Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim Ini

Ada dua pemain lokal dan tiga legiun asing

Makassar, IDN Times - PSM Makassar sudah ditahbiskan sebagai juara BRI Liga 1 2022-23, sekaligus mengakhiri puasa gelar liga yang berlangsung sejak tahun 2000. Selain itu, piala Liga 1 jadi trofi kedua mereka dalam kurun waktu empat tahun setelah menjuarai Piala Indonesia 2018-19.

Masih ada catatan menarik. Terdapat lima penggawa Juku Eja paling produktif untuk urusan mencetak gol. Tapi, jumlahnya cenderung merata dan tidak ada yang mendominasi. Berikut IDN Times menyusun daftar pemain PSM tersubur berdasarkan statistik milik PT Liga Indonesia Baru.

1. Ramadhan Sananta, 11 gol

Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim IniPesepak bola PSM Makassar Ramadhan Sananta melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persib Bandung pada lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

Membuka daftar pendek ini adalah striker muda Ramadhan Sananta. Pemilik nomor punggung 9 tersebut sempat diragukan lantaran "hanya" jebolan Liga 3 dan minim menit bermain saat masih bersama Persikabo 1973. Tapi, ia bisa membalikkan cibiran banyak pihak dengan performa moncer di lapangan hijau.

Sananta membuka rekening golnya pada laga pekan ketujuh kontra Persib Bandung. Dalam partai yang berkesudahan 5-1 untuk PSM itu, ia bisa memperdayai kiper I Made Wirawan dua kali. Instingnya makin tajam selepas jalani debut di Timnas Senior. Terbukti dengan raihan 8 gol sepanjang putaran kedua, dengan total 11 gol dari 24 penampilan.

2. Wiljan Pluim, 11 gol

Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim IniPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Wiljan Pluim punya catatan gol yang sejajar dengan Ramadhan Sananta. Meski sudah menginjak 34 tahun, Willy masih menyimpan sejuta magis. Dan ia konsisten memperlihatkan kebolehan menari di atas lapangan sepanjang musim. Salah satunya saat ia bisa melewati empat pemain Borneo FC pada laga terakhir.

Musim ini, Pluim menjebol gawang lawan sebanyak 11 kali dalam 27 pertandingan. Beberapa diantaranya lahir dari sundulan yang lahir dari skema sepak pojok. Di sisi lain, playmaker asal Belanda tersebut juga menyumbang 10 asis untuk rekan-rekan setimnya. Berdasarkan angka tersebut, Liga 1 2022-23 jadi musim tersuburnya sejak 2017.

3. Kenzo Nambu, 9 gol

Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim IniPenyerang PSM Makassar, Kenzo Nambu, saat merayakan gol yang ia cetak ke gawang PSIS Semarang dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Sultan Agung Bantul, 19 Desember 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Selanjutnya ada Kenzo Nambu yang lebih banyak beroperasi sebagai gelandang tengah kiri. Dalam skema milik Bernardo Tavares, Kenzo rutin turun membantu pertahanan sembari sesekali mengirim ancaman dari serangan balik. Selain itu, pemilik nomor punggung 39 tersebut kerap menciptakan peluang dari lini kedua.

Sempat dicadangkan pada awal-awal musim, Kenzo mencetak gol pertamanya saat PSM ditahan imbang 1-1 oleh Persija di pekan ketiga. Setelahnya, ia mulai rutin turun sejak menit pertama. Total 9 gol ia sarangkan dari 31 penampilan, sekaligus tahbiskan diri sebagai pemain Jepang pertama yang mengangkat trofi Liga Indonesia.

Baca Juga: Si Paling Sibuk, 5 Pemain PSM dengan Menit Bermain Terbanyak

4. Everton Nascimento, 8 gol

Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim IniSelebrasi yang dilakukan striker PSM Makassar, Everton Nascimento, setelah gol tercipta di gawang Barito Putera dalam laga tunda pekan ke-6 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Demang Lehman Martapura pada Selasa 10 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Jumlah golnya tak sampai dua digit. Tapi, ia adalah tipikal target man merepotkan. Everton punya kelebihan lain yakni membagi bola di waktu yang tepat, ball-keeping kokoh, dan tipu daya berbahaya. Striker asal Brasil ini juga bisa memanfaatkan kesalahan bek-bek lawan, seperti yang ia lakukan di laga pekan ke-31 kontra Bhayangkara FC.

Tak ayal, Everton layak disebut sebagai striker yang tidak egois dan punya peran vital di lini depan. Ada 8 gol yang ia lesakkan untuk PSM Makassar dari 29 penampilannya sepanjang musim 2022-23. Termasuk pula sumbangan 3 asis untuk Wiljan Pluim dan dua sisanya kepada Kenzo Nambu.

Baca Juga: Cara Istimewa Borneo FC Memuji Keberhasilan PSM Jadi Juara

5. Yakob Sayuri, 7 gol

Cenderung Merata, 5 Pemain PSM Makassar dengan Gol Terbanyak Musim IniPemain PSM Makassar, Yakob Sayuri, selepas pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 kontra Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Senin 29 Agustus 2022. (Instagram.com/yassa_sayuri)

Pada musim ketiganya berseragam PSM, Yakob Sayuri menjadi wing back andalan Tavares. Dengan kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya, saudara kembar Yance sudah menemukan feel bermain yang selama ini ia cari. Tak cuma punya kemampuan olah bola mumpuni, Yakob kerap melepas tembakan jarak jauh nan akurat.

Sejak mulai berkarier sebagai pemain profesional di tahun 2019, Liga 1 2022-23 adalah musim tersuburnya dengan raihan 7 gol dari 25 penampilan. Satu angka lebih banyak dari capaian musim kemarin yakni 6 gol dalam 29 pertandingan. Selain itu, ada 7 asis yang ia sumbang untuk rekan-rekan setimnya.

Apakah kelimanya akan bertambah subur untuk urusan mencetak gol musim depan? Patut ditunggu.

Baca Juga: Respons Manajemen soal PSM hanya Dapat Trofi Juara Liga 1 tanpa Uang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya