TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PON XXI: Target 5 Besar, Kontingen Sulsel Tertahan di Peringkat 15

Raihan emas sementara lebih sedikit dibanding PON Papua

Lifter putra Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Seuramoe Angkat Besi Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Kamis (5/9/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan hampir pasti tidak bisa memenuhi target lima besar perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Hingga Rabu (18/9/2024) atau dua hari jelang penutupan, Sulsel menempati peringkat 15 dengan perolehan sembilan medali emas, 19 perak, dan 21 perunggu.

Dengan waktu tersisa dan medali yang tersedia, tidak mungkin lagi bagi Sulsel menaikkan peringkat secara drastis. Sebagai perbandingan, Aceh yang menempati peringkat lima klasemen sementara mengumpulkan 56 medali emas, 42 perak, dan 50 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Suherman mengatakan, raihan medali para atlet Sulsel ini telah dilaporkan kepada Penjabat Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh. "Alhamdulillah, Bapak Gubernur Prof Zudan memberikan apresiasinya atas perjuangan para atlet kita," ujarnya, Senin 16/9/2024).

Baca Juga: Peringkat 15, Pj Gubernur Apresiasi Perjuangan Atlet Sulsel di PON

1. Capaian medali emas lebih sedikit dibandingkan dua PON sebelumnya

Perolehan medali emas jadi patokan penentuan ranking kontingen di PON.  Sejauh ini Sulsel sudah mengumpulkan sembilan medali emas.

Tiga emas didapatkan dari sepak takraw. Empat lainnya disumbangkan cabor angkat besi, renang artistik, dansa, dayung, layar, dan karate.

Jika tidak ada perubahan, maka capaian Sulsel di PON kali ini tidak lebih baik dibandingkan dua ajang tersebut sebelumnya. Pada PON Papua 2020 (digelar 2021), Sulsel menempati peringkat 11 mengumpulkan 11 medali emas, serta masing-masing 13 perak dan perunggu. Sedangkan di PON Jawa Barat 2016, Sulsel mendapatkan 12 medali emas, ditambah 23 perak dan 28 perunggu.

2. Sulsel target peringkat lima besar di PON Aceh-Sumut

Sebanyak 630 Kontingen Sulawesi Selatan yang terdiri dari 406 atlet, 139 official serta tim satgas 85 orang, diberangkatkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Aceh-Sumut 2024.

Sebanyak 318 kontingen akan memperebutkan medali di Aceh dan 312 kontingen bertarung di Sumatera Utara.

Kontingen ini dilepas langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (29/8/ 2024). Kontingen ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Sulsel, Jufri Rahman.

Jufri Rahman menyatakan target perolehan Sulsel menempati posisi 5 besar nasional. Jufri berharap kontingen Sulsel bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya sehingga target tersebut bisa diraih.

"Tentu saja perjuangan para atlet kita membutuhkan dukungan doa dari seluruh warga Sulsel dimana pun berada dan khususnya diaspora Sulsel yang ada di Medan dan di Aceh," kata Jufri seperti dikutip dalam siaran pers.

Jufri juga berharap para atlet dapat mempersembahkan prestasi terbaiknya dan bisa memecahkan rekor nasional.

Berita Terkini Lainnya