3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16

TC berlangsung pada 15-25 April di Stadion Madya GBK

Makassar, IDN Times - Tiga pemain PSM Makassar U-16 mendapatkan kesempatan unjuk gigi di Timnas Indonesia. Mereka dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-16 jelang Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala AFC U-17.

Dilansir oleh situs resmi PSSI pada Rabu (14/3/2022), mereka yang terpilih yakni bek Sulthan Zaky Pramana, striker Arjuna Tri Wahyudi serta penyerang Adit Wijaya Putra. Ketiganya ikut andil dalam keberhasilan menjadi juara kompetisi Elite Pro Academy (EPA) U-16 tahun lalu.

Baca Juga: PSM Pilih Benardo Tavares Demi Hilangkan "Aroma" Belanda

1. Hasil pantauan tim pelatih di ajang-ajang yang dihelat PSSI

3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16Aksi bek PSM Makassar U-16 Sulthan Zaky di salah satu laga putaran kedua Grup A turnamen usia muda Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Bima Sakti selaku pelatih kepala Timnas U-16 menyebut trio Ramang Muda, bersama 40 pemain lainnya, adalah hasil pantauan tim pelatih di beberapa ajang seperti Piala Soeratin U-15, EPA ditambah beberapa seleksi regional yang dilakukan langsung oleh Asprov-asprov PSSI.

"Mereka adalah talenta-talenta yang mungkin belum terpantau sebelumnya. Kami akan berusaha untuk mencapai tujuan, yaitu membentuk tim U-16 masa depan. Kami juga terus menerus melaporkan perkembangan TC setiap hari, sambil meminta arahan dari Ketum untuk kelancaran TC," kata Bima Sakti.

2. PSM U-16 mengutus kapten tim, serta pemain terbaik dan top skorer EPA U-16 2021

3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16PSM Makassar U-16 saat berhadapan dengan Arema FC di seri pertama Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Sebelumnya, dalam TC U-16 pada Maret silam, cuma ada dua pemain yang dipanggil yakni Sulthan Zaky dan Arjuna. Sehingga pemusatan latihan April ini jadi pengalaman pertama Adit Wijaya. Sebelumnya, jumlah pemain yang mengikuti pemusatan latihan di Jakarta bulan lalu cuma 34 dari 40 nama yang dipilih Bima Sakti cs.

Di skuad Ramang Muda, Sulthan Zaky menjabat sebagai kapten tim. Sang stopper tak pernah absen saat tampil di ajang EPA U-16 2021, termasuk partai final melawan Persib.

Arjuna Tri Wahyudi menyabet gelar Pemain Terbaik di ajang tersebut, kemudian status Top Skorer disabet Adit Wijaya Putra berkat torehan 11 golnya.

3. AFC Cup U-16 rencananya dihelat pada Agustus mendatang

3 Pemain PSM Makassar Dipanggil ke TC Timnas U-16Pelatih kepala Bima Sakti saat memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-16 di Jakarta International Stadium pada Maret 2022. (Dok. PSSI.org)

TC ini rencananya diadakan di Stadion Madya GBK Jakarta dari hari Jumat ini (15/5/2022) hingga 25 April mendatang. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan agar para pemain tak mengendurkan semangat dan kerja keras meski sebagian sedang berpuasa.

"Para pemain juga harus kerja keras, disiplin, fokus demi meningkatkan mental, skill, fisik, dan performa mereka selama pemusatan latihan," katanya dalam keterangan tertulis.

Indonesia akan menjadi tuan rumah AFF Cup U-16 edisi 2022 yang rencananya bergulir pada 6-20 Agustus mendatang.

Baca Juga: Arema FC Resmi Gaet Dua Eks PSM, Hasim Kipuw dan Ilham Udin

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya