5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada Klub

Semuanya terakhir bermain di klub-klub Liga 1

Makassar, IDN Times - Meski kompetisi sedang libur, aktivitas klub-klub Liga 1 tak ikut berhenti. Seiring dibukanya jendela transfer awal musim, manajemen 18 tim kasta teratas sedang sibuk melakukan negosiasi dengan para pemain buruan.

PSM Makassar juga demikian. Meski terlihat adem ayem, Juku Eja punya kebiasaan mengumumkan seluruh rekrutan sekaligus. Salah satu yang jadi perhatian adalah legiun asing. Selain Wiljan Pluim, tiga lainnya bisa dibilang underperform. Nah, bursa transfer jadi saat yang tepat untuk kembali berburu pemain berpaspor luar negeri.

Berikut IDN Times menyusun daftar pendek 5 pemain asing berstatus free agent alias tanpa klub yang bisa jadi bidikan PSM. Sektor depan sendiri memang dirundung masalah ketajaman sepanjang musim lalu. Sebagai catatan, semuanya terakhir bermain untuk klub-klub Liga 1.

1. Ezechiel N'Douassel

5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada KlubPemain Bhayangkara FC Ezechiel N'Douassel pada sesi latihan di Stadion R. Maladi Sriwedari Solo pada 12 Oktober 2021. (Instagram.com/bhayangkarafc)

Harga pasaran : Rp5,04 miliar

Membuka daftar ini adalah Ezechiel N'Douassel, eks penggawa Bhayangkara FC. Kontrak pemain asal Mali itu sudah habis sejak 1 April lalu. Penyerang 33 tahun tersebut kini jadi buruan banyak klub lantaran performa moncernya bersama The Guardian musim lalu.

Pada Liga 1 2021/22, King Eze mencetak 11 gol dan sebiji asis dari 22 pertandingan yang ia lakoni. Mantan pemain Persib Bandung tersebut juga dikenal bisa beroperasi di sisi sayap, serta punya kemampuan positioning di atas rata-rata.

2. Alex Gonçalves

5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada KlubAlex Goncalves dalam sebuah sebuah sesi latihan Persita Tangerang pada Oktober 2021. (Instagram.com/persita.official)

Harga pasaran : Rp3,87 miliar

Alex Gonçalves hanya setengah musim bersama Persita Tangerang. Namanya dicoret pada 29 Desember 2021 setelah berdamai dengan klub lamanya yakni PS Tira-Persikabo (kini Persikabo 1927). Praktis ia tak lagi beraktivitas di dunia bal-balan selama nyaris empat bulan. Saat berseragam Pendekar Cisadane, penyerang asal Brasil itu tampil di 5 laga, mencetak masing-masing 1 gol plus 1 asis.

Alex sendiri dikenal sebagai striker tajam Persela Lamongan musim 2019. Jika ditotalkan, catatan jebolan tim junior Grêmio tersebut selama berkarier di Indonesia cukup mentereng. Bermain 37 kali, lesakkan 19 gol dan ciptakan 7 asis.

3. Bruno Silva

5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada KlubPemain PSIS Semarang, Bruno Silva setelah membobol gawang PSM Makassar di laga pekan ke-13 Seri ke-3 Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, Senin (22/11/2021). (dok. PSIS)

Harga pasaran : Rp3,48 miliar

Harus diakui, kisah Bruno Silva dan PSIS Semarang tak berakhir baik. Bruno yang terlibat masalah indisipliner dan bersitegang dengan manajemen kemudian dicoret jelang putaran kedua musim 2021/22. Selain itu, ia sempat ribut dengan rekan setimnya plus mangkir dari sesi latihan. Bukan penutup bahagia untuk kisah yang berlangsung sejak musim 2018.

Namun, tak menutup fakta bahwa striker 31 tahun itu punya kemampuan mengagumkan. Bruno adalah pemain yang lincah, dibekali kemampuan positioning serta finishing apik. Bahkan di musim terakhirnya bersama Laskar Mahesa Jenar, ia masih sempat menyarangkan 4 gol dari 12 penampilan.

Sejak merumput di Indonesia pada 2018, Bruno sudah menyumbang 26 gol dan 14 asis dari 56 penampilan untuk PSIS.

Baca Juga: PSM Pilih Benardo Tavares Demi Hilangkan "Aroma" Belanda

4. Ivan Carlos

5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada KlubIvan Carlos saat masih berseragam Persela Lamongan di putaran pertama Liga 1 2021/22. (Instagram.com/perselafc)

Harga pasaran : Rp3,10 miliar

Ivan Carlos cuma tampil setengah musim. Ia didepak jelang putaran kedua musim lalu lantaran performanya tak kunjung moncer. Pemilik postur 1,85 meter tersebut cuma 4 kali menjebol gawang lawan dari 14 penampilan untuk Laskar Joko Tingkir.

Catatan Ivan di pentas Liga 1 sebenarnya tak jelek-jelek amat. Ia sudah pernah memperkuat Persela di putaran kedua ISC 2016 dan Liga 1 2017. Kemudian sempat berseragam Persija Jakarta untuk putaran pertama Liga 1 2018. Dari 44 kali tampil untuk dua klub tersebut, bisa mencetak 19 gol.

5. Nemanja Kojic

5 Striker Asing Ini Bisa Dibidik PSM, Mumpung Mereka Belum Ada KlubNemanja Kojic saat masih berseragam PSS Sleman di putaran pertama Liga 1 2021/22. (Instagram.com/pssleman)

Harga pasaran : Rp1,55 miliar

Nemanja Kojic sudah berstatus tanpa klub sejak dilepas PSS Sleman pada 25 Desember 2021. Striker berpaspor Serbia tersebut mencetak 3 gol dan 3 asis dalam 11 penampilan bersama Elang Jawa. Catatan milik mantan pemain Timnas Serbia U-21 tersebut terbilang cukup impresif.

Selain bisa didapuk sebagai ujung tombak, pemain 32 tahun itu bisa ditempatkan ke posisi second striker dan winger kanan. Lantaran serba bisa, Kojic bisa leluasa menjelajah sektor pertahanan lawan untuk mencari ruang dan peluang.

Nah, dari kelimanya, kira-kira siapa yang cocok untuk PSM Makassar?

Baca Juga: 3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya