TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PON XXI: Sulsel Tambah Lagi Satu Emas dari Cabor Dayung

Sulfianto tuntaskan rasa penasaran sejak PON 2016

Atlet dayung Sulsel yakni Sulfianto (tengah) bersama Kadispora Sulsel Suherman (dua dari kanan) selepas penyerahan medali cabor dayung putra nomor single sculls (M1X) yang berlangsung di Waduk Keuliling Indrapuri, Aceh Besar, Jumat 13 September 2024. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, IDN Times -  Kontingen Sulawesi Selatan menyabet tambahan satu emas pada di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Emas disumbangkan Sulfianto dari cabang olahraga dayung.

Prestasi tersebut dicatatkan oleh Sulfianto yang berlomba di nomor single sculls (M1X) putra. Ada 10 perwakilan yang tampil dalam partai final yang berlangsung di Waduk Keuliling Indrapuri, Aceh Besar.

Seperti dilansir oleh situs resmi PON XXI, Sulfianto menyabet medali emas setelah menjadi yang tercepat dari 9 kontestan lainnya. Pedayung 27 tahun tersebut mencatatkan waktu 7 menit dan 20 detik saat tiba di garis finis.

Baca Juga: PON 2024: Sulsel Raih Emas di Sepak Takraw Beregu Putra

1. Sulfianto akhirnya meraih emas pertamanya sejak pertama kali mengikuti PON pada 2016

Menyusul di posisi runner-up sekaligus mendapat medali perak adalah wakil asal Jambi yakni M. Ali Arfiansyah dengan catatan waktu 07:24.008. Lalu atlet asal DKI Jakarta, M. Ikbal, harus puas dengan perunggu usai catatkan waktu 07:28.205.

Bagi Sulfianto, ini jadi emas pertamanya sejak pertama kali mengikuti PON Jawa Barat XIX pada edisi 2016. Saat itu, di partai final nomor single sculls (M1X) putra, ia harus puas dengan medali perak.

Capaian serupa juga terulang pada PON XX Papua di tahun 2021. Lagi-lagi atlet asal Luwu Utara tersebut harus gigit jari. Ia harus puas dengan podium juara kedua setelah kalah cepat oleh veteran dayung asal Maluku yakni La Memo.

2. Cabor dayung juga menyumbang tambahan dua medali perak

Masih dari cabor yang sama, juga membawa pulang dua medali perak. Dari nomor double sculls (W2X) putri, duo Nurtang dan Andi Reski Rahmawati finis sebagai runner-up dengan catatan waktu 7 menit 36 detik.

Perak lainnya datang dari final nomor coxless fours (W4-) putri. Tim putri yang terdiri dari Karmila, Nur Azizah Patwa, Defi Ariani Safitri dan Andi Reski Rahmawati finis di peringkat kedua setelah catatkan waktu 7 menit 11 detik.

Capaian Sulfianto membawa Sulsel ke peringkat 16 klasemen sementara perolehan medali dengan total 5 emas. Adapun 4 lainnya datang dari cabor angkat besi, dancesport, renang indah dan sepak takraw.

Saat ini tercatat sudah ada 11 perak dan 15 perunggu yang diraih. Perunggu terbaru datang dari pesilat Akbar Wangsa dari cabor pencak silat putra nomor tanding Kelas B (+50 s/d 55 Kg) dalam final yang berlangsung di GOR Veteran Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Medan.

Berita Terkini Lainnya