Cara Istimewa Borneo FC Memuji Keberhasilan PSM Jadi Juara

Sebuah cendera mata khusus diberikan pada Wiljan Pluim

Makassar, IDN Times - Borneo FC Samarinda punya cara tersendiri untuk memuji keberhasilan PSM Makassar menjadi juara BRI Liga 1 2022-23. Tak cuma lewat guard of honour, tapi juga melalui pennant flag alias cendera mata yang mereka berikan pada kapten tim sebelum prosesi undian koin.

Saat bertamu ke Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada laga penutup, Minggu malam lalu (16/4/2023), sebuah pennant flag edisi khusus jadi "oleh-oleh" akhir musim mereka untuk Pasukan Ramang yang juga mengangkat trofi.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan PSM Terdekat: Melawan Bali United pada Bulan Juni

1. Pennant flag berbahasa Latin diberikan khusus untuk PSM

Cara Istimewa Borneo FC Memuji Keberhasilan PSM Jadi JuaraCendera mata khusus yang diberikan Borneo FC Samarinda kepada PSM Makassar pada laga terakhhir BRI Liga 1 2022-23. (Instagram.com/borneofc.id)

Seperti dilansir oleh akun Instagram resmi Borneo FC yakni @borneofc.id pada Senin malam (17/4/2023), pennant flag berbentuk perisai tersebut tetap memakai warna kebesaran mereka yakni oranye dengan aksen putih pada bagian tulisan.

Nah, dalam bagian depan pennant flag tersebut bertuliskan kalimat bahasa Latin berbunyi "Sic vindex creatus est." Jika diterjemahkan, artinya adalah "Demikianlah prajurit itu diciptakan." Sangat sesuai dengan determinasi petarung ala PSM di lapangan hijau.

2. Memberi cendera mata ke tim lawan jadi tradisi Borneo FC sejak tahun 2014

Cara Istimewa Borneo FC Memuji Keberhasilan PSM Jadi JuaraCendera mata khusus yang diberikan kapten Borneo FC Diego Michiels kepada kapten PSM Wiljan Pluim pada laga terakhhir BRI Liga 1 2022-23. (Instagram.com/borneofc.id)

Borneo FC sendiri dikenal punya tradisi selalu memberi pennant flag kepada seluruh lawan mereka. Ini sudah mereka lakukan sejak masih berkutat di Divisi Utama 2014, alias sudah berlangsung selama delapan tahun.

Kebiasaan ini, bagi Pesut Etam, adalah gestur respek kepada lawan mereka apapun hasil pertandingannya. Bertukar cendera mata sendiri sudah jadi salah satu item wajib dalam liga-liga luar negeri, termasuk Liga 1 Thailand dan Liga Super Malaysia.

Baca Juga: Lagu Berjuanglah PSM-Ku dari Suporter-Pemain Bergemuruh di Makassar

3. PSM jalani libur sebelum kembali berkumpul pada akhir Mei

Cara Istimewa Borneo FC Memuji Keberhasilan PSM Jadi JuaraPemain dan official PSM Makassar melakukan konvoi bersama para suporter di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/4/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc

Selepas merayakan gelar juara Liga 1, PSM akan diliburkan selama sebulan dan baru kembali berkumpul pada akhir Mei. Mereka dijadwalkan akan melakoni play off perebutan satu tiket ke babak kualifikasi Liga Champions Asia 2023-24. Laga tersebut berlangsung dalam format kandang-tandang.

Belum pengumuman terkait tanggal resmi penyelenggaraannya. Tapi, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru yakni Ferry Paulus menyebut bahwa kemungkinan duel para juara akan dihelat pada awal Juni.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya