Comscore Tracker

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan Kontainer

Pertandingan Piala Dunia 2022 digelar di lima kota di Qatar

Makassar, IDN Times - Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar segera bergulir. Ajang sepak bola antar negara empat tahunan itu dijadwalkan berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Sebanyak 32 negara akan bersaing meraih piala yang dibawa pulang Prancis dari Piala Dunia 2018 di Rusia. Ini merupakan Piala Dunia kedua digelar di Asia, setelah Korea-Jepang jadi tuan rumah bersama di 2022.

Pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar bakal digelar di delapan stadion. Stadion tersebut tersebar di lima kota, yakni Doha, Lusail, Al Khor, Al Rayyan, dan Al Wakrah.

Untuk menyambut Piala Dunia 2022, mari kita simak deretan stadion di Qatar yang jadi venue. Berikut daftarnya dan fakta-fakta terkait, diktuip dari laman FIFA.

Baca Juga: 5 Pelatih Debutan di Piala Dunia 2022, Ada Luis Enrique

1. Stadium 974

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerStadium 974 di Doha, Qatar. (fifa.com)

Stadion 974 akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Yakni enam pertandingan grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

Stadion ini menawarkan pemandangan cakrawala tepi laut Doha. Stadion dibangun dengan struktur kontainer bersertifikat standar dan elemen baja modular, menggambarkan sejarah industri Doha. Hasilnya adalah arena yang khas, penuh warna, dan modern.

Konsep stadion ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects. Desain modular stadion berarti lebih sedikit bahan bangunan normal yang dibutuhkan daripada dalam pengembangan stadion tradisional, sehingga membantu menekan biaya konstruksi. Kapasitasnya 40 ribu penonton.

Pertandingan Piala Dunia

22 November Grup C: Meksiko v Polandia

24 November Grup H: Portugal v Ghana

26 November Grup D: Prancis v Denmark

28 November Grup G: Brasil v Swiss

30 November Grup H: Polandia v Argentina

01 Desember Grup G: Serbia v Swiss

05 Desember Babak 16 besar: 1G v 2H

2. Khalifa International Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerKhalifa International Stadium di Qatar. (fifa.com)

Stadion Internasional Khalifa di Al Rayyan akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Ada enam pertandingan grup, satu pertandingan babak 16 besar, pertandingan tempat ke-3.

Stadion ini didesain dengan lengkungan ganda yang dibangun ulang dengan integrasi sistem pendingan udara untuk Piala Dunia. Dengan fasad baru, stadion ini bisa menampung 50.450 penonton. 

Dibangun pada tahun 1976, Stadion Internasional Khalifa telah menjadi tuan rumah Asian Games, Piala Teluk Arab dan Piala Asia AFC. Pada tahun 2019, stadion ini menjadi tuan rumah Kejuaraan Atletik Dunia IAAF, bersama dengan pertandingan selama Piala Dunia Klub FIFA Qatar 2019.

Pertandingan Piala Dunia

21 November Grup B: Inggris v Iran

23 November Grup E: Jerman v Jepang

25 November Grup A: Belanda v Ekuador

27 November Grup F: Kroasia v Kanada

29 November Grup A: Ekuador v Senegal

1 Desember Grup E: Jepang v Spanyol

3 Desember Putaran 16: 1A v 2B

Juara 3 Desember 17

3. Lusail Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerLusail Stadium di Doha, Qatar. (fifa.com)

Stadion Nasional Lusail di Doha akan menjadi tuan rumah sepuluh pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Ada enam pertandingan grup, satu pertandingan di setiap tahap sistem gugur, serta partai final.

Desain stadion terinspirasi oleh interaksi cahaya dan bayangan yang menjadi ciri lentera 'fanar'. Bentuk dan fasad Lusail menggemakan motif dekoratif yang rumit pada mangkuk dan bejana lain yang menjadi ciri zaman keemasan seni dan keahlian di dunia Arab dan Islam.

Pertandingan Piala Dunia

22 November Grup C: Argentina v Arab Saudi

24 November Grup G: Brasil v Serbia

26 November Grup C: Argentina v Meksiko

28 November Grup H: Portugal v Uruguay

30 November Grup C: Arab Saudi v Meksiko

2 Desember Grup G: Kamerun v Brasil

5 Desember Babak 16 besar: 1H v 2G

9 Desember Perempat final: W49 v W50

13 Desember Semifinal: W57 v W58

Final 18 Desember

4. Al Janoub Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerAl Janoub Stadium di Al Wakrah, Qatar. (fifa.com)

Stadion Al Janoub di Al Wakrah akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Masing-masing, enam pertandingan grup, dan  satu pertandingan babak 16 besar.

Desainnya terinspirasi oleh layar perahu dhow tradisional, sebagai penghormatan kepada pelayaran Al Wakrah di masa lalu. Sistem pendingin yang inovatif dan atap yang dapat dibuka membuat stadion akan digunakan sepanjang tahun.

Stadion ini diresmikan pada 16 Mei 2019 saat menjadi tuan rumah final Piala Amir 2019. Stadion ini dirancang oleh AECOM dan Zaha Hadid Architects.

Taman Al Janoub, di dalam kawasan, dibuka pada Februari 2020. Taman ini memiliki jalur bersepeda dan lari, area bermain anak-anak, dan ruang hijau lainnya. Nantinya, akan ada pasar dan fasilitas masyarakat, termasuk masjid dan sekolah.

