enam kali penyelamatan.

2. Kemenangan ini dipersembahkan kepada para pemain yang sedang mengalami masa sulit

Menang 3-0, Pelatih PSM Sebut Timnya Bisa Cetak Lebih Banyak GolSalah satu momen laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Arema FC di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Jumat 20 Oktober 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares mempersembahkan kemenangan ini kepada para pemain yang baru saja kehilangan anggota keluarga. Salah satunya adalah Ananda Raehan Alief, gelandang muda yang bermain selama 90 menit dan menyumbang satu asis untuk gol pembuka PSM.

"Saya mendedikasikan kepada pemain-pemain kita yang telah bekerja keras dan bahkan di masa-masa sulit pun. Seperti Arfan yang kehilangan kakeknya dan Ananda yang kehilangan ibunya, dan juga badai cedera yang ada di dalam tim," ujarnya.

"Saya juga mendedikasikan kemenangan ini kepada suporter kita yang memberikan dukungan yang luar biasa sehingga menciptakan atmosfer yang luar biasa, mulai menit pertama hingga akhir memberikan energi ekstra kepada pemain-pemain," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

3. Cetak gol pertama dalam kariernya, Ricky mendedikasikan poin penuh ke para suporter

Menang 3-0, Pelatih PSM Sebut Timnya Bisa Cetak Lebih Banyak GolStriker PSM Makassar, Ricky Pratama, dalam sesi jumpa pers selepas laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 kontra Arema FC pada Jumat 20 Oktober 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Senada dengan sang pelatih, striker  Ricky Pratama juga mempersembahkan tiga poin kepada para suporter yang kembali datang ke Parepare. Anak muda 20 tahun tersebut ikut catatkan nama di papan skor berkat gol cantiknya pada masa injury time. Ini jadi gol profesional pertama Ricky sejak promosi ke tim utama musim lalu.

"Kemenangan ini merupakan kerja keras pemain dan kita mempersiapkan semua dengan baik di akhir-akhir ini dan terima kasih kepada suporter yang datang dan mendukung kami," ungkap striker asal Sidoarjo tersebut.

Saat ini PSM bertengger di peringkat 10 klasemen sementara dengan perolehan 21 poin. Selanjutnya mereka akan bertandang ke Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai tamu RANS Nusantara FC pada pekan ke-17, Senin 30 Oktober 2023.

Baca Juga: Pelatih PSM Singgung Kompetisi Sepak Bola di Indonesia Sedikit

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya