TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PON XXI: Sulsel Tambah Emas dari Renang Indah dan Dancesport

Sulsel di peringkat 16 dengan capaian empat medali emas

Tim renang indah Sulawesi Selatan berpose setelah penyerahan medali emas dalam final cabor akuatik disiplin renang artistik nomor regu yang berlangsung di Kolam Renang Selayang Medan, Kamis 12 September 2024. (Dok. Istimewa)

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan menambah dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, Kamis (12/9/2024). Medali emas didapatkan masing-masing dari cabang olahraga akuatik dan dancesport.

Satu emas didapatkan dari tim renang indah pada kategori tim. Sulsel jadi yang terbaik dalam final yang berlangsung di Kolam Renang Selayang Medan, Kamis sore.

Sulsel yang memutus dominasi DKI Jakarta membukukan nilai 137,7320, sehingga membuat mereka berhak atas medali emas. Mereka mengungguli tim DKI Jakarta yang harus puas dengan medali perak usai catatkan nilai 134,8687.

Baca Juga: PON 2024: Sulsel Raih Emas di Sepak Takraw Beregu Putra

1. Tim renang indah Sulsel catatkan nilai 137,7320 dan tertinggi dari empat tim lainnya

Distribusi medali sendiri hanya dua. Ini lantaran peserta renang indah kategori tim hanya diikuti empat kontingan. Selain Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta, ada juga Jawa Barat serta Daerah Istimewa Yogyakarta yang turun di nomor tersebut.

Kapten tim renang indah Sulsel, Nurfa Nurul Utami, tak bisa menyembunyikan rasa bangga atas capaian tersebut. Ini lantaran mereka menyabet emas nomor tim untuk pertama kalinya setelah gagal dalam dua edisi PON sebelumnya.

"Tentu kami sangat bangga dengan raihan medali emas ini. Ini merupakan PON ketiga kami dan kami akhirnya bisa mendapatkan medali emas di tim," ungkapnya dikutip dari laman resmi PON XXI.

2. Emas lainnya datang dari cabor dancesport nomor Campuran FFA Samba

Sementara itu cabor dancesport yang berlangsung di Santika Premiere Hotel & Convention Medan, Sulsel menyabet emas dari nomor Campuran FFA Samba lewat duo Ivan Otnieliem dan Vani Jusak Otneliem. Mereka unggul atas kontingen Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali yang masing-masing mendapat perak serta perunggu.

Nomor Campuran FFA Samba sendiri diikuti oleh total lima tim. Selain tiga kontingen yang menyabet medali, turut pula perwakilan dari DKI Jakarta yang berada di peringkat empat serta Lampung di posisi lima perolehan nilai.

Cabor dancesport sendiri sudah rampung pada Kamis kemarin (12/9/2024). Sumatera Utara menjadi juara umum dengan 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Sulsel sendiri finis di peringkat delapan klasemen berkat capaian masing-masing 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Berita Terkini Lainnya