Pertandingan Piala Dunia

22 November Grup D: Prancis v Australia

24 November Grup G: Swiss v Kamerun

26 November Grup F: Tunisia v Australia

28 November Grup G: Kamerun v Serbia

30 November Grup D: Australia v Denmark

1 Desember Grup H: Ghana v Uruguay

5 November Babak 16: 1E v 2F

5. Al Bayt Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerAl Bayt Stadium di Al Khor, Qatar. (fifa.com)

Stadion Al Bayt di Al Khor akan menjadi tuan rumah sembilan pertandingan selama Piala Dunia FIFA, Yakni lima pertemuan grup, termasuk pembukaan, serta tiga pertandingan sistem gugur.

Stadion ini dinamai dari sejarah 'bayt al sha'ar', tenda yang secara historis digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan wilayah Teluk. Desainnya menghormati masa lalu dan masa kini Qatar, sambil tetap memperhatikan masa depan masyarakat.

Meliputi area yang lebih besar dari 30 lapangan sepak bola, Al Bayt Park menawarkan ruang hijau yang luas dengan area bermain dan stasiun latihan, bersama dengan trek untuk berlari, bersepeda, menunggang kuda, dan menunggang unta.

Selain itu, kawasan ini adalah rumah bagi lapangan multi-olahraga yang juga terbuka untuk penggunaan umum. Pada November 2021, Quodorat Centre, sebuah ruang komunitas untuk pelestarian warisan budaya dan dialog antar generasi, membuka kantor pusat barunya di dalam kawasan, dalam kemitraan dengan SC dan Aspire Zone.

Dipimpin oleh Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Qatar, sebuah cabang dari Nomas Center akan mengajarkan generasi muda tentang warisan budaya negara dengan menyelenggarakan sejumlah kegiatan, termasuk menunggang kuda.

Pertandingan Piala Dunia

20 November Grup A: Qatar v Ekuador

23 November Grup F: Maroko v Senegal

25 November Grup B: Inggris v Amerika Serikat

27 November Grup E: Spanyol v Jerman

29 November Grup A: Belanda v Qatar

1 Desember Grup E: Kosta Rika v Jerman

4 Desember Babak 16: 1B v 2A (2200 waktu setempat)

10 Desember Perempat final: W51 v W52

14 Desember Semifinal W59 v W6

6. Ahmad bin Ali Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerAhmad bin Ali Stadium di Al Wakrah, Qatar. (fifa.com)

Stadion Ahmad bin Ali di Al Wakrah akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Enam pertandingan grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

Fitur stadion yang paling mencolok adalah fasad bercahaya, terdiri dari pola yang mencirikan berbagai aspek negara: pentingnya keluarga, keindahan gurun, lora dan fauna asli, dan perdagangan lokal dan internasional. Perisai segi lima mewakili kekuatan dan kesatuan yang sangat relevan dengan kota Al Rayyan.

Kawasan ini akan menampilkan berbagai fasilitas olahraga, termasuk lapangan kriket, lapangan sepak bola, taman bermain anak-anak, fasilitas gym luar ruangan, pusat olahraga air, lapangan tenis, taman skate, dan lintasan atletik.

Selain itu, akan ada taman lanskap, kafe, dan jalan setapak, selain Mall of Qatar, yang dibuka pada 2016 dan berdekatan dengan stadion.

Pertandingan Piala Dunia

21 November Grup B: AS v Wales

23 November Grup F: Belgia v Kanada

25 November Grup B: Wales v Iran

27 November Grup B: Jepang v Kosta Rika

29 November Grup B: Wales v Inggris

1 Desember Grup F: Kroasia v Belgia

3 Desember Babak 16 besar: 1C v 2D

7. Al Thumama Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerAl Thumama Stadium di Doha, Qatar. (fifa.com)

Stadion Thumama di Doha akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan selama Piala Dunia FIFA. Ada enam pertandingan grup, ditambah dua pertandingan sistem gugur.

Desain stadion mewakili gahfiya – topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria dan anak laki-laki di seluruh Timur Tengah. Gahfiya membentuk lapisan mendasar dari pakaian tradisional daerah tersebut. Itu juga merupakan simbol martabat dan kemerdekaan.

Pertandingan Piala Dunia

21 November Grup A: Senegal v Belanda

23 November Grup E: Spanyol v Kosta Rika

25 November Grup A: Qatar v Senegal

27 November Grup F: Belgia v Maroko

29 November Grup B: Iran v Amerika Serikat

1 Desember Grup F: Kanada v Maroko

4 Desember Putaran 16: 1D v 2C

10 Desember Perempat final: W55 v W57

8. Education City Stadium

Profil Stadion Venue Piala Dunia Qatar 2022, Ada Berbahan KontainerEducation City Stadium di Al Rayyan, Qatar. (fifa.com)

Education City Stadium di Al Rayyan akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan selama Piala Dunia. Masing-masing enam pertandingan grup dan dua pertandingan sistem gugur.

Fasad stadion menampilkan segitiga yang membentuk pola geometris kompleks seperti berlian yang tampak berubah warna dengan pergerakan matahari melintasi langit.

Seperti berlian, desain stadion mewakili kualitas, daya tahan, dan ketahanan – dan akan menjadi sesuatu yang berharga, baik untuk kenangan yang dimilikinya maupun nilai masa depannya bagi negara.

Pertandingan Piala Dunia

22 November Grup D: Denmark v Tunisia

24 November Grup H: Uruguay v Republik Korea

26 November Grup C: Polandia v Arab Saudi

28 November Grup H: Republik Korea v Ghana

30 November Grup D: Tunisia v Prancis

2 Desember Grup H: Republik Korea v Portugal

6 Desember Putaran 16: 1F v 2E

6 Desember Perempat final: W53 v W54

Baca Juga: 10 Potret Lucu Mirip La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 Qatar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya