Comscore Tracker

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM 

Pertama kali bermain di klub Asia

Makassar, IDN Times - Tim Juku Eja PSM Makassar baru saja merekrut penyerang tim nasional Finlandia Eero Markkanen untuk memperkuat lini depannya, setelah luput meraih gelar juara Liga Indonesia 1 musim lalu. 

Markkanen diharapkan Manajer PSM Munafri Arifuddin memiliki ketajaman lebih dibandingkan striker asing rekrutan PSM sebelumnya, seperti Bruce Djite asal Australia dan Alessandro Ferreira yang berpaspor Hongkong.  

Selain dari fakta bahwa Markkanen baru pertama kali di Asia setelah berlabuh di klub PSM Makassar, beberapa fakta lain tentang Markkanen yaitu: 

1. Markkanen pernah bermain di klub Real Madrid B

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM Instagram/eeromark

Markkanen pernah bermain di klub Real Madrid B atau Real Madrid Castilla musim 2014-2015, yang berkompetisi di Segunda Division B, level ketiga Liga Spanyol di bawah La Liga dan La Liga 2. Bermain di Real Madrid B, Markkanen pernah merasakan kepelatihan Zinedine Zidane sebelum Zizou melatih tim Real Madrid FC. 

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Rekrut Dua Pemain Asing

2. Markkanen terpental dari Real Madrid B karena kegemukan

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM Twitter/eeromarkkanen

Pemain berusia 27 dengan tinggi badan 197 cm dan berat 97 kg ini dibuang klub Real Madrid B karena dianggap terlalu gemuk untuk ukuran striker. Seperti dikutip dalam situs Mirror.co.uk, Markkanen yang pada saat itu berusia 24 tahun dicoret dari skuat Zidane karena beratnya melebih 18 kg dari standar klub.

Terkait pencoretan namanya, Markkanen menyindir mantan klubnya dengan memamerkan foto close up dirinya di akun twitternya, yang diedit agar kelihatan gemuk di bagian lehernya. Setelah terpental dari Madrid, Markkanen kembali merumput di klub premier negaranya, Rovaniemen Palloseura.

3. Cetak gol debut untuk Timnas Finlandia pekan lalu

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM Instagram/eeromark

Markkanen yang bergabung di Timnas Finlandia sejak 2014 lalu berhasil mencetak gol debut internasionalnya, di menit 22 laga persahabatan kontra Swedia di stadion Jassim bin Hamad, kota Doha, Qatar. Gol perdana Markkanen berhasil dicetak setelah 16 kali bermain untuk tim negaranya. 

4. Adik Markkanen pebasket Chicago Bulls

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM Instagram/laurimarkkanen

Penyerang Finlandia dengan nomor punggung 9 ini memiliki adik seorang atlet basket profesional di klub basket papan atas Amerika Serikat, Chicago Bulls, Lauri Markkanen (21). Dalam akun Instagramnya, Markannen memamerkan foto bersama sang adik dan ayahnya, Pekka Markanen, di markas Bulls, United Center, 22 Desember 2018 lalu. Keakraban Markkanen dengan adiknya juga terekam dalam video yang diunggah akun Twitter resmi NBA, saat sang adik, Lauri Markkanen dengan bangga menggunakan jersey timnas sepakbola Finlandia milik abangnya. 

5. Kedua orangtua Markkanen atlet basket profesional

5 Fakta Striker Timnas Finlandia Eero Markkanen Rekrutan Anyar PSM Kodinkuvalehti.fi

Tinggi badan Markannen 197 cm, berada di atas rata-rata striker pada umumnya. Tinggi Markkanen hanya selisih 4 cm lebih rendah dari penyerang klub Liga Premier Inggris Stoke City, Peter Crouch, yang memiliki tinggi 201 cm.  


Tinggi badan Markkanen dimungkinkan pengaruh faktor keturunan dari kedua orangtuanya, Pekka Markkanen dan Riikka Elonen, yang merupakan pemain basket tim nasional Finlandia. Pekka Markkanen (51) pemain basket yang berkarir sekitar 22 tahun, sedangkan ibunya Riikka Elonen (53), pemain basket perempuan timnas Finlandia setinggi 177 cm. 

Baca Juga: Robert Alberts Tinggalkan PSM Makassar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You