Comscore Tracker

Pekan Olahraga NIPAH, saat Para Atlet Bertanding di Dalam Mal

Berlangsung dari hari Jumat ini hingga 31 Juli mendatang

Makassar, IDN Times - Pernah bayangkan pesta olahraga multievent digelar di pusat perbelanjaan? NIPAH Park Makassar mewujudkan ide unik tersebut dalam ajang Pekan Olahraga Nipah (PON) yang dihelat dari Jumat ini (29/7/2022) hingga Minggu mendatang (31/7/2022).

Awalnya, PON akan berlangsung pada 25-27 Februari lalu. Tapi gelombang ketiga pandemik akibat varian Omicron memaksa pihak NIPAH Park menundanya selama beberapa bulan. Situasi yang sudah lebih kondusif jadi lampu hijau.

Baca Juga: Dandanan Khas Jemaah Haji saat Kembali ke Makassar 

1. Total ada 14 cabang olahraga yang mengambil tempat di area NIPAH Park

Pekan Olahraga NIPAH, saat Para Atlet Bertanding di Dalam MalSuasana lomba Mini Spot Finding yang dilakukan Nipah Mall bersama komunitas Freeletics Makassar sekaligus bagian dari HUT ke-3 Nipah Mall, Minggu 11 April 2021. (Dok. PR Kalla Group)

Maulana Yusdianto, anggota Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Kota Makassar, menyebut bahwa ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan. Antara lain basket 3x3, sepeda, sepatu roda, yoga, panahan, radio control adventure, karate dan taekwondo,

Selanjutnya ada catur, anggar, muay thai, breakdance, senam, barongsai, bowling, mini spot finding, vertical run serta bulutangkis. Tak cuma bisa diikuti oleh atlet profesional, PON ini juga terbuka untuk kategori umum.

"Tempat 14 cabor tidak keluar dari mal NIPAH. Semua berada di kawasan ini. Semua cabang olahraga selesai dalam waktu tiga hari. Tentu saja ini jadi sebuah terobosan," kata Maulana dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Jumat (29/7/2022).

2. Ajang selama tiga hari ini bertujuan mencari bibit-bibit atlet baru

Pekan Olahraga NIPAH, saat Para Atlet Bertanding di Dalam MalSuasana lomba basket 3x3 yang digelar Nipah Mall Makassar bersama Perbasi Kota Makassar sekaligus perayaan HUT ke-3 Nipah Mall, Sabtu 10 April 2021. (Dok. PR Kalla Group)

Lebih jauh, alasan utama KONI Kota Makassar berkolaborasi dengan NIPAH Park untuk PON adalah untuk mencari bibit-bibit atlet baru. Salah satu cabor yang bisa diikuti oleh kelompok umur adalah panahan, yakni 7 hingga 13 tahun.

"Memberikan edukasi pada masyarakat bahwa olahraga ini penting, apalagi banyak sekali bibit-bibit atlet yang ikut bertanding, karena dimulai di usia dini," jelas sosok yang juga menjabat Komite Pertandingan Pekan Olahraga NIPAH tersebut.

"Sistem pertandingan dipakai di PON ini pun adalah sistem standar nasional, dan kami menyediakan wasit berstandar nasional bahkan internasional. Ini demi menciptakan suasana bertanding yang benar-benar kompetitif," sambung Maulana.

3. NIPAH Park sudah pernah mencoba konsep ini pada April 2021 silam

Pekan Olahraga NIPAH, saat Para Atlet Bertanding di Dalam MalSuasana lomba basket 3x3 yang digelar Nipah Mall Makassar bersama Perbasi Kota Makassar sekaligus perayaan HUT ke-3 Nipah Mall, Sabtu 10 April 2021. (Dok. PR Kalla Group)

Yang unik, cabor vertical run dan mini spot finding memakai seluruh area NIPAH Park. Bowling sendiri di wahana permainan Timezone, sedang bulutangkis berlangsung di GOR Kantor Gubernur Sulawesi Selatan yang "bertetangga" dengan pusat berbelanjaan tersebut.

Sebelumnya pada April 2021 silam, bersamaan dengan momen ulang tahun ketiganya, NIPAH Park menggandeng beberapa komunitas olahraga dengan menggelar kejuaraan. Seperti Freeletics, Onefit Indonesia, Sir Idar Fencing Club serta Perbasi Kota Makassar untuk lomba basket 3x3.

Baca Juga: PSM Vs Bali United, Bernardo Tavares Janjikan Permainan Tempo Tinggi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya