Striker PSM Tito Okello Cetak Gol untuk Timnas Sudan Selatan

Timnya kalah 2-3 dari Afrika Selatan di kualifikasi AFCON

Makassar, IDN Times - Tidak ada nama Tito Okello dalam daftar pemain PSM Makassar untuk laga pekan keempat BRI Liga 1 2024/25 kontra Persib Bandung, Rabu sore (11/9/2024). Ini lantaran ia baru saja memperkuat Timnas Sudan Selatan dalam Kualifikasi Piala Afrika (AFCON) 2024.

Namun, pemain 28 tahun tersebut menjadi salah satu pilar penting Sudan Selatan. Dalam partai Grup K kontra tim tamu yakni Afrika Selatan di Juba Stadium, Selasa (10/9/2024), Okello berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Baca Juga: Striker PSM Tito Okello Perkuat Timnas Sudan Selatan

1. Tito Okello membuka keunggulan Sudan Selatan atas Afrika Selatan di Kualifikasi Piala Afrika 2025

Striker PSM Tito Okello Cetak Gol untuk Timnas Sudan SelatanMomen setelah Tito Okello mencetak gol penalti dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Afrika 2025 antara Sudan Selatan versus Afrika Selatan yang berlangsung di Juba Stadium pada 10 September 2024. (Dok. Istimewa)

Satu-satunya gol yang dilesakkan Okello tercipta pada menit ke-15 melalui tendangan penalti. Kesempatan emas ini didapat setelah ia dijatuhkan oleh bek Afrika Selatan, Siyabonga Ngezana, di dalam kotak penalti. Wasit Joseph Ogabor tanpa ragu langsung menunjuk titik putih.

Dengan tenang dan penuh percaya diri, Okello melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia berhasil memperdaya kiper Afrika Selatan, Sipho Chaine, dan membawa timnya unggul lebih dulu dalam laga tersebut.

2. Sayangnya, Sudan Selatan dibekuk 2-3 oleh Afrika Selatan lewat gol menit akhir

Striker PSM Tito Okello Cetak Gol untuk Timnas Sudan SelatanPemain Timnas Afrika Selatan yakni Aubrey Modiba (kiri) dan Thalente Mbatha (kanan) saat merayakan kemenagan atas Sudan Selatan di laga Grup K Kualifikasi Piala Afrika 2025 yang berlangsung di Juba Stadium pada 10 September 2024. (Instagram.com/caf_online)

Meski Okello berhasil membawa timnya unggul lebih dulu, kegembiraan itu tidak bertahan lama. Sudan Selatan harus menelan pil pahit setelah akhirnya takluk dengan skor 2-3 dari tim tamu. Gol kemenangan Afrika Selatan dicetak pada menit-menit akhir pertandingan oleh Thalente Mbatha, memastikan kemenangan Afsel.

Meski begitu, sebiji gol tersebut mengukuhkan posisi Okello sebagai salah satu pemain kunci Sudan Selatan. Tercatat, ini merupakan gol keenam Okello dari total 26 penampilannya bersama tim nasional berjuluk Bright Stars tersebut.

3. Tito Okello diperkirakan bermain pada laga pekan ke-4 kontra Arema FC

Striker PSM Tito Okello Cetak Gol untuk Timnas Sudan SelatanPenyerang PSM Makassar yakni Tito Okello dalam sesi official training di Stadion Batakan Balikpapan pada 21 Agustus 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Dalam FIFA Matchday bulan September 2024, Tito Okello jadi satu-satunya penggawa Pasukan Ramang yang dipanggil memperkuat tim nasional. Alhasil, sebiji gol bersama Sudan Selatan diharap membawa tuah untuk penampilannya di Liga 1.

Pemilik postur 1,81 meter tersebut kemungkinan baru bermain untuk PSM pada pekan kelima. Anak asuh Bernardo Tavares akan kembali lakoni partai kandang di Stadion Batakan Balikpapan, dengan menerima lawatan Arema FC pada hari Minggu mendatang (15/9/2024).

Baca Juga: Profil Tito Okello, Striker Timnas Sudan Selatan Rekrutan Baru PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya